×

Penyebab dan Gejala Anemia pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terkena anemia. Anemia adalah penyakit yang diakibatkan karena berkurangnya jumlah sel darah merah atau yang disebut dengan kandungan hemoglobin. Dimana hemoglobin itu sendiri adalah suatu senyawa protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah menuju ke saluran jaringan tubuh.

Anemia yang terjadi pada ibu hamil menjadi perhatian yang lebih. Pasalnya ini akan mempengaruhi ibu dan janin, diantaranya berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, dan kematian sang ibu.

Anemia memang sering dialami oleh ibu hamil, karena selama masa kehamilannya produksi darah sang ibu berfungsi untuk menyangga pertumbuhan janin di dalam perut yang menyebabkan sang ibu membutuhkan sel darah merah yang banyak agar tubuh tetap sehat dan kuat. Ketika mengalami anemia, maka kebutuhan ini tidak tercukupi, sehingga oksigen yang disalurkan pada jaringan tubuh dan janin menjadi terbatas.

Penyebab dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

Mengetahui penyebab dan gejala anemia pada ibu hamil sangat penting agar bisa mencegah dan menghindari penyakit anemia selama kehamilan. Karena jika tidak ditangani dengan tepat, maka anemia pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko komplikasi, baik pada ibu ataupun pada janin.

Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Ada beberapa faktor penyebab anemia sesuai dengan jenisnya, diantaranya :

  • Anemia Defisiensi Folat

Asam folat termasuk ke dalam kelompok vitamin B. Bahkan, tubuh membutuhkan folat dalam membentk sel-sel baru bahkan sel darah merah yang sehat. Pada saat ibu hamil, diperlukan folat tambahan. Kekurangan folat pada ibu hamil akan menyebabkan kondisi tubuh tidak dapat membuat sel darah merah yang cukup untuk menyangkut oksigen ke seluruh tubuh. Bahkan, kekurangan folat bisa meningkatkan risiko cacat lahir.

  • Anemia Defisiensi Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan vitamin yang diperlukan tubuh untuk membantu produksi sel darah merah. Meskipun beberapa wanita cukup mengonsumsi vitamin B12 melalui makanan, namun kemungkinan tubuh memiliki kemampuan yang rendah dalam menyerapnya, sehingga tetap kekurangan. Untuk mendapatkan asupan vitamin B12, ibu hamil bisa mengonsumsi daging, susu, dan telur.

  • Anemia Defisiensi Besi

Ini merupakan penyebab anemia yang paling banyak dialami oleh ibu hamil. Sekitar 15% hingga 25% dari seluruh kehamilan mengalami kekurangan zat besi. Zat besi merupakan mineral yang ditemukan dalam sel-sel darah merah (hemoglobin) dan digunakan untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Ketika asupan zat besi kurang, maka hemoglobin darah akan menurun dan terjadilah anemia. Kebutuhan zat besi yang meningkat karena kehamilan itu sendiri, selain untuk produksi sel-sel darah merah ibu juga diperlukan untuk pembentukan sel darah merah janin. Maka dari itu, suplementasi besi selama kehamilan diperlukan.

Selain beberapa faktor diatas, penurunan kadar hemoglobin selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh meningkatkan volume plasma yang tidak sebanding dengan peningkatan volume sel darah merah. Disproporsi antara tingkat kenaikan volume plasma dan eritrosit memiliki perbedaan yang paling besar selama kehamilan trimester ke dua.

Gejala Anemia pada Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan, yaitu gejala anemia terkadang tampak mirip dengan gejala kehamilan yang umumnya dialami. Terlebih lagi anemia ringan memiliki kemungkinan tidak menimbulkan gejala yang jelas. Namun, jika kondisi anemia meningkat, kemungkinan ibu hamil akan merasakan :

  • Sesak napas
  • Cepat merasa lelah dan lemah, serta tampak pucat
  • Denyut jantung tidak teratur

Sebagian penderita anemia juga memiliki kecenderungan tertentu, seperti keinginan mengonsumsi bahan-bahan yang tidak umum dikonsumsi, seperti tepung jagung atau bahkan tanah liat. Selain itu, ada beberapa gejala anemia yang mungkin akan dirasakan ibu hamil, seperti sakit kepala, merasa gatal-gatal, perubahan pada indera perasa, rambut rontok, telinga berdenging, dan sariawan di pinggir mulut.

Untuk memastikan gejala yang ibu alami apakah termasuk penyakit anemia atau bukan, maka perlu dilakukan tes darah. Pemeriksaan darah umumnya dilakukan pada pemeriksaan kehamilan yang pertama, kemudian dilakukan satu kali lagi selama kehamilan.

Selain mengenali dan memahami penyebab dan gejala anemia pada ibu hamil, juga lakukan pemeriksan dan konsultasikan secara rutin dengan dokter kandungan atau bidan Anda mengenai kondisi kesehatan ibu selama kehamilan. Sehingga berbagai masalah atau gangguan yang terjadi selama kehamilan bisa terdeteksi dari dini.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang haid

  • Oleh : Putri Amelia
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Aku umur 11 thn aku udh dapet haid saat aku haid pertama kalinya itu lancar dan banyak darahnya, lalu setelah haid berikutnya hanya muncul percikan darah sedikit. Bulan seterusnya aku ga dapet lagi, 4 bulan ga datang bulan apapenyebab nya yah???

  • Oleh : Putri Amelia
  • Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 2 tahun yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sminggu sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • apakah ini hamil atau tidak

  • Oleh : muhammad faiz
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    halo dok saya mau tanya jika remaja melakukan hubungan seks dan tidak menggunakan alat pengaman, tetapi ia mengeluarkan nya di luar di sekitaran perut apakah ada kemungkinan remaja tersebut mengalami kehamilan ?

  • Oleh : muhammad faiz
  • Tanya Bidan