×

Ternyata Pola Tidur Juga Mempengaruhi Kesuburan Lho!

Bagikan Artikel :

Pola Tidur Juga Mempengaruhi Kesuburan Lho!

Apakah Anda termasuk ke dalam orang yang memiliki pola tidur yang teratur ? nah lho, ternyata pola tidur yang tidak teratur akan mempengaruhi kesuburan wanita dan bisa menjadi penyulit kehamilan. Bagi Anda yang belum saja diberikan momongan yuk ingat-ingat lagi pola tidurnya sudah baik apa belum. Untuk prosesnya kali ini bidan Citra akan jealaskan.

Otak mengatur hormone melatonin dan kortisol dalam tubuh, kedua hormone tersebut mengatur ritme sirkadian, yaitu jam biologis tubuh yang mengendalikan segala fungsi organ manusia. Ritme sirkadian juga mengatur kapan Anda mengantuk di malam hari dan kapan harus bangun di pagi hari.

Hormnone melatonin tersebut diproduksi oleh kelenjar pineal, yang terletak di otak dengan pusat penglihatan Anda. Bila mata Anda mendapatkan kegelapan atau sedikit cahaya, maka kelenjar pineal akan menangkap bahwa hari sudah malam dan meningkatkan produksi hormone melatonin.

Saat kadar hormone melatonin meningkat, akan muncul rasa kantuk dan memicu pelepasan hormone estrogen dan progesterone oleh hormone luteinizing (LH) dan leptin yang mempengaruhi kesuburan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak cahaya di malam hari dari lampu, handphone atau televisi dapat memperlambat produksi hormone melatonin sehingga menyebabkan insomnia dan mengacaukan hormone reproduksi wanita. Bisa jadi siklus menstruasi Anda terganggu atau bahkan menurunkan peluang Anda untuk hamil. Relasi antar hormone yang berperan dan diproduksi selama tidur menjadi penghubung antara pola tidur dengan kesuburan wanita.

Pengaruh Tidur Diwaktu Tertentu Terhadap Kesuburan

  1. PAGI pukul 05.00
    Tubuh berada pada kondisi maksimal untuk tidur, karena tubuh menghasilkan hormon melatonin sehingga rasa kantuk meningkat. Pada jam-jam ini sebaiknya Anda mulai melakukan aktivitas.
  2. Pagi pukul 06.00
    Waktunya wanita dan pria berada pada puncak kesuburan. Tingginya hormon testosteron pada pria dan wanita menyebabkan tingginya dorongan seks. Bila Anda tak ingin hamil, jangan lakukan hubungan seks pada waktu ini.
  3. MALAM pukul 19.00
    Waktu yang pas untuk makan malam, karena tubuh mulai santai sehubungan dengan tubuh yang memproduksi hormon melatonin yang membuat Anda siap tidur malam.
  4. Malam pukul 21.00
    Pada jam-jam ini banyak sekali pasangan yang melakukan hubungan seksual. Atau dengan kata lain, mereka bercinta saat waktu sebelum tidur. Tetapi hubungan seksual pra-tidur belum tentu ideal. Anda jadi merasa berkejar-kejaran dengan waktu antara beristirahat dan hubungan seksual. Akibatnya, bercinta pun menjadi tidak nyaman. Kecual bagi orang-orang yang insomnia, hubungan seksual di jam 9 malam sebelum tidur bisa membantu rasa kantuk untuk tidur
  5. Tengah malam (midnight):
    Anda yang sedang hamil tua, bersiaplah menghadapi kontraksi, karena hormon progesteron (hormon pemicu kontraksi) sedang dalam kondisi optimal.
  6. Dini hari pukuk 01.00
    Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda harus dalam keadaan sudah tidur pada jam ini.

Jangan kebanyakan Dan Jangan Kurang Tidur

Jam tidur yang cukup juga bermanfaat bagi sekresi hormon reproduksi. Terlalu banyak tidur bisa menganggu jam biologis tubuh hingga siklus hormon tertentu juga terhambat. yang kemudian memengaruhi kesuburan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa waktu tidur kurang dari 6 jam, atau lebih dari 9 jam, berasosiasi dengan penurunan peluang kehamilan.. Peluang hamil pada kelompok moderate sleepers lebih tinggi yaitu sekitar 53% dibanding pada kelompok perempuan yang tidur lebih dari 9 jam saat malam yang hanya 43%. Sedangkan pada kelompok short sleepers peluang kehamilan terjadi adalah 46%.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Pilihan Makanan Untuk Wanita Yang Sedang PMS

  • Oleh : Dah Wisnugaduh
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

    Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Cara mengatasi puting susu pria yang menonjol

    Saya bulan april kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Sharah Desna
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Di bulan ke 5 saya mengajukan berenti kb kepada bu bidan, dan udah berjalan mau 3bulan saya masih belum haid, itu gmana caranya yah biar bisa cepet haid, karna ingin nambh anak lagi

  • Oleh : Sharah Desna
  • Tentang miss v

  • Oleh : Dwi Tini
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya kemaren habis cukur rambut di miss v terus ga lama itu ada bisul, lama2 udh pecah terus jadi bengkak dan gatal. Gmna cara ngatasinya dok?

  • Oleh : Dwi Tini
  • Tanya Bidan