×

Ibu Hamil Ini Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Bagi Janin

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Dimasa yang sekarang ini penggunaan ponsel, menjadi sebuah kegitan yang tak pernah ketinggalan untuk setiap jamnya. Bahkan mungkin kini ponsel sudah menjadi sahabat sejati bagi kita yang tentunya sering menemani kita dimanapun dan kapanpun.
Dan bila sedang makan, belajar bahkan sampai mau tidur, kita seringkali masih disibukan dengan bermain ponsel.

Namun ibu hamil tentu pernah mendengar bahwa radiasi telepon genggam ini bisa menimbulkan efek samping yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia. Meskipun telah banyak para ilmuan yang meyakini dan mempercayai akan adanya kebenaran tersebut, nyatanya ada juga para ilmuan yang membatah akan pertanyataan ini dengan alasan belum adanya penelitian yang cukup untuk membuktikan kebenaran tersebut.

Namun baru baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah Universitas Yale, Amerika yang mana dalam penelitiannya menyatakan bahwa penggunan gadget pada wanita hamil ternyata memang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungannya.

Related Posts :

    Bahkan para peneliti menganjurkan pada ibu hamil untuk tidak meletakan telepon genggamnya didalam saku yang dekat dengan perutnya, karena mengingat bahaya radiasi yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan sang janin dalam kandungan. Selain itu juga ibu hamil, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan ponselnya guna mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan dari radiasi tersebut.

    Dampak buruk yang kemungkinan bisa ditimbulkan dari adanya paparan radiasi terhadap janin seperti bisa mempengaruhi pada perkembangan otak janin, menimbulkan gangguan memori atau daya ingat, menyebabkan perasaan cemas, gangguan perilaku pada bayi dan juga bisa menyebabkan hiperaktivitas pada bayi kelak.

    Otak pada bayi tentunya masih sangat sensitif dari pada orang orang dewasa. Paparan dari radiasi ponsel bagi orang dewasa mungkin tidak berdampak terlalu besar, namun bisa memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bayi yang bisa menggangu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apalagi jika penggunaan ponsel ini sering kali ibu hamil operasikan, maka tentunya radiasi tersebut bisa semakin banyak diterima oleh janin

    Baca Juga : Ketahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

    Langkah Untuk Menyikapi Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Bagi janin

    • Ada baiknya bila ibu menggunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan ibu pada saar itu, dan matikan ponsel jika sedang tidak digunakan. Serta tidak untuk meletakan ponsel di dekat daerah perut, seperti saku celana ataupun saku baju.
    • Dan akan jauh lebih baik, apabila ibu hamil tidak terlalu sering memaikan game pada ponselnya. Hal ini berguna untuk meminimalisir resiko akan bahaya yang mungkin bisa terjadi.
    • Jangan membiasakan untuk meletakan ponsel dekat bersama anda sewaktu anda sedang tertidur, khususnya untuk daerah yang dekat dengan kepala. Dan juga tempatkanlah ponsel anda agak jauh dari tubuh.
    • Jauhkan jangkauan ponsel dari tubuh ibu hamil, terutama sewaktu anda menggunakan fasilitas konektifitas seperti bluetooth. Sebab hal ini merupakan fasilitas yang menyala, maka sejumlah paparan akan dipancarkan meskipun dalam level yang tidak terlalu tinggi.

    Mulailah pada saat ini untuk memperhatikan keseringan ibu hamil dalam menggunakan ponsel. Hal ini tentunya akan sangat bijak dan baik bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Gunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan dan tidak lupa matikan saja ponsel selagi anda tidak menggunakannya. Supaya bisa meminimalisir akan bahaya dan dampak buruk yang mungkin bisa ditimbulkan pada janin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • Kehamilan

  • Oleh : ANGGUN
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan