Melakukan Program Hamil Dimulai dengan Memperhatikan Asupan Nutrisi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :


  • Salah satu peristiwa yang paling di tunggu-tunggu oleh sebuah pasangan yang telah menikah adalah memiliki buah hati. Kehadiran seorang buah hati dalam kehidupan suami istri bisa menambah lengkap suasana keluarga.

    Ada beberapa pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan dan harus melakukan berbagai cara. Meski begitu, cobalah untuk mengonsumsi makanan superfood atau makanan yang mengandung gizi, vitamin dan mineral yang sangat padat yang dapat mempengaruhi kehamilan. Para ahli percaya bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat bisa menjadi cara efektif untuk program kehamilan.

    Makanan-makanan yang Mempermudah Kehamilan

    1. Pisang

    Buah manis yang mengandung vitamin B6 ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Vitamin B6 sangat diperlukan untuk kesehatan reproduksi Anda, vitamin B6 akan memelihara sel telur Anda dengan baik. Selain itu kandungan asam folat dalam pisang juga sangat penting untuk persiapan kehamilan nantinya, agar tidak kekurangan asam folat saat hamil

    2. Kacang Kenari

    Kenari ialah makanan ringan yang bermanfaat yang sehat untuk air mani pria. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biology of Reproduction menemukan makan 75 gram, atau 2/3 cangkir omega 3 kenari kaya menyebabkan peningkatan vitalitas air mani, motilitas, dan morfologi bagi laki-laki. Perempuan juga dapat mendapatkan profit dari konsumsi omega-3, menjadikannya camilan yang pas untuk seluruh orang .

    3. Telur

    Sebaiknya mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi telur karena telur mengandung vitamin D yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Telur juga mengandung protein tinggi sehingga sangat penting untuk membuat sel telur tidak cepat rusak.

    4. Kacang almond

    Ternyata kacang almond mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kacang almond juga mengandung zat antioksidan yang bertugas untuk menjaga DNA yang ada pada sel telur supaya tetap sehat, dengan mempengaruhi kesuburan pada rahim.

    5. Biji labu

    Biji labu mengandung banyak sekali zat besi yang sangat berguna bagi kesehatan Anda. Menurut beberapa penelitian dan riset, wanita yang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi memiliki resiko kecil mengalami gangguan untuk mendapatkan kehamilan di banding wanita yang jarang mengkonsumsi zat besi. Anda bisa mengoven biji labu hingga kering lalu Anda makan isinya sama seperti Anda makan kuaci.

    6. Buncis

    Hasil penelitian dari Harvard University mengatakan jika wanita yang kesulitan untuk hamil kebanyakan karena mereka mengkonsumsi protein hewani terlalu banyak dan sebaliknya wanita yang lebih banyak mengkonsumsi protein nabati tidak mengalami masalah itu. Buncis mengandung protein nabati yang cukup tinggi, oleh karena itu baik untuk kesuburan jika Anda sering mengkonsumsinya.

    7. Minyak zaitun

    Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja ya, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa mencegah terjadinya gangguan ovulasi, dan gangguan pembuahan. cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan

    8. Kecambah atauTauge

    Tauge menjadi makanan yang dapat membantu wanita untuk cepat hamil. Ini karena tauge mengandung asam folat dan kandungan vitamin lainnya yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Jenis tauge yang sangat terkenal untuk mempercepat terjadinya kehamilan adalah tauge kacang hijau. Ini makanan yang sangat sehat karena bisa membuat janin nantinya tumbuh dengan baik.

    9. Ubi

    Banyak penelitian yang membuktikan jika ubi dapat membantu pengobatan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Selain membantu pengobatan berbagai penyakit itu, tanaman yang masuk dalam jenis umbi-umbian ini ternyata juga bisa meningkatkan ovulasi. Jenis ubi yang bisa membantu kehamilan termasuk ubi ungu dan ubi kuning.

    10. Kentang

    Bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini, bisa meningkatkan kesuburan pada wanita. Kandungan vitamin B dan vitamin E dalam kentang dapat membuat produksi sel telur sehat.

