×

Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Bagikan Artikel :

Bahagia? Tentu saja boleh! Jangan tutupi rasa senang ketika tahu anda dinyatakan positif hamil. Hal penting yang harus dipersiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati.

Bukan hanya secara fisik, tetapi psikis pun tak boleh anda lupakan untuk menjamin kelancaran kehamilan, persalinan, dan kehadiran sang buah hati.

Lakukan langkah ini setelah dinyatakan positif hamil.

1. Stop KB
Ada banyak calon ibu yang mengeluhkan belum hamil setelah menghentikan penggunaan KB. Namun ada pula yang langsung berhasil hamil. Jangan takut. Pahami dulu fungsi dan cara kerja KB agar persiapan kehamilan anda semakin maksimal. Fungsi dari kontarespsi atau KB sebenarnya untuk menjarangkan kehamilan, bukan menurunkan kesuburan. Setelah lepas kontrasepsi, anda akan merasa sulit hamil sebab tubuh memerlukan waktu yang mengembalikan kesuburan. Jadi, jika anda ingin hamil, sebaiknya persiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Pastikan juga anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi setelah dinyatakan positif hamil.

2. Berhenti Merokok dan Minum Obat Sembarangan, dalam kepulan asap rokok ada 4000 senyawa kimia berbahaya diantaranya; tar, karbon monoksida dan nikotin yang dapat mencetus keguguran, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan kematian. Untuk menghindari paparan zat kimia ke janin, ibu hamil juga dilarang minum obat-obatan sembarangan. Obat resep dokter pun harus dipastikan tidak berbahaya bagi janin.

Related Posts :

    3. Olahraga

    Saat hamil, calon ibu memang harus terlindungi dan tidak melakukan kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Akan tetapi disaat yang sama ibu hamil juga perlu melakukan olahraga berintensitas rendah seperti berjalan kaki, berenang atau yoga kehamilan.

    Melakukan olahraga ringan akan membantu wanita merasa lebih nyaman dengan perkembangan kehamilan mereka. Olahraga ringan yang dilakukan ibu hamil juga akan membantu mereka untuk melahirkan dengan lebih mudah serta menjaga agar berat badan tidak melonjak terlalu tinggi.

    4. Mengubah Pola Makan

    Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi tinggi, berprotein, dan bervitamin. Kalahkan apa yang anda tak suka, kalau ternyata itulah yang terbaik untuk kandungan.
    Hindari pula makanan yang berpotensi buruk pada janin, speerti makanan yang kurang matang, berkafein tinggi, hingga mengandung MSG.

    5. Bergabung dengan komunitas Curhat Bidan (Fanpage dan Twitter). Jadilah calon ibu yang up to date dalam urusan kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi.

    Itulah 5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil , dan masih banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan saat kehamilan agar janin didalam kandungan tetap sehat. Semoga bermanfaat, terima kasih.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 11, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : stepanie6022
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Ledir disertai darah

  • Oleh : Nita Trisnawati
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo bu bidan.. Saya mengalami haid tida teratur..
    Haid bulan januari tgl 6 dan 27
    Tapi bulan februari ini terdapat lendir ada darah setitik…
    Tapi sampai tanggal 23 ini saya blum kunjung haid juga… Apakah hanya bergeser tanggal atau gimana ya bu

    Tanya Bidan