×

Bunda, Jangan Diem Terus Di Rumah ! Sesekali Nongkrong Dengan Kerabat Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Bagikan Artikel :

Bunda, Jangan Diem Terus Di Rumah ! Sesekali Nongkrong Dengan Kerabat Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa orang menganggap bersosialisasi adalah hal yang melelahkan secara mental. Tapi sebenarnya bersosialisasi adalah sebuah penguatan emosional dalam jangka panjang.

Setiap aktivitas social yang melibatkan otak dan membuatnya tetap aktif itu baik untuk kesehatan Anda. Studi menunjukkan bagaimana orang yang berhubungan dengan orang lain berkinerja lebih baik dalam tes kognitif dan cenderung mengalami demensia.

Ketika bergaul juga kita akan berbincang/ngobrol. Dengan berbincang bersama teman bisa mendatangkan hasil yang lebih baik. Para ahli menemukan adanya hubungan yang jelas antar sosialisasi dan fungsi otak. Partisipasi dari segala golongan usia yang paling banyak bergaul mengalami gangguan kognitif yang paling rendah kedati pun banyak banyak melatih otak. Dugaan kebanyakan orang bahwa ngobrol tidak memerlukan upaya mental ternyata salah. Scan otak menunjukkan, percakapan ringan mangaktifkan bagian khusus dari otak yang menunjukkan mengarahkan upaya hebat.

Kiat menggunakan otak misalnya Ngobrol dengan teman lewat telepon atau undang untuk makan malam. Cara ini bisa menjaga otak tetap muda dalam waktu lama.

Berdiam Diri Di Rumah Tanpa Sosialisasi Bisa Mengurangi Fungsi Otak

Bagi yang terlalu lama menyendiri di rumah tanpa sosialisasi, akan mengalami kesulitan konsentrasi yang teramat dan juga memori yang sangat buruk. Tidak hanya itu, penelitian berlanjut pada orang yang merasa terisolasi/ kesepian.

Related Posts :

    Saat diminta untuk mengisi kuesioner, beberapa tahap penelitian dari dua kelompok tersebut memiliki hasil yang konsisten. Yakni, munculnya masalah perhatian, konsentrasi dan daya ingat. Orang-orang dengan tingkat kesepian tinggi rata-rata akan sulit dalam mengatur fokus mereka. Mereka juga cenderung mudah melupakan sesuatu karena penurunan daya ingat.

    Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada perbandingan fungsi otak dari orang-orang yang merasa terisolasi oleh lingkungan dengan mereka yang tidak. Sedangkan orang-orang yang tidak terlalu kesepian rata-rata tak memiliki masalah konsentrasi yang serius. Ini menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara rasa kesepian dengan kesehatan otak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 23, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Bahayakan minum vitamin B kompleks saat hamil?

  • Oleh : Diranan
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 4 tahun yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Tanya Bidan