×

Sering Mengalami Benjolan Di Selangkangan ? Ini Lho Penyebabnya

Bagikan Artikel :

benjolan disekitar selangkangan

Selangkangan merupakan bagian tubuh manusia yang terdiri dari kulit, lemak, serabut otot, syaraf, pembuluh darah, serta kelenjar getah bening. Adanya benjolan yang timbul pada area selangkangan pada umumnya memang disebabkan adanya pembesaran kelenjar getah bening atau dikenal sebagai limfadenopati atau juga dipicu karena adanya infeksi pada bagian tubuh lainnya di sekitar selangkangan tersebut.

Penyebab Perbesaran Dari Kelenjar Getah Bening

1. Adanya peradangan pada benjolan tersebut.

Related Posts :

    2. Adanya infeksi di sekitar area tersebut. Infeksi yang terjadi dapat berupa infeksi bakteri seperti adanya tuberkulosis atau adanya infeksi bakteri lainnya

    3. Adanya pertumbuhan dari jaringan lemak atau dikenal sebagai lipoma.

    4. Adanya pertumbuhan dari jaringan lunak sekitar rahang atau paha atau dikenal sebagai Soft tissue tumor.

    5. Adanya kista pada kulit sekitar area tersebut

    6.Adanya abses, kondisi dimana terjadi kumpulan nanah di bawah kulit. Terjadi akibat adanya infeksi yang berlangsung cukup lama.

    7 Adanya kondisi limfoma. Kondisi ini terjadi adanya kanker pada sistem limfatik. Pembesaran kelenjar getah bening dapat terjadi di hampir seluruh tubuh seperti ketiak, selangkangan, leher ataupun lainnya. Namun, tentu kondisi ini disertai dengan keluhan lain.

    Gejala Lain Dari Benjolan Di Selangkangan Akibat Infeksi Kelenjar Getah Bening

    Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan kondisi yang tersering sebagai penyebab benjolan di selangkangan. Selain di selangkangan limfadenopati dapat terjadi juga pada area ketiak atau leher. Limfadenopati dapat muncul disertai gejala lain, seperti nyeri atau demam.

    Benjolan Di Selangkanan Yang Harus Diwaspadai

    Benjolan selangkangan yang disebabkan oleh infeksi umumnya akan mengecil dengan sendirinya tanpa memerlukan intervensi medis. Namun, jika Anda mengalami benjolan selangkangan yang terasa keras, tidak kunjung mengecil hingga lebih dari 2 minggu, atau disertai demam, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta mengganggu aktifitas sehari-hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium, biopsi, atau CT scan. Selanjutnya, dokter dapat meresepkan obat anti-nyeri serta antibiotik (jika dicurigai terjadi infeksi bakteri).

    Hal Yang Perlu Anda Lakukan Pada Sekitar Benjolan

    1. Hindari menekan, memencet, atau memecahkan benjolan

    2. Istirahat yang cukup

    3. Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi cairan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 1, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Apakah melakukan hipnosis baik selama proses persalinan?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 7 tahun, 11 bulan yang lalu

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 5 tahun yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

    Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Tanya Bidan