Sering Mengalami Benjolan Di Selangkangan ? Ini Lho Penyebabnya

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • benjolan disekitar selangkangan

    Selangkangan merupakan bagian tubuh manusia yang terdiri dari kulit, lemak, serabut otot, syaraf, pembuluh darah, serta kelenjar getah bening. Adanya benjolan yang timbul pada area selangkangan pada umumnya memang disebabkan adanya pembesaran kelenjar getah bening atau dikenal sebagai limfadenopati atau juga dipicu karena adanya infeksi pada bagian tubuh lainnya di sekitar selangkangan tersebut.

    Penyebab Perbesaran Dari Kelenjar Getah Bening

    1. Adanya peradangan pada benjolan tersebut.

    2. Adanya infeksi di sekitar area tersebut. Infeksi yang terjadi dapat berupa infeksi bakteri seperti adanya tuberkulosis atau adanya infeksi bakteri lainnya

    3. Adanya pertumbuhan dari jaringan lemak atau dikenal sebagai lipoma.

    4. Adanya pertumbuhan dari jaringan lunak sekitar rahang atau paha atau dikenal sebagai Soft tissue tumor.

    5. Adanya kista pada kulit sekitar area tersebut

    6.Adanya abses, kondisi dimana terjadi kumpulan nanah di bawah kulit. Terjadi akibat adanya infeksi yang berlangsung cukup lama.

    7 Adanya kondisi limfoma. Kondisi ini terjadi adanya kanker pada sistem limfatik. Pembesaran kelenjar getah bening dapat terjadi di hampir seluruh tubuh seperti ketiak, selangkangan, leher ataupun lainnya. Namun, tentu kondisi ini disertai dengan keluhan lain.

    Gejala Lain Dari Benjolan Di Selangkangan Akibat Infeksi Kelenjar Getah Bening

    Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan kondisi yang tersering sebagai penyebab benjolan di selangkangan. Selain di selangkangan limfadenopati dapat terjadi juga pada area ketiak atau leher. Limfadenopati dapat muncul disertai gejala lain, seperti nyeri atau demam.

    Benjolan Di Selangkanan Yang Harus Diwaspadai

    Benjolan selangkangan yang disebabkan oleh infeksi umumnya akan mengecil dengan sendirinya tanpa memerlukan intervensi medis. Namun, jika Anda mengalami benjolan selangkangan yang terasa keras, tidak kunjung mengecil hingga lebih dari 2 minggu, atau disertai demam, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta mengganggu aktifitas sehari-hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium, biopsi, atau CT scan. Selanjutnya, dokter dapat meresepkan obat anti-nyeri serta antibiotik (jika dicurigai terjadi infeksi bakteri).

    Hal Yang Perlu Anda Lakukan Pada Sekitar Benjolan

    1. Hindari menekan, memencet, atau memecahkan benjolan

    2. Istirahat yang cukup

    3. Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi cairan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 1, 2018
    Diskusi Dari:
    Siti Rohmah

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    Dijawab Oleh : Putri Kintamani
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Adhy Putra Lautan
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Silvia Rizkiana Sari

    Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Silvia Rizkiana Sari