×

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan,- Kesehatan reproduksi wanita ialah hal paling penting yang harus diperhatikan. Namun tidak semua wanita mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Tidak hanya cukup dengan mengetahuinya saja, tapi anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita supaya terhindar dari gangguan kesehatan reproduksi wanita seperti endometriosis, kanker pasa sistem reproduksi, menstruasi tidak teratur dan sebagainya. Berikut ini adalah tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus anda ketahui.

Beberapa Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Membersihkan area kewanitaan

Salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah membersihkan area kewanitaan sesudah buang air kecil ataupun air besar dengan menggunakan air yang bersih.

Ganti celana 2 kali dalam sehari

Usahakan ganti celana dalam 2 kalai dalam sehari, terlebih bila celana dalam anda basah maka segera ganti celana dalamnya. Karena bila terus memakai celana dalam yang basah makadapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan dalam organ reproduksi wanita.

Mengeringkan organ reproduksi

Bila sudah Buang air besar ataupun buang air kecil sebaiknya mengeringkan organ reproduksi anda , tapi jangan menggunakan tisyu karena zat pemutih dapat menempel pada organ reproduksi anda dan tentu sangat berbahaya. Sebaiknya gunakan handuk untuk mengerikannya.

Membasuh organ reproduksi wanita yang benar

Mungkin bagi sebagian orang masih salah saat membasuh kemaluannya, yang justru dapat menyebbakan gangguan masalah kesehatan kelamin. Nah, cara membasuh kemaluan yang benar adalah dari depan ke belakang.

Rajin mengganti pembalut saat menstruasi

Usahakan untuk mengganti pembalut saat menstruasi, terlebih bila darah mentruasi sudah penuh pada pembalut sebaiknya ganti pembalut anda. Karena jika tidak diganti, maka dapat menyebabkan iritasi, gatal dan timbul rasa panas pada kemaluan anda.

Selain itu juga, harus menjaga kesebersihan organ intim anda saat menstruasi, sebab jika tidak benar membersihkan organ intimnya , maka dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada organ intim anda.

Menjaga berat badan ideal

Bila anda memiliki berat badan yang ideal maka terhindar dari cairan vagina berlebihan. Oleh karena itu atur pola makan agar berat badan anda ideal.

Memeriksakan alat reproduksi wanita secara rutin pada dokter

Usahakan untuk memeriksakan alat reproduksi anda kepada dokter, sehingga andapun akan mengetahui masa subur dan apakah terkena penyakit kelamin atau tidak. Jadi sangat penting untuk memeriksakan alat reproduksi.

Demikian informasi mengenai tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Jangan hanya peduli dengan penampilan luar saja , tapi juga harus peduli dengan penampilan dalam salah satunya anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 16, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Eka Lestari
  • 3 tahun yang lalu

    Bu bidan umur saya 18 tahun dan saya menstruasi sudah 24 hari apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Eka Lestari
  • ASI

  • Oleh : erni uli
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    bu bidan saya saya seorang ibu yg lagi menyusui,anak saya baru berumur 2,5 bulan,waktu lahir asi saya blm keluar sampai hari ke 3 setelah operasi namu anak saya gak mau menyusui langsung,jadi saya harus pumping,sementara dari PD saya setia setengah jam asi sudah menetes,jadi per dua jam saya pumping bisa sampai 500-600 ml
    nah karena saya sdh kerja saya jarang pumping akhirnya sekarang asi saya terjun bebas sekali pumping cuma 60 ml,sedih bu bidan anak saya jadi rewel
    apa yg saya harus lakukam agar asi saya bisa kembali banyak ?
    dan apakah masih mungkin bisa banyak
    Terimakasih sebelumnya

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    pre-eklampsia

  • Oleh : rina
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    Tanya Bidan