Penggunaan Tisu Untuk Mengeringkan Vagina Setiap Kali BAK Ternyata Tidak Aman, Ini Penjelasanya!

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • bahaya penggunaan tisu toilet

    Tisu dibutuhkan hampir oleh semua wanita, terutama untuk mengeringkan area genitalnya setiap kali BAK. Namun, penggunaan tisu ini benar-benar tak disarankan. Tisu toilet yang digunakan bisa hancur dan pecah saat digunakan. Pecahan tisu yang tertinggal di kelamin bisa bercampur dengan keputihan dan akan mengakibatkan reaksi yang tidak baik.

    Sebaiknya untuk mengeringkan kelamin setelah BAK atau BAB itu dengan handuk kering. Pemakaian handuk kering lebih bagus karena menyerap lebih baik serta tak meninggalkan partikel-partikel yang membahayakan.

    Menggunakan tisu memang tak dilarang tapi cukup digunakan hanya dalam kondisi darurat. Pasalnya, tisu kering tidak halus dan lembut seperti tisu basah khusus bayi atau handuk.

    Cara Menggunakan Tisu Untuk Meminimalisir Iritasi

    Sebelum mengeringkan organ intim dengan tisu, terlebih dahulu, usahakan tisu dibasahi dengan air bersih sebelum mengeringkan vagina. Cara ini untuk meminimalisir iritasi dari efek gesekan. Selain untuk meminimalisir gesekan dan menghindari timbulnya iritasi, membasahi tisu ketika membersihkan area vagina lebih bersih maksimal.

    Penggunaan Tisu Basah Setelah BAK

    Penggunaan tisu basah setelah BAK boleh saja asalkan tidak mengandung antiseptik. Sedangkan untuk tisu kering pilih yang berkualitas bagus sehingga tidak mudah remuk ketika dibasahi

    Bahaya Penggunaan Tisu untuk Vagina

    1. lecet

    Telalu kasar mengeringkan vagina dengan tisu toilet dapat menyebabkan luka kecil pada bagian vulva. Jaringan pada daerah vulva sangat halus maka dari itu pastikan tidak terlalu kasar saat mengeringkan vagina Anda dengan tisu. Karena lecet pada bagian vagina dapat menyebabkan iritasi, bengkak, dan infeksi apabila tidak diobati dengan benar.

    2. Pembengkakan pada vagina

    Tisu yang digunakan biasanya ada yang memiliki aroma, pewarna, dan bahan kimia. Namun ketahuilah bahwa kandungan-kandungan ini dapat memicu iritasi kulit Anda sehingga akan terjadi pembengkakan. Jadi lebih baik gunakan isu yang berwarna putih yang pasti aman dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa berbahaya bagi vagina. Lalu jangan menyeka vagina terlalu berlebihan atau terlalu kasar karena dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Gunakan tisu yang bahannya lembut, ya.

    3. Infeksi akibat jamur

    Penggunaan tisu toilet yang mengandung bahan pewangi memang membuat vagina Anda wangi, tetapi bahan pewangi yang ada kimia di dalamnya dapat mengganggu pH normal di dalam vagina sehingga dapat memicu munculnya jamur (infeksi). Apabila tisu yang biasa digunakan menyebabkan iritasi maka cobalah untuk mengganti jenis tisu yang digunakan dengan jenis hypoallergenic. Untuk mencegah dan mengatasi dampak buruk ketika mengeringkan vagina dengan tisu di atas, sebaiknya Anda segera ganti tisu yang biasa digunakan dan pastikan bahan tisu yang digunakan aman dari bahan pewarna atau pewangi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 6, 2018
    Diskusi Dari:
    Siska zumrotul fauziah

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Siska zumrotul fauziah
    Diskusi Dari:
    Tutut Kartikasari

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aolia SucCie Priyatna

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    samanthabarrient

    Selamat sore bu bidan, , kenapa ya semenjak saya menjalani kehamilan saya sering merasakan lapar. Bawaannya lapar terus , saya takut kalau makan terus bayinya kelebihan berat badan.

    Dijawab Oleh : samanthabarrient
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Dijawab Oleh : Uchi Susilawati