×

Ini Lho Cara Menghadapi Anak Dengan Kepribadian Extrovert

Bagikan Artikel :

Ini Lho Cara Menghadapi Anak Dengan Kepribadian Extrovert

Karatkter setiap anak berbeda-beda, ada yang pendiam dan pemalu (introvert) ada juga anak yang ceria dan mencari perhatian (ekstrovert). Pada anak ekstrovert ini, orangtua sering merasa kewalahan karena mereka peka terhadap dopamine. Hal ini membuat anak ekstrovert mudah menjadi aktif saat melihat sesuatu yang menarik dan menyenangkan.

Bagi orangtua wajib untuk mengetahui kepriabadian anak sehingga orangtua akan lebih mudah menentukan aktivitas seperti apa yang cocok bagi mereka. Anda juga jadi lebih mengerti kenapa anak dengan kepribadian ekstrovert mudah menangis dan ngamuk saat kegiatannya monoton.

Kelebihan Anak Ekstrovert

Anak-anak dengan kepribadian ekstrovert tidak suka sendirian. Mereka juga mudah bosan dengan pola kegiatan yang monoton. Sangat bertolak belakang dengan kecenderungan anak introvert.

Meski begitu, anak-anak ekstrovert tetap memiliki kelebihan. Antara lain, mudah bergaul, memiliki antusiasme tinggi terhadap hubungan sosial, suka bercerita dan mudah terbuka dengan orang lain.

Ciri-ciri Anak Ekstrovert

  1. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru
  2. Berani menyapa tetangga, kerabat atau orang yang baru dikenal
  3. Bicara blak-blakan
  4. Lebih suka bergerak ketimbang diam
  5. Memberikan perhatian pada sesuatu di luar dirinya
  6. Mudah memberikan respon pada tiap hal
  7. Cerewet dan suka mengobrol
  8. Lebih mudah mengungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakan secara lisan
  9. Mudah bosan jika harus diam
  10. Antusiasme tinggi jika bertemu dengan kegiatan fisik
  11. Senang belajar dalam tim atau berada di tengah keramaian
  12. Suka dengan hal-hal baru yang mendadak
  13. Mudah percaya dan menyukai orang baru
  14. Lebih mudah mengekspresikan dirinya

Cara Orangtua Menghadapi Anak Ekstrovert

  1. Berikan Mereka Kesempatan untuk Bicara
    Walaupun anak ekstrovert terkesan cerewet namun biarkan mereka berbicara untuk mengeksprsikan apa yang dia rasakan.
  2. Jadwalkan Waktu Tenang
    Anak ekstrovert memiliki sifat yang terlalu aktif. Hal ini kemungkinan besar akan membuat dia kelelahan yang tidak disadari. Terlalu senang beraktivitas berat membuatnya lupa akan ketahanan tubuhnya. Cara menanggulanginya, pastikan Si Kecil memiliki waktu tenang dalam satu hari. Jadwalkan waktu tenang tersebut secara rutin. Ketahui Batasan Mam
  3. Berikan Perhatian Ketika Si Kecil Sedih
    Anak extrovert cenderung akan mencari perhatian baik dalam keadaan senang atau sedih. Selain itu mereka juga akan mudah bosan. Sehingga ketika mereka bosan dengan kegiatan yang monoton mereka akan menunjukkan kesedihanya kepada Anda. Oleh kerena itu segeralah hibur si kecil yang dalam keadaan sedih.
  4. Dukung Selalu Hobinya
    Mendukung Si Kecil terhadap hobinya mampu membuat Si Kecil merasa terhibur dan jadi diri sendiri di masa-masa pertumbuhannya. Sisi ekstrovert yang dimiliki oleh Si Kecil justru akan menjadi semangat tersendiri baginya. Maka dari itu, sangat bagus untuk mendukung perkembangan Si Kecil dengan membantunya untuk lebih serius ke hobinya tersebut.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 19, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesehatan

  • Oleh : Mingsar Mingsar
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mao tanya tentang Tip buat menambah tinggi badan dok umur saya udh 21

    ragu dengan kehamilan

  • Oleh : cassandralamar9
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Tanya Bidan