×

Kenapa ASI Perahku Bau Karat Ya?

Bagikan Artikel :

Kenapa ASI Perahku Bau Karat Ya?

Bagi bunda-bunda karir pejuang ASI, memerah menjadi rutinitas. Tapi terkadang ketika menghangatkan ASI, bunda pernah gak sih mencium aroma karat dari ASI?

Nah, bingung dong apakah ASIP yang berbau karat ini masih bisa diberikan pada si Kecil atau tidak? Apakah bahaya atau tidak? Untuk penjelasannya simak di bawah ini ya Bu!

Kenapa ASI Perah Berbau Karat Ketika Dihangatkan?

Bau karat adalah wajar pada ASI perah (ASIP), dan bukan berarti ia sudah basi. Bau karat tersebut berasal dari kandungan alaminya, yakni enzim lipase dan enzim ini pun punya aneka manfaat bagi bayi. Enzim lipase di dalam ASI berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, sehingga mudah didistribusikan dan dicerna oleh tubuh bayi.

Tak hanya itu, fungsi enzim lipase ternyata lebih jauh dari itu. Lipase membantu menonaktifkan protozoa, sehingga dapat menghindari bayi dari infeksi. Saat aktif bekerja, enzim itu melepaskan bau karat yang khas. Apalagi jika jumlahnya berlebihan.

Bau karat ASI perah biasanya akan sangat terasa saat dilelehkan dari pembekuan. Itu berarti enzim lipase dalam ASI itu sedang bekerja.

Related Posts :

    Apakah Masih Aman Diberikan Kepada Si Kecil?

    Semakin lama ASI perah disimpan, baik di suhu ruangan atau kulkas luar freezer, maka akan semakin banyak pula aktivitas lipase yang terjadi. Tingginya enzim ini, membuatnya berbau karat. Namun bukan berarti ASIP itu rusak, ASIP yang berbau karat aman diberikan.

    Apakah Si Kecil Masih Mau Meminum ASI Yang Berbau Karat?

    Kebanyakan bayi tidak masalah dengan perubahan kecil itu. Tapi ada sebagian lagi yang begitu sensitif, sehingga menolak ASI perah Anda. Jangan buru-buru dibuang, Anda masih bisa mengurangi aroma karat dengan cara scalding atau pemanasan ASI, seusai ASI diperah dan sebelum dimasukan ke dalam freezer. Caranya dengan memanaskan ASI hingga terlihat gelembungnya, kemudian angkat dan dinginkan sebelum dimasukan ke freezer. Cara ini dapat memperlambat penguraian enzim lipase, tapi bisa membuat nutrisi ASI berkurang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 7, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Takut hamil

  • Oleh : Husna Alf
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Terakhir haid saya
    tgl 6 bulan juli, sampai sekarang saya belum haid lagi. Banyak keluhan kesehatan yang saya rasakan, seperti mual, muntah, nafsu makan turun, demam, perut kembung, kadang nyeri sebelah kanan bawah & apabila ditekan terasa sakit & terasa ada yang mengganjal. Saya iseng uji tes pack hasilnya positif, tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan yang saya alami. Saya juga susah bab & susah buang angin. Apakah ini gejala suatu penyakit atau memang hamil?

    Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    menderita tifus saat hamil

  • Oleh : puji
  • 7 tahun, 5 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

    Tanya Bidan