×

Ketahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Sering kita bertanya tanya mengenai bagaimana bisa perut yang awalnya datar mampu berkembang dengan mengagumkan ketika hamil, sehingga perut bisa menjadi sebuah tempat tinggal janin selama 9 bulan. Perlu bunda ketahui juga kulit memang dirancang begitu elastis sehingga mampu secara alami menciptakan ruangan bagi janin untuk tinggal dan berkembang dalam perut. Dan jika mama penasaran dengan bagaimana tahap perkambangan perut ibu hamil, maka bunda perlu untuk mengetahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Related Posts :

    1. Pada Trisemester Pertama

    Pada tahap awal kehamilan, memang tidak ada perubahan fisik yang begit signifikan, sehingga memang sulit bagi orang lain untuk mengetahui apakah mama sedang hamil atau tidak. Namun pada saat ini seebenarnya kandung kemih, telah memulai untuk bergeser dan agak ditekan, hal ini karena adanya pertumbuhan janin. Kondisi ini  yang menyebabkan mama sering buang air kecil pada awal awal kehamilan. Dengan semakin bertambahnya usia kandungan, maka semakin banyak pula organ yang ikut berubah, salah satunya adalah usus. Usus sudah mulai berpindah tempat, guna menciptakan ruangan untuk janin berkambang dalam perut.

    2. Pada Trisemester Kedua

    Untuk trisemester kedua ini perut akan mengalami perubahan hingga 45 derajat lebih naik, bila dibandingkan dengan perut orang lain pada umumnya. Sama halnya ketika trisemester pertama, usus akan mulai bergerak untuk memberikan ruang bagi calon bayi. Dan organ lain seperti hati dan juga paru paru juga akan mulai menyesuaikan kondisi kehamilan, hal ini dikarenakan telah berlangsungnya perkambangan janin yang sudah sangat pesat.

    Baca Juga : Fase Perkembangan Janin Dari 1 Sampai 9 Bulan Lengkap

    3.Pada Trisemester Ketiga

    Ketika memasuki kehamilan di trisemester ketiga, maka bentuk bagi perut ibu hamil akan terlihat agak sedikit menurun. Kondisi seperti ini disebabkan oleh paru paru yang menekan kebawah. Hal ini berguna supaya maka bisa tetap bernapas.

    Nah itulah beberapa tahap perkembangan perut ibu hamil ketika sedang menjalani proses kehamilan. Dan setelah melahirkan maka mama bisa melihat bahwasannya perkembangan perut ibu hamil akan berhenti dan kembali pada ukuran semulanya. Selain rahim yang akan kembali dengan ukuran semula, maka bentuk dan juga posisi organ akan kembali pada posisi sebelumnya. Dengan melihat perkambangan yang begitu mengagumkan ini, jadi bunda tidak usah khawatir, karena janin akan mendapatkan tempat dan ruang yang pas untuknya bisa tumbuh dan berkembang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 6 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Cara menyembuhkan penyakin sifilis

  • Oleh : Ririiiiii Riri
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya berusia 14 tahun, tapi saya sudah terkena penyakit sifilis dok, saya belum pernah melakukan sex sama siapapun dok gimna cara menyembuh kan nya

  • Oleh : Ririiiiii Riri
  • Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Bayi Sering Muntah Saat Diberikan ASI

  • Oleh : penneybolinger
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

    Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan

  • Oleh : Nita Mustika
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat Pagi,
    Saya Nina saya mau bertanya, bagaimana Cara Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan pada Ibu Hamil ?

    Tanya Bidan