×

Ubi Ungu Cocok Dijadikan MPASI

Bagikan Artikel :

Ubi Ungu Cocok Dijadikan MPASI

Salah satu karbohidrat yang bisa digunakan untuk MPASI selain beras dan jagung adalah ubi. Di antara berbagai jenis ubi jalar, ubi kuning mungkin yang paling umum dijadikan MPASI untuk bayi. Namun, ubi ungu ternyata tidak kalah unggul dibandingkan ubi kuning. Ubi ungu adalah salah satu sumber karbohidrat yang punya banyak nutrisi, sehingga makanan tersebut dianggap menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi.

Related Posts :

    Apa Sih Manfaat Ubi Ungu Pada Bayi?

    1. Mengatasi Sembelit
      Ubi ungu kaya selulosa yang meningkatkan gerakan peristaltik usus. Kandungan tersebut juga membersihkan zat racun dalam tubuh manusia, mengeluarkannya dari tubuh dan menjaga agar buang air besar tidak terhalang. Selain itu, kandungan antosianin yang tinggi dalam ubi ungu juga bermanfaat memperkenalkan antimikroba yang membantu membersihkan bakteri dalam usus yang tidak bersahabat. Itulah mengapa ubi ungu dapat mencegah sembelit secara efektif, sehingga Si Kecil dapat buang air besar dengan lancar.
    2. Meningkatkan Kekebalan
      Ubi ungu juga kaya mineral dan musin yang dapat mengurangi disfungsi tubuh manusia, mengeluarkan racun dari tubuh manusia dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan memberikan ubi ungu, ibu bisa meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.
    3. Baik untuk Kesehatan Mata
      Antosianin adalah antioksidan yang dapat berkontribusi pada sintesis dan regenerasi retina dan retinoid. Kandungan ini banyak ditemukan pada ubi ungu yang bermanfaat untuk perkembangan kesehatan mata bayi.
      Antosianin juga adalah kandungan yang berperan dalam memberi warna cerah dan menarik pada umbi-umbian, sehingga menarik di mata Si Kecil dan membangkitkan rasa ingin tahunya. Fakta menariknya, antosianin adalah antioksidan yang sama yang memberi warna pada blueberry, kismis, dan anggur ungu.
    4. Anti Kanker
      Ubi ungu kaya akan selenium, unsur mikro yang mudah diserap dalam tubuh bayi. Kandungan ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif, sehingga mencegah kanker pada bayi. Perlu diketahui bahwa akhir-akhir ini kanker tidak hanya tumbuh pada orang dewasa dan lansia. Kanker juga sering di alami oleh bayi.

    Ubi Ungu Aman untuk Bayi

    Ubi ungu juga aman untuk dikonsumsi bayi bila dikupas, dipotong kecil-kecil, dan dimasak sampai lunak. Selain itu, meskipun reaksi alergi bisa disebabkan oleh makanan apa pun, ubi ungu sangat jarang menyebabkan alergi. Namun, ibu dianjurkan untuk tetap memperhatikan bayi saat mencoba memberi makanan baru pada nya untuk memantau reaksi alergi.

    Cara Mengolah Ubi Ungu Menjadi MPASI

    1. Puree Ubi Ungu
      Ibu bisa membuat puree ubi ungu dengan cara mencampurkan 3 sendok makan ASI ke dalam ubi ungu yang sudah direbus atau dikukus dan dihaluskan.
    2. Camilan Ubi Ungu
      Bagi bayi yang sudah lebih besar, ibu bisa membuatkan camilan ubi ungu. Caranya dengan memotong-motong ubi ungu yang sudah dikukus menjadi berbagai macam bentuk, sehingga Si Kecil lebih tertarik untuk memakannya.
    3. Bubur bayi dengan menu utama
      Nah ubi ungu ini sebagai pengganti jagung atau beras pada karbohidrat. Karena menu utama harus mengandung empat nutrisi yaitu karbohidrat, protein, lemak dan sayur sedikit saja. Maka ubi ungu ini cocok sekali dijadikan bubur bayi dengan tambahan protein dan lemak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Galau tanda Hamil atau akan Haid

  • Oleh : Ovi Oktav
  • 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu bid, saya ada tanda-tanda seperti badan hangat, setiap malam mau tidur dan pagi setelah bangun tidur badan panas, sering buang air kecil, payudara nyeri, sering mengantuk, setelah menyapu saja kelelahan, ada keputihan tapi tidak berlebihan, tapi saya masih seminggu lagi jadwal haidnya, saya berhubungan sama suami pada masa mendekati subur dan waktu masa subur, tanda-tanda itu saya rasakan setelah 5 hari berhubungan di masa subur, itu pertanda hamil atau bukan ya bu bid ? Saya tunggu jawabannya, terima kasih.

    sering mual muntah di pagi hari

  • Oleh : chairia
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Bagaimana cara membangun karakter anak lebih mandiri

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    cara gunakan pil kb

  • Oleh : siti siti
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya punya sodara nih dia ngga mau hamil dulu apa boleh setelah berhubungan intim minum pil kb?berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Haid tidak normal

  • Oleh : Elva Elva
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya haid hari pertama lancar, pada hari k-2 dan hari k-3 mens darah berubah menjadi bergumpal dan nyeri pada miss v ny dok, apakah berbahaya? Dan penyebab nya apa ya dok,?…

  • Oleh : Elva Elva
  • Tanya Bidan