    11. Brokoli

    Sayuran berwarna hijau tua ini ternyata memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk pematangan sel telur dan proses ovulasi.

    12. Tiram

    Siapa yang tidak tahu tiram? Sari laut yang satu ini memiliki kandungan gizi dan baik untuk kesehatan kita. Tapi ternyata tiram juga bisa membantu Anda untuk cepat memiliki momongan. Tiram mengandung zinc yang bisa membantu produksi sel telur dan meningkatkan kesuburan Anda.

    13. Asparagus

    Asparagus memiliki kadungan asam folat yang tinggi yang bisa meminimalkan resiko terjadinya gangguan pada saat ovulasi. Anda bisa mengolahnya menjadi sup asparagus. Untuk persiapan kehamilan sebaiknya ibu hanya memilih asparagus yang segar dan hindari aspragus yang sudah layu serta mengeluarkan jamur.

    14. Roti gandum

    Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, roti gandum biasanya digunakan untuk mengontrol kadar gula darah. Perlu diketahui bahwa kadar insulin di tubuh Anda tinggi akan sulit juga untuk mengandung. Maka dari itu konsumsi roti gandum adalah langkah yang baik untuk menjaga tekanan gula darah Anda.

    15. Es krim

    Es krim memang bisa membantu Anda dalam program kehamilan. Beberapa penelitian mengatakan jika susu utuh atau produk makanan yang dibuat hanya dari susu dapat membantu mencegah ketidaksuburan ovulasi. Produk susu utuh itu bisa Anda dapatkan dari es krim.

    16. Buah lemon

    Seperti yang kita ketahui buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan kita. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon bisa membantu pelepasan telur dari ovum dengan baik. Oleh karena itu buah lemon menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi jika seorang wanita ingin memulai program untuk mempersiapkan kehamilan mereka.

    17. Ikan salmon

    Ikan salmon adalah pilihan terbaik jika Anda ingin cepat memiliki momongan. Ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi hingga baik untuk pertumbuhan anak-anak, selain itu ikan salmon mengandung omega tiga dan nutrisi penting lainnya yang sangat penting untuk kesuburan wanita.

    18. Bawang putih

    Bawang putih mengandung selenium dan mineral yang bisa mencegah keguguran dini dan juga bisa membantu Anda yang ingin segera mendapatkan kehamilan

    19. Cabai

    Cabai memiliki manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan bahkan bisa untuk mempercepat kehamilan. Cabai juga meningkatkan aliran peredaran darah dan memastikan jika darah juga sampai ke sistem reproduksi, cabai juga membantu meningkatkan produksi hormon endrofin sehingga menyuburkan kandungan wanita. Sering-sering makan sambel ternyata bermanfaat loh.

    20. Kubis

    Kubis bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda, kubis mengandung zat yang berperan penting dalam metabolisme hormon estrogen. Jika Anda ingin segera memiliki buah hati, ada baiknya sering-sering mengkonsumsi kubis.

    21. Buah berry

    Buah berry memiliki berbagai macam yaitu strawberry, bluberry, rasberry, dan lain-lainnya. Buah ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan seperti mencegah pertumbuhan kanker dan tumor. Antioksidan yang tinggi dalam buah-buahan berry ini dapat menjaga kesehatan sel telur dan juga bisa mencegah terjadinya keguguran. Ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini 3 kali seminggu, untuk menjalani program kehamilan.

    22. Jahe

    Jahe bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mengatasi radang tenggorokan, menjadi penghangat tubuh. Jahe juga berfungsi untuk mencegah penyakit pada sistem reproduksi Anda dan berdampak pada kesehatan sel telur.

    23. Kayu manis

    Rempah-rempah yang satu ini memiliki sejuta manfaat. Yaitu untuk mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi kerja otak, dan mencegah sel kanker. Selain itu kayu manis bisa memperbaiki fungsi dari ovarium dan mendorong produksi sel telur yang akan berdampak pada

    24. Biji bunga matahari

    Kuwaci/biji bunga matahari kara akan seng dan protein, yaitu mineral yang bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Jadi bukan hanya kamu, suami pun bisa makan biji bunga matahari agar ia juga lebih subur

    25. Nasi merah

    Makan nasi merah 4 kali dalam seminggu karena lebih bergizi dari nasi putih, dan ternyata juga bisa meningkatkan kesuburan dan proses ovulasi. Nasi merah juga bagus dalam menyeimbangkan hormon tubuh, termasuk insulin dalam darah.

