×

Membersihkan Mulut Si Kecil Bisa Dimulai Dari Bayi Baru Lahir. Begini Caranya!

Bagikan Artikel :

Membersihkan Mulut Si Kecil Bisa Dimulai Dari Bayi Baru Lahir. Begini Caranya!

Bunda, biarpun si kecil belum punya gigi, kita harus tetap menjaga kebersihan mulut si Kecil lho! Bahkan sikat gigi ini bisa dilakukan pada bayi baru lahir. Membersihkan mulut bayi tidaklah rumit. Alat yang dibutuhkan pun tidak perlu mahal dan spesifik. Memang, jika kita mampu dan ingin, boleh membeli silicon sikat gigi khusus untuk bayi yang dapat orangtua sematkan di jari telunjuk. Tapi kita pun bisa menggunakan kain kasa yang dililitkan di jari telunjuk. Semua itu mempermudah orangtua saat hendak membersihkan mulut bayi.

Gimana Caranya?

  1. Siapkan kasa dan air minum hangat
  2. Cuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun
  3. Pangku bayi dengan posisi duduk yang nyaman.
  4. Lilitkan kasa di jari, lalu celupkan ke dalam air
  5. Masukkan jari yang dililit kasa ke dalam mulut si Kecil, bersihkan gusi atas dan bawah
  6. Setelah itu bersihkan juga lidah dan langit-langit mulut
  7. Jika bayi Anda menolak untuk dibersihkan mulutnya, ajaklah berbicara, bercanda, atau bernyanyi.
  8. Lakukan 2 kali sehari

Kapan Waltu Yang Tepat

Ingat ketika membersihkan gigi si Kecil jangan langsung habis menyusu, baiknya dilakukan minimal 1 jam setelah menyusu. Dan jangan dalam-dalam memasukan jarinya, mencegah muntah pada si Kecil.

Kalau Sudah Mulai Tumbuh Gigi Gimana?

Nah bagi si Kecil yang mulai tumbuh gigi, bisa dengan sikat gigi yang ukurannya sesuai dengan usia si Kecil. Biasanya beberapa brand sikat gigi member keterangan sikat giginya cocok untuk umur berapa. Lalu sikat giginya dicelupkan ke air matang dan digosokkan lembut pada gigi ya Bun. Tidak perlu pasta gigi selama si kecil belum bisa kumur-kumur.

Anda boleh menambahkan pasta gigi mengandung flouride sebesar biji beras pada permukaan sikat gigi, apabila sudah bisa kumur sampai usia tiga tahun. Setelah usia itu, Anda bisa menambahkan takaran pasta giginya.

Manfaatnya Apa?

  1. Terbiasa menjaga kebersihan mulut
  2. Mencegah infeksi pada gigi dan gusi
  3. Mencegah tumbuhnya jamur di mulut
  4. Gigi rusak

Supaya lebih baik dalam menjaga kebersihan mulut bayi. Minimal enam bulan sekali, dia harus diajak ke dokter gigi.berarti bisa dimulai dari usia 6 bulan. Mulut si kecil akan diperiksa, mulai kebersihan, kondisi lidah, gusi, dan pertumbuhan gigi. Sehingga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan akan cepat terdeteksi.

Related Posts :

    Jika sudah dibiasakan berkunjung ke dokter gigi sejak dini, bayi akan terbiasa dan tidak takut lagi. Selain itu, dalam kesempatan yang sama orangtua bisa belajar banyak hal tentang kesehatan dan kebersihan gigi anak pada dokter.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 1 minggu, 2 hari yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Ejakulasi

  • Oleh : Eddy Ningmabin
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Mba bagaimana memiliki ketahanan dari ejakulasi dini?

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 4 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Tanya Bidan