×

Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Olahraga sangat penting dilakukan oleh semua orang untuk menjaga stamina tubuh tetap bugar dan sehat. Namun bagaimana dengan ibu hamil? Apakah masih boleh berolahraga dan pentingkah?

Tidak sedikit calon ibu yang bertanya seperti itu, namun perlu ibu ketahui bahwa olahraga sangat penting dilakukan oleh ibu hamil juga. Alasannya karena, bila saat hamil Anda kurang bergerak dan hanya duduk berdiam diri serta tiduran saja, justru hal itu bisa memicu datangnya penyakit seperti diabetes atau gestational. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu aktif bergerak untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan janin Anda. Berikut dibawah ini jenis olahraga yang aman dilakukan saat masa kehamilan.

Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Masa Kehamilan

Sebelum menjelaskan beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan ibu hamil, mari kita cari tahu terlebih dahulu mengenai apa saja sih manfaat yang diperolah ibu dan janin dari berolahraga.

Meski Anda kini tengah hamil, namun jangan takut untuk berolahraga yah. Karena, olahraga itu sangat penting dilakukan pada masa kehamilan dan banyak pula manfaatnya bagi si ibu dan janin.

  • Manfaat olahraga untuk calon ibu:
  • Mencegah obesitas saat hamil
  • Kalori lebih banyak
  • Menstabilkan tekanan darah, sehingga membantu Anda mengurangi rasa mual dan pusing
  • Tubuh tetap bugar
  • Mencegah keluhan nyeri punggung
  • Paru-paru jadi lebih sehat
  • Meningkatkan volume sel darah merah
  • Oksigen dalam darah lebih banyak
  • Tidur lebih nyenyak
  • Mempermudah proses kelahiran

Selain untuk ibu, ternyata olahraga juga memberikan manfaat bagi janin yang dikandungnya. Menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Sekitar 10 menit latihan teratur akan meningkatkan denyut jangung bayi dan akan terus meningkat seiring dengan olahraga yang dilakukan sang ibu.

Maka dari itu, bagi Anda yang kini tengah mengandung, jangan takut untuk melakukan olahraga yah, karena olahraga pun dibutuhkan untuk menjaga tubuh ibu dan janin tetap sehat dan bugar.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa manfaat hebat yang diperoleh dari berolahraga saat hamil. Kini saatnya Anda mengetahui jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya yaitu:

Senam kegel
Senam ini menjadi favorit para ibu hamil yang ingin tetap mempertahankan berat badan idealnya. Selain itu, senam kegel juga bertujuan untuk mengurangi rasa sakit akibat dari perubahan tubuh serta melancarkan proses kelahiran bayi. Sebaiknya, Anda biasakan untuk melakukan senam kegel di awal kehamilan untuk memberikan hasil yang lebih optimal.

Senam pilates
Senam jenis ini membutuhkan pelatihan dasar terlebih dahulu, maka dari itu sebaiknya Anda mintalah pelatih untuk menjadi intstruktur senam pilates saat hamil. Jenis senam ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot dan mencegah timbulnya rasa nyeri.

Aerobik ringan
Sebelum melakukan jenis olahraga ini, sebaiknya Anda
berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan, apakah kandungan Anda cukup
kuat untuk mengikuti jenis olahraga ini atau tidak. Aerobik ringan ini
bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah ambeien dan
meningkatkan kadar oksigen.

Streching
Streching sangat baik dilakukan pada awal kehamilan trimester pertama dan bisa dikombinasikan dengan olahraga lain sebagai pemanasan. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko komplikasi kehamilan dan mengurangi risiko iritasi pada kehamilan.

Berenang

Banyak ibu hamil yang tertarik dengan olahraga berenang.
Manfaatnya yaitu dapat mengurangi tekanan pada punggung dan kaki ibu
hamil yang mudah lelah.

Yoga
Ini cocok sekali dilakukan oleh para ibu hamil muda dengan seiring bertambahnya usia kehamilan mereka. Yoga bukan hanya menyehatkan namun juga memberikan ketenangan atau relaksasi pada ibu hamil. Sehingga sangat cocok dilakukan oleh wanita hamil.

Olahraga statis
Anda bisa menggunakan sepeda statis didalam rumah dan
lakukanlah secara perlahan. Olahraga ini bisa membantu Anda dalam
menjaga kesehatan saat hamil.

Jalan santai
Disarankan bagi ibu muda untuk sering jalan santai. Hal ini dapat membuat ibu yang sedang hamil muda lebih tenang dan menghilangkan stress.

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis olahraga diatas. Pilihlah salah satu jenis olahraga yang Anda senangi untuk menjaga kesehatan tubuh Anda selama masa kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan semoga Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 11, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pemberian susu formula pada bayi prematur

  • Oleh : eureeka
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    cara menemukan g-spot pada wanita

  • Oleh : Gita Febian
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

  • Oleh : Gita Febian
  • Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan
  • 6 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan