×

Faktor Penyebab Terjadinya Persalinan dengan Presenasi Muka

Bagikan Artikel :


Presentasi muka adalah komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Pada presentasi muka, kepala dan leher janin mengalami hiperekstensi (terlalu tengadah) sehingga pada persalinan akan menyebabkan lama. Pada presentasi muka bagian presentasi janin adalah wajah janin antara punggung orbital dan dagu. Dagu janin adalah titik yang ditunjuk untuk referensi selama pemeriksaan dalam melalui serviks.

Penyebab Presentasi Muka pada Janin

a. Struma congenitas (pembesaran kelenjar tiroid)

b. Kelainan tulang leher

c. Lilitan tali pusat yang banyak

d. Meningocele

Related Posts :

    e. Anencephal

    Komplikasi yang Terjadi pada Persalinan Presentasi Muka

    a. Persalinan macet

    b. Terdapat luka pada muka bayi

    c. Perdarahan

    Cara Mendeteksi Presentasi Muka pada Janin

    Diagnosis presentasi muka ditegakkan memalui pemeriksaan pervaginam (VT), dengan meraba adanya mulut, hidung, tulang rahang atas dan orbital ridges.

    a. Dalam kehamilan letak muka dapat dicurigai jika ada tonjolan kepala teraba sepihak dengan punggung dan antara belakang kepala dan punggung teraba sudut yang runcing. Tonjolan kepala ini juga bertentangan dengan pihak bagian-bagian kecil.

    b. Dalam persalinan dengan pemeriksaan dalam pada pembukaan yang cukup besar teraba; orbita, hidung, tulang pipi, mulut dan dagu. Karena muka agak lunak harus dibedakan dari bokong. Letak muka dagu kiri depan. Dagu menjadi petunjuk dagu kiri depan, dagu kanan depan, dagu kanan belakang.

    Penatalaksanaan Persalinan pada Prensetasi Muka

    Dalam keadaan tanpa penyempitan panggul dan dengan persalinan spontan yang efektif tanpa adanya gawat janin, persalinan pervaginam biasanya akan berhasil.

    Bila proses persalinan tersebut dibiarkan, pemantauan terhadap jantung bayi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan alat-alat eksternal untuk menghindari kerusakan pada muka dan mata bayi. Seperti disebutkan di atas, presentasi muka pada bayi aterm lebih sering terjadi pada kasus penyempitan pintu atas panggul. Karena itu, sectio caesarea sering terbukti sebagai cara yang terbaik untuk persalinan bayi aterm dengan presentasi muka. Untuk mendeteksi lebih awal terjadinya presentasi muka, maka perlu adanya pemeriksaan secara rutin baik pada dokter kandungan maupun bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 20, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan saat minum pil plasebo

  • Oleh : Istiana Agustin
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, bu saya mau tnya, saya udh minum pil plasebo skali dan harusny malam ini sy minum pil plasebi, krn sy brhbngan intim dengan suami, krn takut hamil sy minum pil aktif lg, apakah sy akan hamil dok, trus besok sbaikny sy mengonsumsi pil plasebo atau aktif?

    Benjolan Bawah Dagu

  • Oleh : Rennym
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Tanya Bidan