×

Si Kecil Sering Minum Soda? Ini Lho Cara Mengatasinya!

Bagikan Artikel :

Si Kecil Sering Minum Soda? Ini Lho Cara Mengatasinya!

Sehabis main atau pulang sekolah memang menyegarkan jika meminum soda. Bahkan di beberapa kantin sekolah pun soda berjajaran. Tapi apakah aman apabila soda sering diminum oleh anak?

Minuman soda sudah banyak diketahui memiliki efek buruk bagi kesehatan orang dewasa, apalagi anak-anak. Minuman soda dibuat dengan menambahkan karbon dioksida di bawah tekanan. Beberapa produk mengandung bahan tambahan seperti sodium klorida, sodium bikarbonat, atau sejenisnya. Namun, air soda hampir selalu terdiri dari air dan karbon dioksida tanpa bahan aditif.

Dampak Minuman Bersoda bagi Anak

Minuman dengan pemanis merupakan jenis asupan gula tambahan yang utama di kalangan anak-anak. Minuman bersoda adalah salah satunya. Gula dalam kandungan minuman bersoda sering kali sangat tinggi. Akibatnya, sekalipun berbentuk minuman, beban kalorinya sangat tinggi. Asupan gula yang terlalu banyak perlu diperhatikan karena dapat menyebabkan berat badan berlebih.

Berat badan berlebih hingga obesitas pada anak-anak berkaitan dengan risiko gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, obesitas yang terjadi sejak kecil berkaitan dengan munculnya penyakit kronis di kemudian hari, seperti diabetes. Inilah mengapa, bahaya minum soda bagi anak bisa begitu berat.

Bahaya minuman bersoda untuk anak lainnya terkait dengan konsumsinya yang cenderung berlebihan. Minuman ini cenderung tidak membuat kenyang, sehingga konsumsinya sering kali berjumlah banyak. Dari penelitian, disebutkan pula bahwa anak dapat makan lebih banyak bila mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan. Hal ini terjadi karena jumlah insulin yang naik secara tiba-tiba, dan juga turun dengan segera, saat tubuh mengonsumsi gula dalam jumlah banyak.

Biasanya efek yang akan ditimbulkan ketika Anda mengonsumsi minuman bersoda adalah perut akan lebih mudah lapar, karena adanya penurunan insulin yang cepat. Gigi berlubang juga menjadi bahaya minuman bersoda untuk anak. Ketika diminum secara berlebihan, ditambah kurangnya penjagaan higienitas mulut sebelum tidur, tentunya mudah terbentuk lubang pada gigi. Saat gigi berlubang, asupan makan anak akan tidak lancar. Hal ini juga memengaruhi masalah kecukupan gizi untuk anak.

Tips Mencegah Anak dari Kecanduan Minum Soda

  1. Hindari menyuplai minuman soda di rumah. Bila orang tua ingin membeli soda, simpanlah di tempat yang tidak terjangkau oleh anak.
  2. Tegaskan peraturan minum soda di rumah. Misalnya, hanya boleh minum soda di hari khusus saja. Buat pula batasan konsumsi soda, misalnya hanya boleh maksimal 1 botol sekali minum.
  3. Children see, children do. Jadilah panutan yang baik dengan tidak mencontohkan konsumsi minuman soda yang berlebihan. Bila Anda tidak meminum soda di rumah, kecil kemungkinan anak akan kecanduan.
  4. Sering-seringlah berdiskusi dengan anak mengenai bahaya minum soda secara berlebihan.
  5. Pada anak-anak, batas konsumsi gula buatan yang direkomendasikan American Heart Association adalah sekitar 6 sendok teh (atau 1.000 kalori setiap harinya). Gunakanlah takaran ini untuk menjaga asupan gula tambahan bagi buah hati Anda. Agar anak terhindar dari efek minuman bersoda yang berbahaya.
  6. Bila disimpulkan, begitu banyak dampak minuman bersoda bagi anak bila dikonsumsi secara berlebihan. Kecanduan minuman bersoda adalah hal yang harus dihindari, mengingat efek negatifnya bisa dirasakan saat ini serta di masa depan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 26, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Telat datang bulan tapi tidak hamil

  • Oleh : Riana
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Kehamilan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Tanya Bidan