×

Sering Mengalami Benjolan Di Selangkangan ? Ini Lho Penyebabnya

Bagikan Artikel :

benjolan disekitar selangkangan

Selangkangan merupakan bagian tubuh manusia yang terdiri dari kulit, lemak, serabut otot, syaraf, pembuluh darah, serta kelenjar getah bening. Adanya benjolan yang timbul pada area selangkangan pada umumnya memang disebabkan adanya pembesaran kelenjar getah bening atau dikenal sebagai limfadenopati atau juga dipicu karena adanya infeksi pada bagian tubuh lainnya di sekitar selangkangan tersebut.

Penyebab Perbesaran Dari Kelenjar Getah Bening

1. Adanya peradangan pada benjolan tersebut.

2. Adanya infeksi di sekitar area tersebut. Infeksi yang terjadi dapat berupa infeksi bakteri seperti adanya tuberkulosis atau adanya infeksi bakteri lainnya

3. Adanya pertumbuhan dari jaringan lemak atau dikenal sebagai lipoma.

4. Adanya pertumbuhan dari jaringan lunak sekitar rahang atau paha atau dikenal sebagai Soft tissue tumor.

5. Adanya kista pada kulit sekitar area tersebut

6.Adanya abses, kondisi dimana terjadi kumpulan nanah di bawah kulit. Terjadi akibat adanya infeksi yang berlangsung cukup lama.

7 Adanya kondisi limfoma. Kondisi ini terjadi adanya kanker pada sistem limfatik. Pembesaran kelenjar getah bening dapat terjadi di hampir seluruh tubuh seperti ketiak, selangkangan, leher ataupun lainnya. Namun, tentu kondisi ini disertai dengan keluhan lain.

Gejala Lain Dari Benjolan Di Selangkangan Akibat Infeksi Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan kondisi yang tersering sebagai penyebab benjolan di selangkangan. Selain di selangkangan limfadenopati dapat terjadi juga pada area ketiak atau leher. Limfadenopati dapat muncul disertai gejala lain, seperti nyeri atau demam.

Benjolan Di Selangkanan Yang Harus Diwaspadai

Benjolan selangkangan yang disebabkan oleh infeksi umumnya akan mengecil dengan sendirinya tanpa memerlukan intervensi medis. Namun, jika Anda mengalami benjolan selangkangan yang terasa keras, tidak kunjung mengecil hingga lebih dari 2 minggu, atau disertai demam, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta mengganggu aktifitas sehari-hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium, biopsi, atau CT scan. Selanjutnya, dokter dapat meresepkan obat anti-nyeri serta antibiotik (jika dicurigai terjadi infeksi bakteri).

Related Posts :

    Hal Yang Perlu Anda Lakukan Pada Sekitar Benjolan

    1. Hindari menekan, memencet, atau memecahkan benjolan

    2. Istirahat yang cukup

    3. Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi cairan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 1, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Kehamilan anak ke 2 setelah usia 40 tahun

  • Oleh : Fatima Nur Laina
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Perkenalkan saya fatima, saya skrg usia 40 tahun, dan saat ini merencanakan kehamilan ke 2 dengan pernikanan yang ke 2. Saat ini setelah pernikan ke 7 tahun saya belum hamil lagi. Mohon bantu saran ya

  • Oleh : Fatima Nur Laina
  • benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Tanya Bidan