×

Kulit Kulup Penis Tidak Dapat Ditarik Ke Belakang ? Waspada Mengalami Fimosis

Bagikan Artikel :

Kulit Kulup Penis Tidak Dapat Ditarik Ke Belakang ? Waspada Mengalami Fimosis

Fimosis merupakan kondisi kulup atau kulit yang menutupi kepala penis tidak bisa ditarik ke belakang. Hal itu terjadi, karena penyempitan di ujung kulit depan penis atau terjadi perlengketan kulup. Fimosis umumnya karena kelainan bawaan sejak lahir dan umumnya kondisi ini terjadi pada orang yang tidak disunat.Tetapi, bisa juga karena kebersihan penis yang tidak terjaga dengan baik.. Apabila dibiarkan, fimosis bisa menyebabkan infeksi.

Tanda-tanda Dan Gejala

Fimosis biasanya tidak nyeri. Meski begitu, kulit penis ketat mengganggu proses berkemih atau melakukan hubungan seksual. Selain itu, fimosis dapat membuat Anda sulit membersihkan daerah bawah kulit penis, sehingga mudah terkena infeksi.
Tanda-tanda fimosis lainnya, adalah mengalami demam apabila sudah terjadi infeksi di bagian penis atau pada saluran kemih, karena tumbuhnya bakteri. Mulanya, infeksi terjadi di sekitar kulit, kemudian di bagian kepala penis, hingga akhirnya bisa sampai ke saluran kemih.

Related Posts :

    Segera Hubungi Dokter

    Jika Anda sulit berkemih atau berhubungan seksual karena fimosis, pergilah ke dokter untuk diperiksa dan diobati. Selain itu, Anda harus menghubungi dokter Anda jika penis Anda memerah, nyeri dan bengkak, yang merupakan tanda radang glans.
    Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

    Penyebab Fimosis

    1. Bagian atas kulup penis terlalu kecil sehingga glans penis tidak dapat lewat
    2. Braking cord terlalu pendek untuk membuat kulup penis dapat ditarik sempurna (kondisi ini dinamakan arrestor wires BREVE)
    3. Karena dampak infeksi, hal ini dapat menyebabkan luka pada fibrosis glans penis.

    Faktor-faktor risiko

    • Tidak disunat
    • Diabetes
    • Bayi yang sering mengalami ruam popok
    • Kebersihan diri buruk
    • Faktor usian

    Langkah Pengobatan Fimosis

    Jika fimosis tidak menyebabkan gejala, fimosis tidak perlu diterapi, khususnya pada anak–anak. Meski begitu, jika kondisi anak tidak membaik atau anak sulit berkemih, Anda dapat menggunakan krim hidrokortison untuk terapi.
    Pada anak yang lebih besar dan dewasa, Anda hanya butuh kebersihan dan pengobatan infeksi secepat mungkin. Meski begitu, fimosis dapat menyebabkan inflamasi atau kesulitan berkemih dan berhubungan seksual. Anda dapat pergi ke dokter untuk anjuran sunat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 24, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

    Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Sakit Dada Tiba Tiba

  • Oleh : Atha
  • 3 tahun yang lalu

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    ingin tahu masa kesuburan

  • Oleh : ludiana nisa
  • 5 bulan yang lalu

    dok saya ingin tanya saya haid tgl 25 masa subur saya tanggal berapa ya tolong bimbingan ny ya dok terimalasih

  • Oleh : ludiana nisa
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : My Future
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Kaka saya telat mens dok dan dia belum pernah sama sekali berhubungan badan,akan tetapi dia melihat channel dokter tentang keputihan yang ada bercak darah dok,dia udah telat dan hanya sekali keputihan dan ada bercak darahnya dok,apa itu hamil dok??

  • Oleh : My Future
  • Tanya Bidan