×

Bahaya Dan Manfaat Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Saat ini Water Birth atau melahirkan di dalam air sedang buming di lakukan oleh calon orang tua di Indonesia. Metode melahirkan di dalam air ini sudah mulai tenar pada tahun 1970 an di Prancis dan Rusia. Metode ini banyak di lakukan lantaran dapat mengurangi rasa sakit saat proses persalinan. Menang banyak manfaat yang bisa di dapatkan oleh anda ketika melahirkan dalam air serta ada juga beberapa bahaya dari persalinan di dalam air ini seperti dapat mendatangkan penyakit paru paru pada sang bayi. Kolam yang berisi air berukuran 2 meter ini biasanya memiliki beberapa hal seperti pompa pengatur air agar suhu tetap bersih dan juga air tetap hangat. Biasanya, bayi yang di lahirkan di dalam air ini tidak langsung menangis karena mungkin merasakan bahwa masih di dalam air ketuban di dalam perut sang ibu.

Perlu di ketahui bahwa ada beberapa bahaya dan manfaat persalinan yang di lakukan di dalam air ini, di antaranya adalah :



Manfaat Melahirkan Di Dalam Air :

  • Bernafas Secara Teratur

Berbeda dengan mereka yang melahirkan secara normal yang mungkin merasakan sakit yang sangat luar biasa, justru mereka yang melakukan melahirkan di dalam air justru tidak akan begitu merasakan kesakitan yang begitu terasa. Hal ini terjadi lantaran suhu air yang ada di dalam kolam ini mampu membuat ibu lebih lancar dalam bernafas sehingga rasa sakit tidak akan begitu terasa saat proses persalinan terjadi.

  • Mempermudah Proses Persalinan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa posisi ini bisa membuat kita seperti menjongkok di mana posisi ini tanpa kita sadari memiliki dukungan gaya gravitasi yang bisa membuat dan membantu proses persalinan ini menjadi lancar dan lebih cepat di bandingkan dengan proses persalinan lainnya.

  • Mudah Mencari Posisi Yang Nyaman

Manfaat melahirkan di dalam air lainnya adalah mampu membuat kita mencari posisi yang enak karena di dalam air ini membuat kita menjadi terasa mengapung dan lebih ringan bergerak sehingga kita sangat mudah sekali mendapatkan posisi posisi yang nyaman dalam tubuh.

  • Privasi

Proses persalinan baisanya di hadiri oleh beberapa orang pihak keluarga dan bidan, di mana hal ini membuat kita kurang berkonsentrasi. Proses persalinan yang di lakukan di dalam air ini justru lebih privasi dan hanya bisa di temani oleh sang suami saja dan beberapa bidan yang di butuhkan.

Bahaya Persalinan Dalam Air :

  • Tenggelam

Tenggelam merupakan hal yang mungkin biasa di dapatkan oleh mereka para bayi yang di lahirkan di dalam air. Namun jika hal ini terlalu lama, biasanya bisa menimbulkan hal hal yang berbahaya bagi kesehatan sang bayi ini. Memang perlu di ketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar proses persalinan lancar dan bayi juga selamat.

  • Infeksi

Bayi yang di lahirkan biasanya akan bersamaan dengan kotoran. Hal ini memang lah sangat normal, namun bagi para bayi yang di lahirkan secara ini bisa menimbulkan infeksi yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Radang Paru Paru

Meski tudak semua proses persalinan dengan menggunakan air ini mendatangkan penyakit paru paru, namun banyak pula mereka yang di lahirkan dengan kondisi ini. Hal ini wajib di waspadai oleh anda agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan bahkan agar kesehatan bayi menjadi tetap sehat.

  • Kerusakan Tali Pusat

Tali pusat ini biasanya langsung di angkat ketika sang bayi di lahirkan. Namun tau kah anda, bahwa ada beberapa baya yang bisa di dapatkan ketika tali pusar ini di angkat ke atas dan bisa jadi menimbulkan berbagai jenis keluhan seperti pendarahan yang menimbulkan anemia.

Related Posts :

    Itulah beberapa jenis manfaat dan bahya melakukan proses persalinan di dalam air. Memang metode ini saat ini sedang banyak di lakukan guna untuk menghilangkan rasa sakit yang bisa di rasakan pada ibu saat melahirkan. Namun perlu di ketahui pula bahwa ada banyak jenis manfaat dan bahaya ketika mereka melakukan proses persalinan yang satu ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 26, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri payudara sebelah kanan

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Ass. Dok saya mau tanya. Payudara saya sebelah kanan suka nyeri kadang nyut nyutan. Kata ahli bedah ini gapapa ga jahat. Tapi sampe sekarang masih sakit. Kenapa yaa. Makasih

    Tentang Kehamilan

  • Oleh : Yanti Nur Syafitri
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya sudah telat haid baru 3 hari..dan apa itu pertanda hamil solnya belum tespek karena tkut hasilnya kecewa

  • Oleh : Yanti Nur Syafitri
  • Menstruasi

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok mau tanya, kenapa ya udah 2 bulan ini haid saya ko cuma flek aja dan hari nya itu gak lama kurang lebih cuma 3 hari. dan tanggal haid nya selalu telat 2/3 hari. Itu kenapa ya dok? Mohon solusinya🙏

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Tanya Bidan