×

Kenapa ASI Perahku Bau Karat Ya?

Bagikan Artikel :

Kenapa ASI Perahku Bau Karat Ya?

Bagi bunda-bunda karir pejuang ASI, memerah menjadi rutinitas. Tapi terkadang ketika menghangatkan ASI, bunda pernah gak sih mencium aroma karat dari ASI?

Nah, bingung dong apakah ASIP yang berbau karat ini masih bisa diberikan pada si Kecil atau tidak? Apakah bahaya atau tidak? Untuk penjelasannya simak di bawah ini ya Bu!

Kenapa ASI Perah Berbau Karat Ketika Dihangatkan?

Bau karat adalah wajar pada ASI perah (ASIP), dan bukan berarti ia sudah basi. Bau karat tersebut berasal dari kandungan alaminya, yakni enzim lipase dan enzim ini pun punya aneka manfaat bagi bayi. Enzim lipase di dalam ASI berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, sehingga mudah didistribusikan dan dicerna oleh tubuh bayi.

Tak hanya itu, fungsi enzim lipase ternyata lebih jauh dari itu. Lipase membantu menonaktifkan protozoa, sehingga dapat menghindari bayi dari infeksi. Saat aktif bekerja, enzim itu melepaskan bau karat yang khas. Apalagi jika jumlahnya berlebihan.

Bau karat ASI perah biasanya akan sangat terasa saat dilelehkan dari pembekuan. Itu berarti enzim lipase dalam ASI itu sedang bekerja.

Apakah Masih Aman Diberikan Kepada Si Kecil?

Semakin lama ASI perah disimpan, baik di suhu ruangan atau kulkas luar freezer, maka akan semakin banyak pula aktivitas lipase yang terjadi. Tingginya enzim ini, membuatnya berbau karat. Namun bukan berarti ASIP itu rusak, ASIP yang berbau karat aman diberikan.

Related Posts :

    Apakah Si Kecil Masih Mau Meminum ASI Yang Berbau Karat?

    Kebanyakan bayi tidak masalah dengan perubahan kecil itu. Tapi ada sebagian lagi yang begitu sensitif, sehingga menolak ASI perah Anda. Jangan buru-buru dibuang, Anda masih bisa mengurangi aroma karat dengan cara scalding atau pemanasan ASI, seusai ASI diperah dan sebelum dimasukan ke dalam freezer. Caranya dengan memanaskan ASI hingga terlihat gelembungnya, kemudian angkat dan dinginkan sebelum dimasukan ke freezer. Cara ini dapat memperlambat penguraian enzim lipase, tapi bisa membuat nutrisi ASI berkurang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 7, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kurang berat badan

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok sy mau tanya sy kan dari gadis sdh kurus tapi sekarang sy sdh hamil knp ngk naik berat badan nya ya dan berat badan ideal hamil di semester 3 itu brapa takut baby nya kurang nutrisi

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • ada benjolan di dekat anus

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Penting

  • Oleh : Ananda
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 6 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Tanya Bidan