×

Resep MPASI Untuk Bayi Yang Sedang Tumbuh Gigi

Bagikan Artikel :

Resep MPASI Untuk Bayi Yang Sedang Tumbuh Gigi

Saat si Kecil tumbuh gigi, ada beberapa kemungkinan yang terjadi seperti misalnya demam, rewel, gusi bengkak dan sulit makan. Nah diantara tersebut yang sering membuat para Bunda khawatir adalah ketika si Kecil tidak mau makan. Padahal nutrisi yang dibutuhkan si Kecil sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu kali ini Bidan Citra akan share beberapa makanan khusus untuk si Kecil yang sedang tumbuh gigi. Sehingga meskipun si kecil tumbuh gigi, ia tetap mau makan dan nutrisinya akan tetap terpenuhi. Simak di bawah ini yah Bun!

Tips Memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) Saat Bayi Tumbuh Gigi

  1. Makanan bayi yang dihaluskan
    Memberikan makanan yang dihaluskan bisa membuat bayi lebih nyaman, karena tidak harus bersusah payah mengunyahnya, apalagi bila ada makanan bertekstur atau agak keras.
  2. Makanan dingin
    Jika bayi Anda sudah menikmati makanan padat, memasukkannya ke dalam lemari es sebelum disajikan dapat membantu meredakan sakit gusi.
  3. Makanan lunak
    Yoghurt tanpa rasa, bubur daging, sayuran tumbuk, dan buah adalah pilihan yang baik karena bayi Anda tidak perlu mengunyahnya.
  4. Buah-buahan, sayuran, atau ASI beku dalam wadah jarring
    Isi piring bayi dengan buah beku (seperti pisang dan persik) atau bubur sayuran beku (seperti brokoli dan wortel) untuk menenangkan gusi sensitif bayi. Anda juga bisa membekukan ASI di nampan es batu dan meletakkan kubus beku di mesh feeder. Ini adalah pilihan yang bagus jika bayi Anda belum makan makanan padat
  5. Alternatif makanan asin dan manis saat tumbuh gigi
    Tumbuh gigi tidak hanya menyebabkan si kecil makan lebih sedikit, tetapi juga menyebabkan dia menginginkan makanan manis dan asin yang mudah dimakan. Meskipun isapan, biskuit, dan kerupuk ukuran sekali gigit mungkin lebih mudah ditangani oleh balita Anda, mereka sarat dengan tambahan gula dan garam yang tidak dia butuhkan.
  6. Makanan keras
    Beberapa bayi merasa lega saat mengunyah makanan keras. Sebab, bisa memberi tekanan pada gusinya saat makan. Seperti makanan beku, kita juga bisa mencoba membuat biskuit teething buatan sendiri.
  7. Alternatif makanan yang sering dimakan Bunda
    Yogurt plain Keju cottage, Telur orak-arik, Hummus (makanan seperti bubur yang bahannya dari kacang Arab), Saus apel, Buah tumbuk atau empuk,seperti pisang Sereal, gandum panggang, Potongan roti panggang dari gandum utuh, Kacang polong atau timun yang diiris tipis.

Resep MPASI Untuk Bayi Yang Sedang Tumbuh Gigi

Buah Pir Kukus
Bahan-bahan Untuk 2 Prsi

  1. 1/2 buah pir
  2. 3 sdm bubur instant sun rasa jeruk apel pisang
  3. 20 gr keju batang
  4. 1 butir telur ayam kampung
  5. 1 sdt mentega
  6. 50-60 ml air matang
    Langkah
  7. Siapkan seluruh bahan-bahan dan Potong buah pir menjadi kecil-kecil & parut keju batang. Kalau mau tekstur lebih lembut pir bisa di parut ya Bun. Bubur instantnya bisa diganti bubur rasa manis lain, seperti pisang / labu madu. Telur bisa diganti telur biasa & mentega bisa diganti margarin ya.
  8. Campurkan seluruh adonan ke dalam satu mangkuk.
  9. Aduk seluruh adonan sampai tercampur rata.
  10. Masukkan ke dalam aluminium foil. Kemudian kukus sekitar 20 menit. Tutup kukusan dilapisi kain agar air tidak menetes.
  11. Setelah 20 menit, angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah itu masukkan ke kulkas. Sajikan dingin. Bayi yang sedang tumbuh gigi akan merasa rileks pada gusi yang bengkak

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 29, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Telat haid

  • Oleh : Lina Widyaningsih
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum bunda, mau tanya kalo telat haid hampir 2bln tp di tespek hasilnya kok negatif ya bun..
    Sblm nya juga tdk teratur masa haid nya

    ragu dengan kehamilan

  • Oleh : cassandralamar9
  • 4 tahun yang lalu

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Telat menstruasi

  • Oleh : Sulis Setyawati
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya saya kn gk pernah telat menstruasi.tapi bulan ini saya gk menstruasi sama sekali..dan saya tes kok hasilnya garis satu

    Kehamilan

  • Oleh : Laurencia
  • 3 hari, 12 jam yang lalu

    malam saya ingin bertanya apakah pada saat pertama kali berhubungan intim tetapi keluar diluar dan mr.p tidak seluruhnya masuk akan tetap memiliki resiko kehamilan ? dan apakah sperma yang menempel pada mulut vagina juga bisa masuk sendiri kedalam vagina ? lalu apakah resiko hamil cukup besar ? Terimakasih

  • Oleh : Laurencia
  • Tanya Bidan