Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Persalinan Secara Caesar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Melahirkan merupakan salah satu jenis hal yang memang di tunggu tunggu bagi setiap pasangan. Semua pasangan pasti ingin melakukan proses persalinan yang ideal yang di inginkan. Sebenarnya, ada beberapa jenis persalinan yang bisa berlangsung ini seperti jenis persalinan secara normal, di dalam ari, dan bahkan secara caesar. Ke tiga cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Setelah kemarin kita membahas tentang bahaya dan manfaat persalinan yang di lakukan di dalam air, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar.

    Berikut ini kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar, di antaranya adalah :


    Kelebihan Persalinan Secara Caesar

    • Menentukan Waktu Sendiri

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika kita melakukan persalinan dengan operasi sesar ini, kita bisa menentukan tanggal dengan sendirinya tanpa merasakan kontraksi berjam jam yang sering di rasakan oleh para ibu hamil lainnya yang melakukan persalinan secara normal.

    • Trauma Lebih Kecil

    Salah satu keuntungan lainnya yang di rasakan adalah trauma yang lebih kecil. Biasanya mereka yang melakukan persalinan secara caesar ini lebih kecil memiliki rasa takut atau trauma di bandingkan mereka yang melakukan proses persalinan secara normal, karena proses persalinan ini di sebutkan tidak begitu sakit.

    • Kehamilan Bisa Di Cegah

    Berbeda dengan wanita yang melakukan persalinan secara normal yang bisa hamil begitu saja, wanita yang melakukan proses persalinan ini justru di larang atau tidak di anjurkan hamil paling tidak 3 tahun setelah melakukan operasi. Hal ini di sarankan karena banyak hal yang bisa terjadi saat anda hamil kembali.

    • Resiko Bayi Terkena Infeksi Lebih Rendah

    Bayi yang di keluarkan secara caesar ini keluar dari bagian perut, sehingga dapat mencegah anak terkena infeksi penyakit menular pada sang ibu yang biasanya menular dari bagian vagina.

    Kekurangan Operasi Caesar

    • Resiko Komplikasi

    Akibat pembedahan yang di lakukan, anda akan bisa merasakan penyakit komplikasi yang terjadi akibat dari pembedahan yang di lakukan ini. Hal ini perlu di waspadai dan bahkan merupakan jenis hal yang bisa membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh.

    • Bayi Bisa Terkena Hipertensi Paru

    Penyakit yang satu ini bisa muncul dan datang kepada mereka para bayi yang di lahirkan secara caesar. Hal ini menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan yang jika di biarkan akan menimbulkan hal hal yang berbahaya bagi tubuh anda ini.

    • Resiko Operasi Caesar Kembali

    Biasanya, bagi mereka yang melahirkan secara caesar saat awal persalinan, hal ini bisa menimbulkan dan menyebabkan proses persalinan berikutnya pun bisa terkena operasi caesar pula. Banyak para orang tua yang merasakan akan hal yang satu ini. Mereka yang sejak anak pertama melahirkan secara caesar, maka anak berikutnya pun akan meeasakan operasi caesar pula.

    Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar. Hal ini merupakan jenis hal yang memang banyak di rasakan oleh mereka para orang tua yang melakukan persalinan dengan cara ini. Memang ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan, namun ada juga kekurangan yang bisa kita rasakan ketika kita melakukan proses persalinan dengan cara yang satu ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 2, 2016
    Diskusi Dari:
    ade

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    Alfiyah

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    erin dianawati

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Dijawab Oleh : erin dianawati
    Diskusi Dari:
    Karmila

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Dijawab Oleh : Karmila
    Diskusi Dari:
    Aryanto Id

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

    Perlu Jawaban