×

Penggunaan Tisu Untuk Mengeringkan Vagina Setiap Kali BAK Ternyata Tidak Aman, Ini Penjelasanya!

Bagikan Artikel :

bahaya penggunaan tisu toilet

Tisu dibutuhkan hampir oleh semua wanita, terutama untuk mengeringkan area genitalnya setiap kali BAK. Namun, penggunaan tisu ini benar-benar tak disarankan. Tisu toilet yang digunakan bisa hancur dan pecah saat digunakan. Pecahan tisu yang tertinggal di kelamin bisa bercampur dengan keputihan dan akan mengakibatkan reaksi yang tidak baik.

Sebaiknya untuk mengeringkan kelamin setelah BAK atau BAB itu dengan handuk kering. Pemakaian handuk kering lebih bagus karena menyerap lebih baik serta tak meninggalkan partikel-partikel yang membahayakan.

Menggunakan tisu memang tak dilarang tapi cukup digunakan hanya dalam kondisi darurat. Pasalnya, tisu kering tidak halus dan lembut seperti tisu basah khusus bayi atau handuk.

Cara Menggunakan Tisu Untuk Meminimalisir Iritasi

Sebelum mengeringkan organ intim dengan tisu, terlebih dahulu, usahakan tisu dibasahi dengan air bersih sebelum mengeringkan vagina. Cara ini untuk meminimalisir iritasi dari efek gesekan. Selain untuk meminimalisir gesekan dan menghindari timbulnya iritasi, membasahi tisu ketika membersihkan area vagina lebih bersih maksimal.

Penggunaan Tisu Basah Setelah BAK

Penggunaan tisu basah setelah BAK boleh saja asalkan tidak mengandung antiseptik. Sedangkan untuk tisu kering pilih yang berkualitas bagus sehingga tidak mudah remuk ketika dibasahi

Bahaya Penggunaan Tisu untuk Vagina

1. lecet

Telalu kasar mengeringkan vagina dengan tisu toilet dapat menyebabkan luka kecil pada bagian vulva. Jaringan pada daerah vulva sangat halus maka dari itu pastikan tidak terlalu kasar saat mengeringkan vagina Anda dengan tisu. Karena lecet pada bagian vagina dapat menyebabkan iritasi, bengkak, dan infeksi apabila tidak diobati dengan benar.

2. Pembengkakan pada vagina

Related Posts :

    Tisu yang digunakan biasanya ada yang memiliki aroma, pewarna, dan bahan kimia. Namun ketahuilah bahwa kandungan-kandungan ini dapat memicu iritasi kulit Anda sehingga akan terjadi pembengkakan. Jadi lebih baik gunakan isu yang berwarna putih yang pasti aman dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa berbahaya bagi vagina. Lalu jangan menyeka vagina terlalu berlebihan atau terlalu kasar karena dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Gunakan tisu yang bahannya lembut, ya.

    3. Infeksi akibat jamur

    Penggunaan tisu toilet yang mengandung bahan pewangi memang membuat vagina Anda wangi, tetapi bahan pewangi yang ada kimia di dalamnya dapat mengganggu pH normal di dalam vagina sehingga dapat memicu munculnya jamur (infeksi). Apabila tisu yang biasa digunakan menyebabkan iritasi maka cobalah untuk mengganti jenis tisu yang digunakan dengan jenis hypoallergenic. Untuk mencegah dan mengatasi dampak buruk ketika mengeringkan vagina dengan tisu di atas, sebaiknya Anda segera ganti tisu yang biasa digunakan dan pastikan bahan tisu yang digunakan aman dari bahan pewarna atau pewangi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 6, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Obat pencahar untuk ibu hamil

  • Oleh : davegillison
  • 7 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Hubungan intim

  • Oleh : Ulla Ulla
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya…saya suda menika dan suda punya ank rencananya saya tidak mengikuti kb..maunya saya kb sendiri maaf(d keluarin d luar).dan yg mau saya tanyakan.kata temen2 saya walaupun d keluarin d luar masih bisa hamil..katanya karena pas suami merangsang atu ejakulasi dini..keluar cairan putih bening itu bisa menyebab kan k hamilan..bukan hanya maaf (sepermanya).apa benar itu ya dok..?

    Kehamilan

  • Oleh : adrienne1132
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Keputihan

  • Oleh : Eren Fani
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Hallo dok, saya sudah telat haid 1 minggu. Tetapi pas saya cek dgn tespek positif hasilnya dengan dua garis yg satu samar samar apakah itu bisa hamil atau tidak?
    Dan selama telat haid saya mengalami keputihan dgn bau tidak sedap dan berwarna kuning ke hijauan apakah tanda2 hamil dok? Terimakasih

  • Oleh : Eren Fani
  • Tanya Bidan