×

Ayo Kenalkan Buku Sejak Bayi!

Bagikan Artikel :

Ayo Kenalkan Buku Sejak Bayi!

Selain menstimulasi si Kecil dengan beberapa mainan, Bunda juga bisa memberikannya buku untuk membangun kemampuan literasinya. Buku bisa diberikan kepada si Kecil sejak bayi lho Bun. Bayi mulai akrab dengan konsep buku seperti desain, bentuk, warna, dan tekstur. Bayi juga akrab dengan konsep umum isi buku, ada awal dan akhir cerita.

Related Posts :

    Jenis Buku Yang Cocok Untuk Bayi

    Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan ketika memilih buku untuk bayi, yakni bernarasi sederhana agar bayi dengan mudah menunjuk nama satu demi satu. Ilustrasinya tidak ramai. Objek yang satu dengan yang lain, bisa dibedakan dan dikenali dengan mudah oleh bayi. Sedangkan bukunya dalam format tidak mudah robek..

    Tahapan-tahapan Buku Sesuai Usia Bayi

    1. Usia 0-6 bulan
      Di usia ini bayi senang mendengar suara yang paling familiar baginya sejak dalam kandungan, yakni suara ibunya. Apapun yang Anda bacakan, entah itu buku cerita, bahkan laporan perjalanan, tak jadi masalah, sejauh ia bisa mendengar suara ibunya. Jadi, mainkan suara Anda dan coba beragam nada pada saat membaca karena akan merangsang indera pendengarannya. Di usia 4 bulan, bayi akan mulai menunjukkan minat terhadap buku dan mulai ‘bereksperimen’ dengan cara menggigit atau meremasnya. Pilih buku dari bahan yang empuk, ringan, berukuran tak terlalu besar, serta bebas ujung yang tajam. Lebih baik jika pilih buku terbuat dari bahan antibasah dan antisobek sehingga lebih awet dipakai.
    2. 6-12 bulan
      Memasuki bulan enam bukan bayi akan mulai tertarik melihat dan ‘menerawang’ isi buku, meski periode tumbuh gigi kerap membuatnya gatal untuk ‘mengunyah’ buku yang Anda sodorkan. Jangan menyerah, Bun! Tetap promosikan halaman demi halaman buku dengan cara menunjuk gambar-gambar dan bercerita padanya. Jika ia berusia lebih dari 8 bulan, ajak ia menggunakan tangannya untuk membuka halaman buku.
    3. Usia 12-18 bulan
      Di usia ini, bayi sudah bisa membolak balik halaman buku, menunjuk dan menyebutkan nama-nama benda yang familiar. Ia bahkan sudah mulai bisa memahami cerita sederhana. Berikan buku-buku bertekstur dan memiliki aktivitas yang merangsang indera penglihatan, peraba dan pendengarannya.

    Manfaat Buku Pada Bayi

    1. Mengajarkan bayi tentang komunikasi;
    2. Memperkenalkan konsep-konsep seperti angka, huruf, warna, dan bentuk dengan cara yang menyenangkan;
    3. Membangun keterampilan mendengarkan, ingatan, dan kosa kata;
    4. Memberikan bayi informasi tentang dunia di sekitar mereka.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Vagina dan Selangkangan Sering Sakit

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang Bu..
    Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

    Kehamilan

  • Oleh : Suci Satwari
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok,saya suci mau nanyak,
    Semenjak nikah udh 1,5 tahun saya haid sebulan 2x.
    D USG kata dokter hormon.
    Saya pengen punya momongan.
    Apakah bahaya haid sebulan 2x dok

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Tanya Bidan