×

Ini Lho Cara Menghadapi Anak Dengan Kepribadian Extrovert

Bagikan Artikel :

Ini Lho Cara Menghadapi Anak Dengan Kepribadian Extrovert

Karatkter setiap anak berbeda-beda, ada yang pendiam dan pemalu (introvert) ada juga anak yang ceria dan mencari perhatian (ekstrovert). Pada anak ekstrovert ini, orangtua sering merasa kewalahan karena mereka peka terhadap dopamine. Hal ini membuat anak ekstrovert mudah menjadi aktif saat melihat sesuatu yang menarik dan menyenangkan.

Bagi orangtua wajib untuk mengetahui kepriabadian anak sehingga orangtua akan lebih mudah menentukan aktivitas seperti apa yang cocok bagi mereka. Anda juga jadi lebih mengerti kenapa anak dengan kepribadian ekstrovert mudah menangis dan ngamuk saat kegiatannya monoton.

Kelebihan Anak Ekstrovert

Anak-anak dengan kepribadian ekstrovert tidak suka sendirian. Mereka juga mudah bosan dengan pola kegiatan yang monoton. Sangat bertolak belakang dengan kecenderungan anak introvert.

Related Posts :

    Meski begitu, anak-anak ekstrovert tetap memiliki kelebihan. Antara lain, mudah bergaul, memiliki antusiasme tinggi terhadap hubungan sosial, suka bercerita dan mudah terbuka dengan orang lain.

    Ciri-ciri Anak Ekstrovert

    1. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru
    2. Berani menyapa tetangga, kerabat atau orang yang baru dikenal
    3. Bicara blak-blakan
    4. Lebih suka bergerak ketimbang diam
    5. Memberikan perhatian pada sesuatu di luar dirinya
    6. Mudah memberikan respon pada tiap hal
    7. Cerewet dan suka mengobrol
    8. Lebih mudah mengungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakan secara lisan
    9. Mudah bosan jika harus diam
    10. Antusiasme tinggi jika bertemu dengan kegiatan fisik
    11. Senang belajar dalam tim atau berada di tengah keramaian
    12. Suka dengan hal-hal baru yang mendadak
    13. Mudah percaya dan menyukai orang baru
    14. Lebih mudah mengekspresikan dirinya

    Cara Orangtua Menghadapi Anak Ekstrovert

    1. Berikan Mereka Kesempatan untuk Bicara
      Walaupun anak ekstrovert terkesan cerewet namun biarkan mereka berbicara untuk mengeksprsikan apa yang dia rasakan.
    2. Jadwalkan Waktu Tenang
      Anak ekstrovert memiliki sifat yang terlalu aktif. Hal ini kemungkinan besar akan membuat dia kelelahan yang tidak disadari. Terlalu senang beraktivitas berat membuatnya lupa akan ketahanan tubuhnya. Cara menanggulanginya, pastikan Si Kecil memiliki waktu tenang dalam satu hari. Jadwalkan waktu tenang tersebut secara rutin. Ketahui Batasan Mam
    3. Berikan Perhatian Ketika Si Kecil Sedih
      Anak extrovert cenderung akan mencari perhatian baik dalam keadaan senang atau sedih. Selain itu mereka juga akan mudah bosan. Sehingga ketika mereka bosan dengan kegiatan yang monoton mereka akan menunjukkan kesedihanya kepada Anda. Oleh kerena itu segeralah hibur si kecil yang dalam keadaan sedih.
    4. Dukung Selalu Hobinya
      Mendukung Si Kecil terhadap hobinya mampu membuat Si Kecil merasa terhibur dan jadi diri sendiri di masa-masa pertumbuhannya. Sisi ekstrovert yang dimiliki oleh Si Kecil justru akan menjadi semangat tersendiri baginya. Maka dari itu, sangat bagus untuk mendukung perkembangan Si Kecil dengan membantunya untuk lebih serius ke hobinya tersebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 19, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Promil

  • Oleh : rosellagrishin3
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Saya Keputihan Mulai Dari Bulan 8 Tahun Kemarin, Udah sering ke dokter, minum Ramuan, pake Daun Sirih, Udah Banyak Obat yang sudah saya minum Dok, Tapi Gak Ada Perubahan, gak sembuh-sembuh, Keputihan Saya Gatal, Warnanya Kuning, Kental, Kalau Berhubungan Nyeri, Panas, Terus Muncul Benjolan… Tolong Dok Solusinya, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Sudah Nikah 1 thn Lebih…..

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 19 jam, 43 menit yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan