×

Cara Aman Bersin Dan Batuk Setelah Operasi Caesar

Bagikan Artikel :

Cara Aman Bersin Dan Batuk Setelah Operasi Caesar

Setelah operasi Caesar, Bunda biasanya kesulitan untuk batuk, bersin, menangis dan ketawa. Ketika batuk atau bersin tidak terkendali Bunda akan merasakan nyeri di daerah luka jahitan. Nah rasa nyeri saat batuk, bersin dan ketawa ini akan menghilang sekitar 3-10 hari pasca operasi Caesar.

Aman Gak Sih Nyeri Saat Batuk Dan Bersin?

Nyeri di bekas luka operasi, terutama saat bersin dan batuk, bila intensitasnya ringan saja, dan tanpa disertai keluhan lain, umumnya tidak berbahaya. Nyeri ini timbul akibat peningkatan tekanan intraabdomen yang menyebabkan regangan pada kulit bekas operasi. Nyeri umumnya akan membaik dengan pola hidup yang sehat dan perawatan yang baik.

Yang perlu Anda waspadai adalah, jika nyeri yang terasa sangat hebat, atau disertai keluhan lain, misalnya bekas luka yang membengkak, kemerahan, atau mengeluarkan cairan dan darah abnormal. Pada kondisi ini, kemungkinan nyeri timbul akibat infeksi pada bekas luka.

Related Posts :

    Cara Batuk Dan Bersin Aman

    1. Selalu tahan perut dengan kedua tangan atau bantal di bagian luka sayatan operasi, saat akan terjadi gerakan spontan seperti batuk, tertawa dan bersin.
    2. Untuk mencegah tertawa hindari bercanda/guyonan bersama kerabat atau keluarga
    3. Untuk mencegah bersin, usahakan tempat Anda bersih tanpa debu
    4. Ketika hendak mau bersin, tutup rapat hidung dengan menggunakan jari telunjung dan jempol
    5. Tarik napas dalam-dalam saat terasa akan batuk, agar batuk mereda.
    6. Jika batuk tidak terkendali, bungkukkan badan
    7. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan obat jika batuk mengkhawatirkan.
    8. Hindari juga rasa stres dan sedih sampai akhirnya menangis (apa pun alasannya), karena menangis itu bisa membuat bekas jahitan juga terasa sakit.
    9. Selain itu sebaiknya ibu pasca operasi caesar makan makanan yang banyak mengandung serat untuk mencegah konstipasi, sehingga ketika BAB tidak membuat bekas luka jahitan terasa nyeri karena mengejan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 1, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

    Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • ragu dengan kehamilan

  • Oleh : cassandralamar9
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Program Hamil

  • Oleh : Fajar
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Tanya Bidan