×

Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Persalinan Secara Caesar

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Melahirkan merupakan salah satu jenis hal yang memang di tunggu tunggu bagi setiap pasangan. Semua pasangan pasti ingin melakukan proses persalinan yang ideal yang di inginkan. Sebenarnya, ada beberapa jenis persalinan yang bisa berlangsung ini seperti jenis persalinan secara normal, di dalam ari, dan bahkan secara caesar. Ke tiga cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Setelah kemarin kita membahas tentang bahaya dan manfaat persalinan yang di lakukan di dalam air, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar, di antaranya adalah :


Kelebihan Persalinan Secara Caesar

  • Menentukan Waktu Sendiri

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika kita melakukan persalinan dengan operasi sesar ini, kita bisa menentukan tanggal dengan sendirinya tanpa merasakan kontraksi berjam jam yang sering di rasakan oleh para ibu hamil lainnya yang melakukan persalinan secara normal.

  • Trauma Lebih Kecil

Salah satu keuntungan lainnya yang di rasakan adalah trauma yang lebih kecil. Biasanya mereka yang melakukan persalinan secara caesar ini lebih kecil memiliki rasa takut atau trauma di bandingkan mereka yang melakukan proses persalinan secara normal, karena proses persalinan ini di sebutkan tidak begitu sakit.

Related Posts :
    • Kehamilan Bisa Di Cegah

    Berbeda dengan wanita yang melakukan persalinan secara normal yang bisa hamil begitu saja, wanita yang melakukan proses persalinan ini justru di larang atau tidak di anjurkan hamil paling tidak 3 tahun setelah melakukan operasi. Hal ini di sarankan karena banyak hal yang bisa terjadi saat anda hamil kembali.

    • Resiko Bayi Terkena Infeksi Lebih Rendah

    Bayi yang di keluarkan secara caesar ini keluar dari bagian perut, sehingga dapat mencegah anak terkena infeksi penyakit menular pada sang ibu yang biasanya menular dari bagian vagina.

    Kekurangan Operasi Caesar

    • Resiko Komplikasi

    Akibat pembedahan yang di lakukan, anda akan bisa merasakan penyakit komplikasi yang terjadi akibat dari pembedahan yang di lakukan ini. Hal ini perlu di waspadai dan bahkan merupakan jenis hal yang bisa membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh.

    • Bayi Bisa Terkena Hipertensi Paru

    Penyakit yang satu ini bisa muncul dan datang kepada mereka para bayi yang di lahirkan secara caesar. Hal ini menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan yang jika di biarkan akan menimbulkan hal hal yang berbahaya bagi tubuh anda ini.

    • Resiko Operasi Caesar Kembali

    Biasanya, bagi mereka yang melahirkan secara caesar saat awal persalinan, hal ini bisa menimbulkan dan menyebabkan proses persalinan berikutnya pun bisa terkena operasi caesar pula. Banyak para orang tua yang merasakan akan hal yang satu ini. Mereka yang sejak anak pertama melahirkan secara caesar, maka anak berikutnya pun akan meeasakan operasi caesar pula.

    Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar. Hal ini merupakan jenis hal yang memang banyak di rasakan oleh mereka para orang tua yang melakukan persalinan dengan cara ini. Memang ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan, namun ada juga kekurangan yang bisa kita rasakan ketika kita melakukan proses persalinan dengan cara yang satu ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 2, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Tangan Berkeringat Saat Pegang Hp

  • Oleh : Gomez
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

    MASALAH HAID

  • Oleh : devi nirvana
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    bu bidan sy haid teratur siklus 28 hari..
    tpi haidya cuma sedikit/bercak selama 3 hari..
    apahkah itu bagus buat promil..
    atau adakah yg perlu di minum..
    terimakasi bu bidan

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Tanya Bidan