×

Membersihkan Mulut Si Kecil Bisa Dimulai Dari Bayi Baru Lahir. Begini Caranya!

Bagikan Artikel :

Membersihkan Mulut Si Kecil Bisa Dimulai Dari Bayi Baru Lahir. Begini Caranya!

Bunda, biarpun si kecil belum punya gigi, kita harus tetap menjaga kebersihan mulut si Kecil lho! Bahkan sikat gigi ini bisa dilakukan pada bayi baru lahir. Membersihkan mulut bayi tidaklah rumit. Alat yang dibutuhkan pun tidak perlu mahal dan spesifik. Memang, jika kita mampu dan ingin, boleh membeli silicon sikat gigi khusus untuk bayi yang dapat orangtua sematkan di jari telunjuk. Tapi kita pun bisa menggunakan kain kasa yang dililitkan di jari telunjuk. Semua itu mempermudah orangtua saat hendak membersihkan mulut bayi.

Gimana Caranya?

  1. Siapkan kasa dan air minum hangat
  2. Cuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun
  3. Pangku bayi dengan posisi duduk yang nyaman.
  4. Lilitkan kasa di jari, lalu celupkan ke dalam air
  5. Masukkan jari yang dililit kasa ke dalam mulut si Kecil, bersihkan gusi atas dan bawah
  6. Setelah itu bersihkan juga lidah dan langit-langit mulut
  7. Jika bayi Anda menolak untuk dibersihkan mulutnya, ajaklah berbicara, bercanda, atau bernyanyi.
  8. Lakukan 2 kali sehari

Kapan Waltu Yang Tepat

Ingat ketika membersihkan gigi si Kecil jangan langsung habis menyusu, baiknya dilakukan minimal 1 jam setelah menyusu. Dan jangan dalam-dalam memasukan jarinya, mencegah muntah pada si Kecil.

Kalau Sudah Mulai Tumbuh Gigi Gimana?

Nah bagi si Kecil yang mulai tumbuh gigi, bisa dengan sikat gigi yang ukurannya sesuai dengan usia si Kecil. Biasanya beberapa brand sikat gigi member keterangan sikat giginya cocok untuk umur berapa. Lalu sikat giginya dicelupkan ke air matang dan digosokkan lembut pada gigi ya Bun. Tidak perlu pasta gigi selama si kecil belum bisa kumur-kumur.

Anda boleh menambahkan pasta gigi mengandung flouride sebesar biji beras pada permukaan sikat gigi, apabila sudah bisa kumur sampai usia tiga tahun. Setelah usia itu, Anda bisa menambahkan takaran pasta giginya.

Manfaatnya Apa?

  1. Terbiasa menjaga kebersihan mulut
  2. Mencegah infeksi pada gigi dan gusi
  3. Mencegah tumbuhnya jamur di mulut
  4. Gigi rusak

Supaya lebih baik dalam menjaga kebersihan mulut bayi. Minimal enam bulan sekali, dia harus diajak ke dokter gigi.berarti bisa dimulai dari usia 6 bulan. Mulut si kecil akan diperiksa, mulai kebersihan, kondisi lidah, gusi, dan pertumbuhan gigi. Sehingga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan akan cepat terdeteksi.

Jika sudah dibiasakan berkunjung ke dokter gigi sejak dini, bayi akan terbiasa dan tidak takut lagi. Selain itu, dalam kesempatan yang sama orangtua bisa belajar banyak hal tentang kesehatan dan kebersihan gigi anak pada dokter.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pendarahan setelah melakukan hubungan badan

  • Oleh : Reni Ristiani
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu
  • Oleh : Reni Ristiani
  • mual, eneg saat makan, kehilangan nafsu makan saat hamil

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Mencegah hamil BO

  • Oleh : Nini Andini
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Mlm dok, sy ingin brtanya
    7hari lalu sy kgguran karna BO, di usia 10w..
    Kapan waktu hamil yg tepat ya dok setelah kgguran? Agar di kehamilan selanjutnya tidak trjadi hamil BO lagi,
    Terimakasih sebelmnya

    Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Tanya Bidan