×

Posisi Menyusui Yang Membahayakan Dan Harus Dihindari

Bagikan Artikel :

Posisi Menyusui Yang Membahayakan Dan Harus Dihindari

Tahukah bunda bahwa menyusui bukanlah sekedar memberikan susu. Menyusui adalah salah satu upaya mempersiapkan anak sejak dini menjadi anak yang sehat dan cerdas.
Banyak bunda yang berjuang sekuat mungkin agar dapat memberikan ASI hingga usia 2 tahun. Sehingga bunda banyak belajar dan mempersiapkan pemberian ASI pada saat sebelum bayi lahir, salah satunya yaitu posisi menyusui.

Salah satu posisi yang benar adalah laid-back position, cradle hold, cross cradle hold, side-lying dan football hold atau clutch hold. Selain mempelajari posisi menyusui yang benar, bunda juga harus memperhatikan posisi menyusui yang harus dihindari karena posisi yang salah bisa menyebabkan kembung dan kolik. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Posisi menyusui yang perlu dihindari

    1. Posisi membungkuk di atas bayi
      Saat menyusui, Bunda tentu akan menemui berbagai kesulitan sehingga melakukan berbagai posisi untuk memasukkan payudara ke dalam mulut si kecil. Namun, jangan pernah lakukan posisi ini ya, Bunda.
    2. Tubuh dan kepala bayi menghadap ke arah yang berbeda
      Kepala bayi yang menghadap ke payudara dengan tubuh menghadap ke arah yang berbeda akan membuat si kecil kesulitan untuk menelan ASI.
    3. Tubuh bayi terlalu jauh dari payudara
      Hal ini bisa berpotensi Si Kecil kesulitan menyusu dan tidak mendapatkan ASI.

    Tanda perlekatan ibu dan bayi yang benar

    1. Dagu bayi menyentuh payudara ibu
    2. Bibir bawah bayi terpuntir keluar
    3. Mulut bayi terbuka lebar
    4. Areola bawah lebih banyak masuk ke mulut bayi dibanding areola bagian atas
    5. Hisapan bayi pelan, berirama, dan stabil
    6. Pipi bayi menggembung.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 8, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi sakit dan tidak teratur

  • Oleh : Siska Damayanti
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

    Ibu hamil

  • Oleh : Feri Hariadi
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok…saya hamil 6 bulan sering nyeri kemaluan ada bengkaknya juga.kata bidan saya di desa saya juga ada varises bagiman a cara mengatasinya apakah saya juga bisa lahir normal

  • Oleh : Feri Hariadi
  • Seputar kehamilan

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok,og di trimester prtama anehnya jarang mual”(morning sickness),knp ya dok?

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Tanya Bidan