×

Pete Memiliki Banyak Manfaat Untuk Ibu Menyusui

Bagikan Artikel :

Pete Memiliki Banyak Manfaat Untuk Ibu Menyusui

Petai atau yang lebih akrab disebut pete yang termasuk golongan polong-polongan yang disukai sebagian orang. Pete ini memang berbau tapi bisa menjadi penambah nafsu makan, apalagi kalau dicolek ke sambal. Dari satu bongkol pete terdapat belasan buah, dan satu buah terdapat hingga 20 biji.

Related Posts :

    Memiliki bau yang khas, tidak sedikit orang yang menggemari pete sebagai pendamping saat makan. Memiliki rasa yang hambar dan cenderung pahit, pete juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh. Terutama untuk ibu yang sedang menyusui, pete dipercaya mampu memberikan efek yang positif bagi kesehatan. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah manfaat pete yang dipercaya baik untuk ibu menyusui.

    1. menambah nafsu makan
      Ibu menyusui perlu asupan nutrisi yang cukup, karena yang dibutuhkan bukan untuk dirinya saja tetapi untuk si Kecil melalu air susu ibu. Nah apabila Anda sedang tidak nafsu makan, cobain deh makan dengan pete, karena pete bisa menambah nafsu makan sehingga nutrisi Anda terpenuhi.
    2. Mencegah Anemia
      Manfaat pete untuk ibu menyusui yang selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Pete kaya akan zat besi, yang dipercaya efektif untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga mencegah anemia pada ibu yang menyusui. Apalagi ibu yang baru saja melahirkan pasti telah mengeluarkan banyak darah. Sebagai penggantinya selain tablet tambah darah bisa juga dengan memakan pete.
      Untuk mendapatkan manfaat dari pete dalam mencegah anemia,anda dapat mengonsumsi pete secara langsung atau menjadikan pete sebagai lalapan saat makan. Tetapi jika kalian tidak suka rasanya, kalian bisa merebus pete dan meminum air rebusan tersebut. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon dan madu untuk menghilangkan bau pete serta mendapatkan rasa manis pada madu.
    3. Mencegah Naiknya Tekanan Darah
      Selain mencegah anemia, manfaat pete selanjutnya yaitu dapat mencegah naiknya tekanan darah. Hal tersebut karena, pete memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium inilah yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah khususnya bagi ibu yang sedang menyusui. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Rajin mengonsumsi pete setiap harinya dipercaya dapat menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40%.
      Jika kalian tidak bisa memakan pete secara langsung, kalian dapat mengolah pete menjadi makanan dan minuman yang enak untuk dikonsumsi. Bila kalian pecinta pedas, maka wajib mencoba sambal dengan olahan pete. Seperti sambal ikan teri dengan pete atau sambal cumi asin dengan pete. Untuk minuman kalian bisa mengolah pete menjadi jus atau air rebusan, kalian juga dapat menambahkan madu atau perasan jeruk lemon pada minuman tersebut.
    4. Mengatasi Depresi dan Membuat Rileks
      Manfaat pete untuk ibu menyusui selanjutnya adalah mengatasi depresi. Bila kalian adalah ibu muda yang belum terbiasa dengan tangisan bayi di tengah malam, atau sering terjaga dan kurang tidur bisa menjadi awal terjadinya stress loh. Pete mempunyai kandungan triptofan yang mampu berubah saat di dalam tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dan banyak juga yang mempercayai bahwa aroma dari pete mampu mengembalikan nafsu makan.
      Kalian dapat mengolah pete menjadi kerupuk yang renyah dan tidak berbau, bila kalian tidak terlalu suka dengan baunya. Pertama yang harus kalian lakukan adalah menghaluskan pete bersama dengan kunyit dan bawang putih, hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau pada pete. Jika ketiga bahan sudah tercampur rata, selanjutnya tambahkan gula, garam dan air secukupnya dan aduk kembali. Selanjutnya tambahkan tepung kanji dan aduk kembali sampai semua tercampur.
      Jika sudah, masukkan bahan yang sudah tercampur ke dalam wadah atau plastik lalu kukus hingga matang. Setelah matang, dinginkan adonan dan potong tipis setelahnya. Jemur adonan yang telah dipotong tipis selama seharian, dan goreng dengan minyak panas. Kerupuk pete siap untuk dikonsumsi.
    5. Memulihkan Kerja Usus dan Mengatasi Sembelit
      Manfaat pete bagi ibu menyusui selanjutnya adalah mengatasi sembelit dan memulihkan kerja usus. Pete merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber serat yang baik. Dengan memenuhi kebutuhan serat maka akan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.
      Selain itu dengan mengonsumsi makanan kaya akan serat dapat membuat kalian kenyang lebih lama. Kita tahu bahwa bila ibu sedang menyusui, sumber makanan dari dalam tubuh akan terbagi menjadi nutrisi untuk diri sendiri dan juga asi. Dengan mengonsumsi pete kita dapat memberikan serat yang lebih pada tubuh. Dan kita juga dapat menghindari dari makan berlebih yang membuat usus bekerja ekstra.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 4, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Makanan sehat untuk ibu hamil trimester 1

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi
    Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

    Kehamilan

  • Oleh : Yoga Hendrawan
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok . Istri saya mengalami keputihan agak banyak setelah 3 hari berhubungan , apakah itu menandakan kehamilan dok ? Terimakasih

  • Oleh : Yoga Hendrawan
  • Apakah wajar usia kehamilan 4w belum terlihat kantung janin?

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • 1 bulan yang lalu

    Malam.. saya mau tanya. HPHT saya tgl 19 mei dengan siklus yg tidak teratur dan panjang. Ketika tgl 19 juni saya keluar bercak darah saya kira haid. Tanggal 20 nya pun sama keluar bercak darah sedikit. Tapi ketika tgl 21 bercak darah hilang total dan saya coba tespack hasilnya positif tgl 23 juni saya usg transvaginal dan dokter bilang bahwa kantung janin belum terlihat, dokter bilang ada cairan diluar rahim dan saya divonis hamil diluar kandungan. Padahal saya tdk ada nyeri perut sama sekali dan keluar bercak darah pun hanya tgl 19 dan 20 juni saja.

    Yang mau saya tanyakan apakah benar cairan diluar rahim itu sudah pasti hamil diluar kandungan? Dan apakah siklus haid yang tdk teratur dan panjang mempengaruhi usia kehamilan sehingga kantung janin belum terlihat pada saat itu? Terimakasih

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • Konsultasi

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan, jika haid saya tanggal nya tdk teratur, dan ketika cek sperma suami sy ternyata oligoasthenoteratozoospermia (oat), apakah sy dan suami masih bisa memiliki momongan dg cara promil alami??

    Tanya Bidan