×

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan,- Kesehatan reproduksi wanita ialah hal paling penting yang harus diperhatikan. Namun tidak semua wanita mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Tidak hanya cukup dengan mengetahuinya saja, tapi anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita supaya terhindar dari gangguan kesehatan reproduksi wanita seperti endometriosis, kanker pasa sistem reproduksi, menstruasi tidak teratur dan sebagainya. Berikut ini adalah tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus anda ketahui.

Beberapa Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Membersihkan area kewanitaan

Salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah membersihkan area kewanitaan sesudah buang air kecil ataupun air besar dengan menggunakan air yang bersih.

Ganti celana 2 kali dalam sehari

Usahakan ganti celana dalam 2 kalai dalam sehari, terlebih bila celana dalam anda basah maka segera ganti celana dalamnya. Karena bila terus memakai celana dalam yang basah makadapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan dalam organ reproduksi wanita.

Mengeringkan organ reproduksi

Bila sudah Buang air besar ataupun buang air kecil sebaiknya mengeringkan organ reproduksi anda , tapi jangan menggunakan tisyu karena zat pemutih dapat menempel pada organ reproduksi anda dan tentu sangat berbahaya. Sebaiknya gunakan handuk untuk mengerikannya.

Membasuh organ reproduksi wanita yang benar

Mungkin bagi sebagian orang masih salah saat membasuh kemaluannya, yang justru dapat menyebbakan gangguan masalah kesehatan kelamin. Nah, cara membasuh kemaluan yang benar adalah dari depan ke belakang.

Rajin mengganti pembalut saat menstruasi

Usahakan untuk mengganti pembalut saat menstruasi, terlebih bila darah mentruasi sudah penuh pada pembalut sebaiknya ganti pembalut anda. Karena jika tidak diganti, maka dapat menyebabkan iritasi, gatal dan timbul rasa panas pada kemaluan anda.

Selain itu juga, harus menjaga kesebersihan organ intim anda saat menstruasi, sebab jika tidak benar membersihkan organ intimnya , maka dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada organ intim anda.

Menjaga berat badan ideal

Bila anda memiliki berat badan yang ideal maka terhindar dari cairan vagina berlebihan. Oleh karena itu atur pola makan agar berat badan anda ideal.

Memeriksakan alat reproduksi wanita secara rutin pada dokter

Usahakan untuk memeriksakan alat reproduksi anda kepada dokter, sehingga andapun akan mengetahui masa subur dan apakah terkena penyakit kelamin atau tidak. Jadi sangat penting untuk memeriksakan alat reproduksi.

Related Posts :

    Demikian informasi mengenai tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Jangan hanya peduli dengan penampilan luar saja , tapi juga harus peduli dengan penampilan dalam salah satunya anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita.

    Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 16, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

    Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 3 bulan, 4 minggu yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Martins Varela
  • 2 minggu yang lalu

    Halo matsore ibu bidang..
    Ini aku varela istri aku baru lahir 2 bulan tpi kami uda beraktifitas hubungan intim lagi..dan saat berhubungan intim kurasa uda sedikit sel sperma yg uda masuk ..kira2 uda 2 kali begini …apakah istri saya bisa terjadi kehamilan lagi ya ibu bidan…tolong masukannya ya ibu bidan…
    Makasih buat curhat bidan.🙏🙏🙏

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Tanya Bidan