×

Ayo Kenalkan Buku Sejak Bayi!

Bagikan Artikel :

Ayo Kenalkan Buku Sejak Bayi!

Selain menstimulasi si Kecil dengan beberapa mainan, Bunda juga bisa memberikannya buku untuk membangun kemampuan literasinya. Buku bisa diberikan kepada si Kecil sejak bayi lho Bun. Bayi mulai akrab dengan konsep buku seperti desain, bentuk, warna, dan tekstur. Bayi juga akrab dengan konsep umum isi buku, ada awal dan akhir cerita.

Related Posts :

    Jenis Buku Yang Cocok Untuk Bayi

    Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan ketika memilih buku untuk bayi, yakni bernarasi sederhana agar bayi dengan mudah menunjuk nama satu demi satu. Ilustrasinya tidak ramai. Objek yang satu dengan yang lain, bisa dibedakan dan dikenali dengan mudah oleh bayi. Sedangkan bukunya dalam format tidak mudah robek..

    Tahapan-tahapan Buku Sesuai Usia Bayi

    1. Usia 0-6 bulan
      Di usia ini bayi senang mendengar suara yang paling familiar baginya sejak dalam kandungan, yakni suara ibunya. Apapun yang Anda bacakan, entah itu buku cerita, bahkan laporan perjalanan, tak jadi masalah, sejauh ia bisa mendengar suara ibunya. Jadi, mainkan suara Anda dan coba beragam nada pada saat membaca karena akan merangsang indera pendengarannya. Di usia 4 bulan, bayi akan mulai menunjukkan minat terhadap buku dan mulai ‘bereksperimen’ dengan cara menggigit atau meremasnya. Pilih buku dari bahan yang empuk, ringan, berukuran tak terlalu besar, serta bebas ujung yang tajam. Lebih baik jika pilih buku terbuat dari bahan antibasah dan antisobek sehingga lebih awet dipakai.
    2. 6-12 bulan
      Memasuki bulan enam bukan bayi akan mulai tertarik melihat dan ‘menerawang’ isi buku, meski periode tumbuh gigi kerap membuatnya gatal untuk ‘mengunyah’ buku yang Anda sodorkan. Jangan menyerah, Bun! Tetap promosikan halaman demi halaman buku dengan cara menunjuk gambar-gambar dan bercerita padanya. Jika ia berusia lebih dari 8 bulan, ajak ia menggunakan tangannya untuk membuka halaman buku.
    3. Usia 12-18 bulan
      Di usia ini, bayi sudah bisa membolak balik halaman buku, menunjuk dan menyebutkan nama-nama benda yang familiar. Ia bahkan sudah mulai bisa memahami cerita sederhana. Berikan buku-buku bertekstur dan memiliki aktivitas yang merangsang indera penglihatan, peraba dan pendengarannya.

    Manfaat Buku Pada Bayi

    1. Mengajarkan bayi tentang komunikasi;
    2. Memperkenalkan konsep-konsep seperti angka, huruf, warna, dan bentuk dengan cara yang menyenangkan;
    3. Membangun keterampilan mendengarkan, ingatan, dan kosa kata;
    4. Memberikan bayi informasi tentang dunia di sekitar mereka.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster
    terimakasih

    telat datang dan testpack

  • Oleh : wedha savitri
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan saya mau tanya hari ini saya udah hari ke 4 telat datang bulan dan saya sdh melakukan test kehamilan di hari ke 4 saya telat dan hasilnya 2 garis hanya saja garis yg satunya warna tidak pekat sperti garis sblmnya.terima kasih

    Pusar

  • Oleh : Qurata Aini
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dan sekarang pusar saya juga terasa sakit beserta bau tak sedap …. Padahal dalam seharri saya 2 kali mandi dan rajin mmbersihkannya…bagaimna solusinya

    Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Tentang nyeri perut

  • Oleh : Wahyu Sandria
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok,saya boleh nanya saya kalau halangan gk ckup seminggu kadang cuma 4 hari waktu saya halangan,dn klw mw halangan nyeri prut saya sakit tp tak begitu sakit,datng sakitnya jarang sekali2, ,..it gmna y dok apakah saya masih bisa hamil ap tidak,dn pernikahan saya udah 2 thn tp blum d karuniai seorg anak dok, mohon kasih solusinya ,trima kasih

    Tanya Bidan