×

Ubi Ungu Cocok Dijadikan MPASI

Bagikan Artikel :

Ubi Ungu Cocok Dijadikan MPASI

Salah satu karbohidrat yang bisa digunakan untuk MPASI selain beras dan jagung adalah ubi. Di antara berbagai jenis ubi jalar, ubi kuning mungkin yang paling umum dijadikan MPASI untuk bayi. Namun, ubi ungu ternyata tidak kalah unggul dibandingkan ubi kuning. Ubi ungu adalah salah satu sumber karbohidrat yang punya banyak nutrisi, sehingga makanan tersebut dianggap menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi.

Related Posts :

    Apa Sih Manfaat Ubi Ungu Pada Bayi?

    1. Mengatasi Sembelit
      Ubi ungu kaya selulosa yang meningkatkan gerakan peristaltik usus. Kandungan tersebut juga membersihkan zat racun dalam tubuh manusia, mengeluarkannya dari tubuh dan menjaga agar buang air besar tidak terhalang. Selain itu, kandungan antosianin yang tinggi dalam ubi ungu juga bermanfaat memperkenalkan antimikroba yang membantu membersihkan bakteri dalam usus yang tidak bersahabat. Itulah mengapa ubi ungu dapat mencegah sembelit secara efektif, sehingga Si Kecil dapat buang air besar dengan lancar.
    2. Meningkatkan Kekebalan
      Ubi ungu juga kaya mineral dan musin yang dapat mengurangi disfungsi tubuh manusia, mengeluarkan racun dari tubuh manusia dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan memberikan ubi ungu, ibu bisa meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.
    3. Baik untuk Kesehatan Mata
      Antosianin adalah antioksidan yang dapat berkontribusi pada sintesis dan regenerasi retina dan retinoid. Kandungan ini banyak ditemukan pada ubi ungu yang bermanfaat untuk perkembangan kesehatan mata bayi.
      Antosianin juga adalah kandungan yang berperan dalam memberi warna cerah dan menarik pada umbi-umbian, sehingga menarik di mata Si Kecil dan membangkitkan rasa ingin tahunya. Fakta menariknya, antosianin adalah antioksidan yang sama yang memberi warna pada blueberry, kismis, dan anggur ungu.
    4. Anti Kanker
      Ubi ungu kaya akan selenium, unsur mikro yang mudah diserap dalam tubuh bayi. Kandungan ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif, sehingga mencegah kanker pada bayi. Perlu diketahui bahwa akhir-akhir ini kanker tidak hanya tumbuh pada orang dewasa dan lansia. Kanker juga sering di alami oleh bayi.

    Ubi Ungu Aman untuk Bayi

    Ubi ungu juga aman untuk dikonsumsi bayi bila dikupas, dipotong kecil-kecil, dan dimasak sampai lunak. Selain itu, meskipun reaksi alergi bisa disebabkan oleh makanan apa pun, ubi ungu sangat jarang menyebabkan alergi. Namun, ibu dianjurkan untuk tetap memperhatikan bayi saat mencoba memberi makanan baru pada nya untuk memantau reaksi alergi.

    Cara Mengolah Ubi Ungu Menjadi MPASI

    1. Puree Ubi Ungu
      Ibu bisa membuat puree ubi ungu dengan cara mencampurkan 3 sendok makan ASI ke dalam ubi ungu yang sudah direbus atau dikukus dan dihaluskan.
    2. Camilan Ubi Ungu
      Bagi bayi yang sudah lebih besar, ibu bisa membuatkan camilan ubi ungu. Caranya dengan memotong-motong ubi ungu yang sudah dikukus menjadi berbagai macam bentuk, sehingga Si Kecil lebih tertarik untuk memakannya.
    3. Bubur bayi dengan menu utama
      Nah ubi ungu ini sebagai pengganti jagung atau beras pada karbohidrat. Karena menu utama harus mengandung empat nutrisi yaitu karbohidrat, protein, lemak dan sayur sedikit saja. Maka ubi ungu ini cocok sekali dijadikan bubur bayi dengan tambahan protein dan lemak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    siklus haid

  • Oleh : liya
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    apa pengaruh dari ibu hamil yang sering buang-buang air (maaf) mencret?

  • Oleh : Via
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

    Miss v

  • Oleh : Nur Nhur ani rumatumia
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum. Wr. Wb

    Selamat soreh bu bidan,
    Saya mau tanya kenapa saat saya kencin kemaluan saya sakit sekali, dan itu sudah berminggu-minggu lamanya

    Di tambah lagi perih di dalam lubang kemaluan saya dan takkunjung hilang,
    Kenapa ya bidan??

  • Oleh : Nur Nhur ani rumatumia
  • Kehamilan

  • Oleh : Putri anggreani
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf saya mau tanya ni 1 minggu yg lalu saya test pack hasil nya positif garis 2 , terus gejala yg saya alami itu mual muntah, kram perut atau sakit seperti menusuk², kdang saya sering sakit perut mules seperti ingin bab tetapi tidak bab bu, pertanyaan saya apakah itu normal bu?

  • Oleh : Putri anggreani
  • Bayi tidak mau menyusui

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Malem bu.sya mau tanya,soal anak sya yang gk mau mnyusu.sya kemaren hri mggu habis kecelakaan spda motor trus periksa ke rs dkasih obat.stelah it anak sya mnum asi sya ya mau tp bru dikenyut trus dilepas nangis,dikenyut lg lepas lg nangis lg.sampe brulang kali.yang sya tnyakan knpa ya smenjak sya jtuh dan konsumsi obat anak sya spt gk mau mnyusui?

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • Tanya Bidan