×

Manfaat Telur Untuk MPASI Si Kecil

Bagikan Artikel :

Manfaat Telur Untuk MPASI Si Kecil

Usia keemasan anak perlunya nutrisi dan stimulasi. Salah satu nutrisi yang m udah dijangkau tapi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak adalah telur. Telur ini adalah makanan yang bisa dijadikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang bergizi. Lalu apa saja nih kadungan yang ada pada telur?

Selain menjadi sumber protein yang baik, sebutir telur juga mengandung tiga belas mineral penting, seperti tembaga, seng, selenium, kalsium, zat besi, kolesterol, lemak, asam lemak, vitamin D, vitamin B12, vitamin E, kolin dan folat. Semua nutrisi tersebut penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Itu sebabnya, telur bisa menjadi pilihan yang baik sebagai makanan pendamping ASI untuk Si Kecil.

Manfaat Telur Sebagai MPASI Untuk Si Kecil

  1. Baik untuk Pencernaan dan Sistem Kekebalan Tubuh
    Telur kaya kandungan mineral, seperti kalsium, selenium dan seng. Nutrisi tersebut dapat membantu menciptakan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, di dalam tubuh bayi, masih terjadi produksi sel yang signifikan dan telur yang kaya folat mampu menunjang proses regenerasi sel tersebut. Sebagai MPASI untuk Si Kecil, telur, terutama kuningnya juga mudah untuk dimakan dan dicerna oleh bayi.
  2. Mendukung Perkembangan Otak
    Kuning telur mengandung kolin dan kolesterol yang telah dikaitkan dengan perkembangan otak bayi. Kolesterol membantu dalam pencernaan lemak dan mendukung pembentukan hormon pada tubuh bayi. Sementara itu, kolin bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat anak.
  3. Mendukung Kesehatan Jantung
    Telur mengandung omega 3. Omega 3 memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh bayi salah satunya mendukung kesehatan jantung serta pembuluh darah dalam tubuh.
  4. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
    Pada usia satu hingga tiga tahun, biasanya bayi sedang aktif bergerak. Oleh sebab itu, perlu mendukung kesehatan tubuhnya dengan memberi sajian telur yang tinggi akan kandungan Asam Folat. Asam Folat dapat membantu pembentukan sel darah merah, sehingga tubuh bayi selalu kuat dan terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah.
  5. Pertumbuhan Tulang yang Optimal
    kandungan vitamin D didalam telur sangat berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Di samping itu, vitamin D juga berfungsi untuk sistem saraf dan otot bayi.
  6. Meningkatkan Imunitas Tubuh
    Manfaat telur bagi bayi lainnya adalah untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh karena di dalam telur terdapat kandungan zinc dan selenium. Kedua mineral tersebut akan melindungi bayi dari serangan bakteri, virus, serta kuman penyebab penyakit. Risiko bayi terserang penyakit pun lebih kecil dan ia akan lebih sering sehat.
  7. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit
    Telur juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang artinya dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit bayi. Ia akan memiliki penglihatan yang jernih serta kulit yang halus, lembut, dan lembap. Selain itu, kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.
  8. Meningkatkan Fungsi Hati
    Manfaat telur yang terakhir adalah untuk meningkatkan fungsi hati. Hal ini berkat kandungan sulfur dalam telur membantu penyerapan vitamin B12 yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi hati. Sulfur diketahui juga bermanfaat untuk menghasilkan kolagen dan keratin yang bantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan kuku bayi.
    Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat telur untuk bayi di atas, ibu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengolah telur yang baik

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 28, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • Tanya dokter

  • Oleh : Taufik Hidayat
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Mau tanya dok. Anak bayi saya kok ada bintik putih itu kenapa ya dok..

  • Oleh : Taufik Hidayat
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    anak sering mengalami cegukan

  • Oleh : Dewi Isma
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    hai bidan, bebera hari ini anak saya yang berusia 3 tahun sering mengalami cegukan pada saat sore hari, amankah dok kondisi seperti ini ?

    Tanya Bidan