Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Persalinan Secara Caesar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Melahirkan merupakan salah satu jenis hal yang memang di tunggu tunggu bagi setiap pasangan. Semua pasangan pasti ingin melakukan proses persalinan yang ideal yang di inginkan. Sebenarnya, ada beberapa jenis persalinan yang bisa berlangsung ini seperti jenis persalinan secara normal, di dalam ari, dan bahkan secara caesar. Ke tiga cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Setelah kemarin kita membahas tentang bahaya dan manfaat persalinan yang di lakukan di dalam air, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar.

    Berikut ini kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar, di antaranya adalah :


    Kelebihan Persalinan Secara Caesar

    • Menentukan Waktu Sendiri

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika kita melakukan persalinan dengan operasi sesar ini, kita bisa menentukan tanggal dengan sendirinya tanpa merasakan kontraksi berjam jam yang sering di rasakan oleh para ibu hamil lainnya yang melakukan persalinan secara normal.

    • Trauma Lebih Kecil

    Salah satu keuntungan lainnya yang di rasakan adalah trauma yang lebih kecil. Biasanya mereka yang melakukan persalinan secara caesar ini lebih kecil memiliki rasa takut atau trauma di bandingkan mereka yang melakukan proses persalinan secara normal, karena proses persalinan ini di sebutkan tidak begitu sakit.

    • Kehamilan Bisa Di Cegah

    Berbeda dengan wanita yang melakukan persalinan secara normal yang bisa hamil begitu saja, wanita yang melakukan proses persalinan ini justru di larang atau tidak di anjurkan hamil paling tidak 3 tahun setelah melakukan operasi. Hal ini di sarankan karena banyak hal yang bisa terjadi saat anda hamil kembali.

    • Resiko Bayi Terkena Infeksi Lebih Rendah

    Bayi yang di keluarkan secara caesar ini keluar dari bagian perut, sehingga dapat mencegah anak terkena infeksi penyakit menular pada sang ibu yang biasanya menular dari bagian vagina.

    Kekurangan Operasi Caesar

    • Resiko Komplikasi

    Akibat pembedahan yang di lakukan, anda akan bisa merasakan penyakit komplikasi yang terjadi akibat dari pembedahan yang di lakukan ini. Hal ini perlu di waspadai dan bahkan merupakan jenis hal yang bisa membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh.

    • Bayi Bisa Terkena Hipertensi Paru

    Penyakit yang satu ini bisa muncul dan datang kepada mereka para bayi yang di lahirkan secara caesar. Hal ini menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan yang jika di biarkan akan menimbulkan hal hal yang berbahaya bagi tubuh anda ini.

    • Resiko Operasi Caesar Kembali

    Biasanya, bagi mereka yang melahirkan secara caesar saat awal persalinan, hal ini bisa menimbulkan dan menyebabkan proses persalinan berikutnya pun bisa terkena operasi caesar pula. Banyak para orang tua yang merasakan akan hal yang satu ini. Mereka yang sejak anak pertama melahirkan secara caesar, maka anak berikutnya pun akan meeasakan operasi caesar pula.

    Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar. Hal ini merupakan jenis hal yang memang banyak di rasakan oleh mereka para orang tua yang melakukan persalinan dengan cara ini. Memang ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan, namun ada juga kekurangan yang bisa kita rasakan ketika kita melakukan proses persalinan dengan cara yang satu ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 2, 2016
    Diskusi Dari:
    Hani fahrunnisa

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Dijawab Oleh : Hani fahrunnisa
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aolia SucCie Priyatna

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    Indri Ekawaty

    Salamualikum
    Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

    Dijawab Oleh : Indri Ekawaty