×

Cara Selamatkan ASI Perah Ketika Listrik Mati

Bagikan Artikel :

Cara Selamatkan ASI Perah Ketika Listrik Mati

Tidak hanya wanita berkarir yang memerah ASI, tapi juga ibu rumah tangga. Hal ini untuk memudahkan ibu yang ingin memberikan ASI ekslusif saat ibu tidak bersama si Kecil. Agar tetap aman dikonsumsi bayi, cara menyimpan dan menghangatkan ASI perah (ASIP) tidak bisa sembarangan. Jika dilakukan tanpa aturan ASI bisa rusak dan tentu membahayakan bagi si Kecil.

Related Posts :

    Ciri-ciri ASIP Rusak

    ASI perah yang sudah rusak ditandai dengan bau tengik dan asam yang menyengat, seperti susu sapi yang sudah basi. Selain itu, ciri ASI basi lainnya adalah tampilan ASI jadi berserabut dan tampak seperti nanah.

    ASI perah bisa bertahan berapa jam?

    Melansir Mayo Clinic, daya tahan ASI perah sangat tergantung pada metode penyimpanan. Antara lain: Suhu ruangan: ASI yang baru diperah dapat tahan empat sampai enam jam di suhu ruangan. Dengan catatan, gunakan wadah penyimpanan yang higienis. Cooler bag dengan es batu: ASI perah bisa tahan sampai satu hari saat disimpan di cooler bag yang diberi es batu. Kulkas: ASI perah bisa tahan sampai tiga hari saat disimpan di kulkas bagian belakang (tidak dekat pintu). Dengan catatan, kondisi kulkas dalam keadaan bersih. Freezer: ASI perah yang dibekukan di freezer bagian belakang (tidak dekat pintu) bisa tahan sampai enam bulan.

    Bagaimana Cara mengamankan ASI Perah saat mati lampu

    Pemadaman listrik atau mati lampu menjadi hal yang paling dikhawatirkan orangtua yang memberikan ASI perah pada bayinya. Terlebih jika lamanya waktu pemadaman listrik tak menentu. Hal itu dikhawatirkan rentan membuat tabungan ASI perah rusak Jangan khawatir. Berikut tips mengamankan ASIP saat mati lampu.

    1. Jangan sering-sering buka tutup freezer ASI perah beku masih bisa diselamatkan dengan cara tidak membuka dan menutup freezer terlalu sering. ASIP bisa tetap membeku hingga 48 jam, asalkan pintunya tetap tertutup. Letakkan ASIP di bagian dalam freezer, yang jauh dari pintu. Bagian dalam freezer suhunya lebih dingin dan suhunya cenderung tidak gampang naik saat kulkas mati
    2. Rajin-rajin cek es batu di cooling box Saat listrik mati seharian, Anda bisa menyimpan ASI perah di tas tertutup lalu masukkan ke cooling box yang diberi es batu. Ganti es batu saat sudah mencair.
    3. Menitipkan ASIP ke tempat yang punya listrik cadangan Coba cari restoran, warung, toko, tetangga, kerabat di sekitar yang memiliki cadangan listrik atau generator. Lalu tanyakan kesediaannya untuk meluangkan sebagian freezer-nya sebagai tempat penyimpanan ASIP Anda. Namun, orangtua perlu cermat untuk memberikan label khusus. Tujuannya, agar ASIP tidak tertukar dengan milik orang lain yang kemungkinan juga menitipkannya. Pastikan kondisi freezer yang dititipi ASI perah bersih, tidak berbau, dan tidak bercampur daging mentah.
    4. Cek kondisi ASI setelah listrik menyala Saat listrik sudah menyala, cek apakah ASI perah masih membeku atau tidak. Jika masih ada di titik beku, ASI masih bisa diselamatkan. Sebaiknya ASI beku yang sudah mencair tidak dibekukan lagi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 3, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 8 bulan yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sminggu sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 4 bulan yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Susah hamil setelah keguguran

  • Oleh : Sanesi Amida
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Siang Dok.
    Bulan 5 kemarin saya mengalami keguguran tanpa quret di usia kandungan yang memasuki usia 7minggu. Sekarang sudah bulan 12 kenapa susah untuk hamil lagi.
    Terimakasih

    Tanya Bidan