×

Kakek Dan Nenek, Please Hindari Ini….

Bagikan Artikel :

Kakek Dan Nenek, Please Hindari Ini....

Jangan jengkel sama orang tua ya Bun kalau mereka lebih perhatian dan protektif kepada anak kita di banding dengan diri kita sendiri. Tentunya ini semua merupakan bentuk kasih sayang kakek dan nenek kepada cucunya.

Terkadang ada bentuk kasih sayang dari orang tua kita kepada cucunya yang seharusnya tidak diberikan karena adanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin banyak yang akhirnya hal-hal yang ada di zaman dulu sudah tidak disarankan untuk dilakukan sekarang.

Berikut adalah yang biasanya para Kakek dan Nenek sarankan, kita sebagai anak yang sudah menjadi orang tua tentu juga harus memperbanyak ilmu pengetahuan dan bisa menjelaskan kepada mereka bahwa hal itu tidak disarankan.

Related Posts :

    Apa Saja Itu ?

    1. Memberikan cucu makan di bawah usia 6 bulan
    2. Memakaikan bedak tabor pada cucu yang baru saja lahir
    3. Memberikan madu pada cucu di bawah usia 1 tahun
    4. Menyarankan pemakaian baby walkers
    5. Menyusun terlalu banyak bantal dan selimut di tempat tidur cucu
    6. Memberikan kopi saat cucu demam, karena dianggap bisa mencegah kejang
    7. Merokok dekat cucu atau langsung gendong cucu sehabis merokok
    8. Membedong cucu terlalu ketat
    9. Ndusel-ndusel cucu saat sedang flu
    10. Bilang “bayinya jangan digendong terus nanti bau tangan”
    11. Menawarkan susu formula saat si Ibu berusaha member ASI
    12. Menyarankan untuk membuang kolostrum (ASI pertama) pada anak
    13. Menaburkan racikan dapur/menyimpan logam pada talipusat

    Semoga segala mitos dan tradisi itu berhenti di generasi baby boomers (orang tua kita) ya, jadikan pembelajaran, untuk kita apabila menjadi kakek dan nenek harus lebih smart dan update sama ilmu parenting dan kesehatan anak biar bisa support anak dan cucu kita dengan baik dan benar.

    Mengapa Nenek Lebih Sayang Cucu?

    Gen adalah unit sifat warisan yang tersimpan dalam DNA. Menurut studi genetika, seorang oma mewariskan seperempat DNA mereka kepada cucunya. Kita mewarisi gen kakek nenek kita, tapi menurut ilmuwan gen nenek dari pihak ibu lebih banyak mempengaruhi.

    Nenek dari pihak ibu memiliki ikatan yang lebih kuat dengan cucu dibanding antara kakek dan cucu karena nenek yang melahirkan ibu dan ibu melahirkan kita. Dibanyak keluarga, nenek dari pihak ibu punya bawaan untuk merasa lebih bertanggung jawab atas cucu mereka.

    Itulah alasan mengapa banyak nenek banyak menghabiskan waktu dan perhatianya kepada cucu-cucu mereka. Ini bukan semata alasan psikologis, melainkan juga genetis.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 8, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan belakang telinga

  • Oleh : Amirul Huda
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok saya mengalami benjolan di belakang telinga dok yang besar terkadang mengecil dan terkadang membesar dan terasa sakit cara menyembuhkannya bagai mana dok? Saat benjolan mengecil menjadi keras dok

  • Oleh : Amirul Huda
  • Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Tips cara menjemur bayi yang benar

  • Oleh : reinaldo9976
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

    Benjolan di belkaang telinga pada bayi 9bulan

  • Oleh : Wiska Enggal
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya sekitar seminggu yg lalu kuping nya terkena dompo, sekarg udh sembuh tp mash ada bintik2 nya sedikit, terus sekarang muncul benjolan di belakang telinga nya di pegang benjolan nya seperti ada dua. Kira kira bahaya gk ya bu dan bisa ditangani dengan apa dan di beri obat apa?
    Terimakash.

  • Oleh : Wiska Enggal
  • Tanya Bidan