    26. Daging merah

    Daging merah seperti kambing dan sapi juga kaya protein dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat proses ovulasi. Pastikan kamu makan daging merah dengan sedikit lemak ya agar lebih sehat.

    27. Bayam

    Sayur hijau seperti bayam kaya zat besi dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan. Kamu bisa mengonsumsi 2 hari sekali. Bisa juga diselingi dengan sayur lain.

    Makanan Penyebab Wanita Sulit Mendapatkan Kehamilan

    a. Minuman Bersoda

    Jika Anda saat ini tengah melakukan program hamil, Anda harus menahan diri dari nikmatnya minuan bersoda. Soda mengandung zat gula dalam jumlah yang sangat tinggi dan menyebabkan terbentuknya gas sehingga menimbulkan bahaya obesitas bagi orang yang mengonsumsinya. Terlebih soda sangat sensitif dan berbahaya bagi perut Anda. Minuman bersoda juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik yang akan menimbulkan produksi racun pada tubuh kita dan kadar gula dalam darah kita. Lambat laun, racun-racun yang terbentuk akan sangat menghalangi proses detoksifikasi dalam tubuh yang akan menghambat kesuburan Anda. Tentu, mengonsumsi soda saat Anda tengah program hamil sangat tidak dianjurkan.

    b. Makanan yang masih mentah

    Banyaknya orang yang mengonsumsi makanan mentah, namun jenis makanan ini sangat tidak dianjurkan oleh seseorang yang sedang melakukan program hamil. Makanan mentah seperti daging dan ikan yang belum dimasak masih mengandung virus dan bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi kesehatan rahim. Selain bagi seseorang yang tengah melakukan program hamil, mengonsumsi makanan mentah juga tidak baik bagi tubuh seseorang karena akan meningkatkan resiko terkenanya penumpukan bakteri yang akan menyerang organ penting tubuh seseorang.

    c. Makanan hasil laut yang mengandung merkuri

    Makanan hasil laut seperti marlin, todak, ikan tuna sirip biru dan ikan hiu telah terbukti dengan kandungan merkuri yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu merkuri merupakan sejenis zat yang sangat berbahaya yang dapat mengendap dalam tubuh seseorang terutama di dalam darah. Zat yang terus menerus mengendap ini tentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda dan rahim Anda terutama bagi janin yang tengah Anda kandung. Penumpukan merkuri yang sangat banyak didalam tubuh akan menyebabkan kehamilan Anda terganggu yang berdampak pada gangguan sistem perkembangan otak dan syaraf janin. Jika Anda seorang pecinta kuliner seafood, tentu ini bukan halangan untuk memberhentikan kesukaan Anda. Terdapat beberapa jenis seafood yang aman bagi Anda yang sedang program hamil seperti udang, salmon, cumi-cumi, kepiting dan tiram. Namun, hal yang harus Anda ingat, jangan mengonsumsi makanan seafood dengan jumlah yang terlalu banyak agar kadar merkuri dalam darah Anda tetap terjaga.

    d. Makanan dengan karbohidrat olahan

    Makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil merupakan makanan yang terbilang berbahaya bagi tubuh seseorang. Seperti contohnya makanan fast food yang mengandung karbohidrat olahan yang jika dikonsumsi akan berdampak pada terganggunya program kehamilan
    Anda. Alasan mengapa karbohidrat olahan angat berdampak buruk pada tubuh Anda karena proses karbohidrat olahan akan melepaskan gula kedalam aliran darah dengan sangat cepat sehingga akan terlepasnya hormon insulin oleh organ pankreas. Tentunya, jika berbicara hal gizi yang terkandung didalam makanan junk food, maka gizi tersebut hampir tidak ada sama sekali bahkan mengandung asupan makanan yang berbahaya seperti kadar gula dan kadar lemak yang tinggi. Akibatnya, kondisi ini akan menyebabkan tubuh seorang wanita memproduksi hormon testosteron yang sangat tinggi yang akan berpengaruh pada tingkat ketidakseimbangan hormon yang akan mengganggu proses ovulasi. Beberapa makanan dengan karbohidrat olahan diantaranya burger, pizza dan makanan junk food lainnya.

    e. Konsumsi MSG

    Zat aditif MSG yang dikonsumsi oleh seseorang yang tengah hamil akan berpengaruh pada tingkat kesuburan baik pria ataupun wanita. Pasalnya, MSG adalah zat yang sangat berpengaruh pada produksi hormon esterogen didalam tubuh seorang wanita. Hal ini akan menyebabkan hormon esterogen menjadi sangat tidak seimbang yang tentu berdampak pada tingakt kesuburan wanita. Jadi, berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan terutama yang mengandung zat MSG dengan kadar yang sangat tinggi

    f. Kafein

    Nikmatnya kopi memang sudah tidak diragukan lagi bagi setiap orang. Kopi dapat dikatakan sebagai minuman yang dapat meningkatkan rasa semangat dan terhindar dari kantuk. Namun, kafein yang terkandung pada kopi sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan program hamil. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian tentang bahaya kafein yang dapat menimbulkan resiko penyempitan pembuluh darah sehingga terhambatnya aliran darah yang akan menuju rahim. Jika ini terjadi, tentunya sel telur akan mengalami kesulitan untuk bertahan. Sebaiknya, jika Anda tengah mendambakan seorang anak, Anda harus bersikeras untuk menghindari kopi dengan jumlah yang banyak.

    g. Makanan dengan lemak trans

    Tubuh dengan lemak memang mengindikasikan kondisi tubuh yang tidak sehat. Terlebih jika lemak ini terdapat pada tubuh seseorang yang sedang menjalani program hamil. Lemak trans atau yang disebut dengan lemak yang terhidrogenasi memiliki peran yang cukup andil pada tingkat kesuburan Anda. Hal ini terbukti pada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi lemak trans dengan jumlah sekitar 4 gram akan meningkatkan masalah kesuburan hingga 30%. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari konsumsi lemak trans seperti yang terdapat pada gorengan, minyak berkali-kali penggunaan dan makanan lainnya.

    h. Terong

    Terong mengandung zat solanin yang menekan proses ovulasi yang tentu menghambat kesuburan Anda. Terlebih jika terong dikonsumsi sebagai lalapan mentah, maka akan berdampak buruk bagi kesuburan Anda.

    i. Alkohol

    Makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil tidak lain adalah alkohol. Seperti kita tahu, alkohol adalah salah satu jenis zat yang berbahaya bagi tubuh seseorang terutama jika Anda sedang program hamil. Senyawa yang menyebabkan menurunnya jumlah produksi hormon esterogen dan testostron pada tubuh seseorang. Hal ini berkaitan pula dengan hormon seks baik pria maupun wanita. Alkohol sangat berbahaya pada proses ovulasi dimana akan mengganggu proses ovulasi itu berlangsung. Jika pada pria, alkohol akan merusak kualitas sperma yang akan menghambat proses pembuahan pada uterus.

    Jika Anda benar-benar mendambakan seorang anak, maka sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil ini. Makanan dan minuman memang sangat bermanfaat bagi tubuh seseorang terutama bagi mereka yangs sedang merencanakn program kehamilan. Namun, terdapat pula makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil yang justru akan menghambat tercapainya keberhasilan pada sebuah program hamil tersebut. Itulah beberapa makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil. Jagalah kesehatan kita dan teruslan melakukan yang terbaik dalam program hamil agar impian mendapatkan keturunan bisa segera terpenuhi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 20, 2018
    Diskusi Dari:
    priscillaledoux

    Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : priscillaledoux
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dewi

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    Dijawab Oleh : Dewi
    Diskusi Dari:
    Hafis Alfarozi STm

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Dijawab Oleh : Hafis Alfarozi STm
    Diskusi Dari:
    Nani Mulyaningsih

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih