×

Bisakah Wanita Dengan Panggul Sempit Melahirkan Secara Normal ?

Bagikan Artikel :


 

Salah satu indikasi dilakukanya operasi caesar adalah panggul sempit. Tetapi tidak semua panggul sempit dilakukan persalinan melalui operasi caesar. Pada persalinan normal, panggul sempit bisa menyebabkan kemacetan pada saat persalinan. Selain itu, kepala janin belum turun pada minggu ke 36 juga bisa disebabkan oleh panggul sempit.

Dalam banyak kasus ukuran dan bentuk panggul yang tidak normal dideteksi dengan mengukur tinggi badan (wanita dengan tinggi kurang dari 145 cm) dan dengan melakukan pemeriksaan panggul oleh bidan ataupun dokter pada kehamilan minggu ke 36-38.

Apabila persalinan dengan panggul sempit dibiarkan berlangsung di tempat yang kurang lengkap fasilitasnya dan tanpa pengambilan tindakan yang tepat, akan timbul bahaya pada ibu dan janin karena tekanan yang lama antara kepala janin dengan tulang panggul.

Komplikasi Yang Terjadi Pada Persalinan Dengan Panggul Sempit

1. Kerusakan otak pada janin
2. Kematian janin
3. Rupture uterus (robekan pada rahim)
4. Kematian ibu
5. Infeksi kandungan

Faktor Penyebab Panggul Sempit

1. Karakteristik khusus wanita secara umum seperti bahu lebih lebar dari pada pinggul, postur tubuh pendek, tangan dan kaki pendek serta lebar
2. Riwayat patah tulang pelvis
3. Kelainan tulang belakang

Panggul Sempit Tidak Bisa Dicegah

Bentuk panggul yang sempit tidak bisa dicegah namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum kehamilan yaitu menjaga agar tidak mengalami infeksi atau radang pada panggul, sebisa mungkin menghindari dari kecelakaan yang mengakibatkan cacat dan operasi tulang panggul, jaga bentuk tulang punggung agar tidak bungkuk dengan latihan olah postur tubuh yang baik dan posisi duduk dan berdiri dengan benar. Bila postur tubuh tingginya kurang dari 145 cm, sebaiknya selama hamil rajin kontrol ke bidan atau dokter agar pemantauan berat badan bayi tidak berlebihan.

Panggul Sempit Masih Bisa Melahirkan Normal

Tidak setiap wanita dengan panggul sempit melakukan persalinan secara operasi caesar. Panggul sempit bisa melahirkan secara normal, dengan syarat kepala sudah masuk ke dalam rongga panggul. Hal ini terjadi karena ukuran kepala dan tubuh janin kecil, sehingga janin bisa menyesuaikan tubuhnya dengan rongga panggul ibu yang sempit.

Apabila tubuh bayi besar maka proses persalinan akan memanjang dan bahkan tidak dapat maju. Jika tidak dievaluasi dan tidak ditangani secara tepat dapat terjadi gawat janin atau bahkan dapat terjadi robekan rahim karena kontraksi yang terjadi kuat tetapi janin tidak dapat didorong keluar dari rahim karena ketidak sesuaian ukuran janin dan rongga panggul

Tindakan Operasi Caesar pada Panggul Sempit

Pada beberapa wanita dengan panggul sempit, jika memungkinkan akan dilakukan persalinan secara normal. Bila pada saat evaluasi, persalinan secara normal tidak ada kemajuan maka tindakan operasi caesar akan segera dilakukan.
Namun beda hal jika panggul sangat sempit/sempit berat maka persalinan normal tidak akan diusahakan terlebih dahulu. Melainkan akan langsung dilakukan operasi caesar.

Resiko Panggul Sempit Terhadap Proses Persalinan

1. Waktu yang dibutuhkan untuk kemajuan tiap pembukaan cenderung lebih lambat (lebih dari 24 jam pada fase aktif)

2. Ibu sangat kesakitan dan lelah akibat kontraksi rahim yang semakin kuat tetapi bayi tidak mau turun ke pintu panggul

3. Berpotensi terjadi infeksi pada ibu dan bayi akibat proses persalinan yang lama

4. Terjadi kelainan letak posisi kepala janin pada saat kepala bayi berusaha masuk ke pintu panggul dan terjadi moulage berlebihan (upaya tulang tengkorak kepala saling menindih/ bertumpuk agar dapat masuk pintu panggul dalam upaya menyesuaikan bentuk panggul ibu), moulage berlebihan dan lama menyebabkan perdarahan otak bayi.

5. Bila ketuban pecah dan kepala janin belum masuk ke pintu panggul dapat mengakibatkan tali pusar keluar dari jalan lahir dan mengakibatkan kematian janin dalam kandungan karena kekurangan oksigen.

6. Ibu mengalami patah tulang bagian pintu panggul dan kerusakan syaraf daerah panggul, kelumpuhan kaki dan sebagainya.

Related Posts :

    Oleh karena itu pilihlah tempat bersalin yang memiliki fasilitas lengkap sehingga kondisi panggul sempit bisa ditangani dengan tepat dan mengurangirisiko yang akan terjadi baik pada ibu maupun janin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mr.p

  • Oleh : Sandro Tobing
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamu’allaikum kak mau tanya makanan apa saja yang bisa meningkatkan Hormon dan bisa membuat ukuran mr p bertambah?

  • Oleh : Sandro Tobing
  • Pingin punya anak

  • Oleh : Rudi Hermawan
  • 2 tahun yang lalu

    Dok apakah ejakulasi dini mempengaruhi kehamilan

    Program Hamil

  • Oleh : Fajar
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil

  • Oleh : Henny Diastara
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

  • Oleh : Henny Diastara
  • Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Tanya Bidan