×

Beberapa Pekerjaan Rumah Yang Bisa Melibatkan Si Kecil

Bagikan Artikel :

Beberapa Pekerjaan Rumah Yang Bisa Melibatkan Si Kecil

Salah satu cara menumbuhkan rasa peduli lingkungan dan bertanggung jawab terhadap anak adalah dengan melibatkan pekerjaan rumah. Sehingga membersihkan rumah bukan hanya pekerjaan ibu atau asisten rumah tangga, tetapi semua anggota keluarga termasuk anak. Yuk simak beberapa tips saat melakukan pekerjaan rumah tangga bersama anak.

Related Posts :
    1. Membersihkan lantai dengan vacuum cleaner. Anak usia 2-3 tahun sudah dapat melakukan kegiatan ini. Paul meminta anak agar mau mencoba menyedot semua yang ia bisa. Ia juga memilihkan vacuum yang ringan sehingga memudahkan anak melakukan aktivitasnya.
    2. Mengepel lantai. Berikan anak kain dan botol semprot yang telah diisi air. Anak dapat menggunakannya dengan menyapukan kain yang telah basahi ke permukaan lantai mana saja. Akan lebih baik, jika lantai telah dibersihkan dengan penyedot debu, sehingga proses mengepel lantainya lebih mudah dan cepat.
    3. Membuang sampah dan mengganti plastiknya. Aktivitas ini termasuk mudah dikerjakan anak. Sebelum ia pergi membuang sampah, siapkan kantong plastik pengganti yang bisa ia pasang di tempat sampah. Apabila muatan sampah terlalu berat, Anda dapat mengganti tugasnya dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya dan memasukkannya ke wadah yang Anda sediakan.
    4. Membersihkan kamar mandi. Umumnya anak suka main air. Untuk membersihkan kamar mandi, berikan ia botol kecil yang telah diisi cairan pembersih, dan tunjukkan cara menyemprotkan cairan itu ke lantai, wastafel, cermin, dan area lain, kemudian menyikatnya. Jika anak Anda lebih dari satu orang, dapat dilakukan pembagian tugas.
    5. Mengelap meja makan. Bekali anak ember kecil berisi air dan lap. Kegiatan ini ringan, namun sekaligus dapat melatih otot motoriknya.
    6. Membantu mencuci baju. Mencuci baju sebenarnya adalah tugas yang sederhana. Namun, karena biasanya berjumlah banyak, jadi seperti pekerjaan besar. Anda dapat melibatkan anak melakukan kegiatan ini dengan cara meminta ia memilah pakaian kotor yang berwarna dengan yang putih, kemudian membawanya ke ruang cuci. Anda juga dapat menunjukkan kepada mereka cara mengoperasikan mesin cuci dan pengering. Tentunya harus dengan didampingi orang tua.
    7. Membersihkan debu dengan kemoceng. Anak-anak suka menggunakan alat, seperti kemoceng atau penghapus debu dari bulu, untuk membersihkan rak, jendela, dan cermin.
    8. Mengisi ulang barang persediaan yang telah habis, seperti kertas toilet, dispenser sabun, air di vas bunga.
    9. Membersihkan tempat yang terlewatkan. Misalnya, gagang pintu, sakelar lampu, atau menyedot debu di kolong sofa.
    10. Melibat baju sendiri. Melipat cucian adalah pekerjaan yang bagus untuk anak. Meski hasil lipatan mereka belum sempurna kerapiannya, setidaknya ia sudah berlatih sejak kecil, sehingga terbiasa ketika dewasa nanti.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 27, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

  • Oleh : Raysha Azzahra
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

    Tanya Bidan