×

Kenali 10 Ciri atau Tanda Hamil Kembar

Bagikan Artikel :

Pastinya memiliki anak kembar merupakan impian sebagian besar pasangan suami istri. Dengan hadirnya anak kembar, maka akan semakin menambah semarak suasana keluarga anda, dan tentunya menjadi sebuah berkah tersendiri yang diberikan oleh Tuhan disela-sela keluarga anda. Anak kembar memang istimewa, karena biasanya bayi didalam rahim yang dikandung hanya satu saja, akan tetapi anda bisa sekaligus dua hingga tiga bahkan untuk beberapa kasus dalam sekali melahirkan. Tentu saja sebuah anugerah bagi anda dan juga keluarga.

Biasanya ibu yang melahirkan bayi kembar, memiliki ciri-ciri yang lebih cenderung berbeda dengan yang sedang hamil yang tidak kembar. Hal ini bisa ditandai dari ciri-ciri fisiknya. Tentu perubahan hormon akan lebih banyak dua kali lipat dihasilkan, sehingga fisik maupun psikis pun akan berbeda dari ibu hamil lainnya.

Inilah 10 ciri atau tanda wanita yang sedang hamil kembar:

Related Posts :

    1. Riwayat anak kembar dalam keluarga
    Potensi kehamilan kembar bisa didapatkan pada saat pasangan ataupun yang bersangkutan mempunyai riwayat kembar. Meskipun sering tidak terdapat bukti yang mendukung kalim ini, tapi potensinya bisa jauh lebih besar ketika mempunyai riwayat kembar.

    2. Peningkatan kandungan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin)
    Wanita hamil yang dicurigai sedang hamil anak kembar, ada peningkatan jumlah hormon HCG yang relatif cepat pada sepuluh hari pertama, kadarnya bisa meningkat jadi 2x lipat dibandingkan kehamilan biasa.

    3. Merasa mual sejak awal kehamilan
    Mual yang intensitasnya lebih banyak dibandingkan ibu hamil biasa, mual-mual ini terjadi karena kadar HCG yang jauh lebih banyak.

    4. Intoleransi pada makanan tertentu
    Intoleransi yang cukup ekstrim untuk makanan, bau serta tekstur dan juga penampilan beberapa makanan tertentu. Umumnya seperti masakan daging, makanan laut, kopi, dan juga teh yang merupakan zat yang dianggap cukup menjijikan.

    5. Perut lebih besar
    Perut seorang ibu hamil tampak lebih besar karena mencerminkan fakta bahwa ada 2 embrio didalam kandungannya.

    6. Merasa sangat lelah dan cukup sering buang air kecil
    Rasa lelah dan sering buang air kecil memang sering juga terjadi pada kehamilan normal. Namun beberapa ibu yang mengandung anak kembar merasakan kelelahan dan buang air kecil yang lebih sering dibandingkan dengan yang hamil biasa.

    7. Merasa gerakan bayi lebih dini
    Seorang ibu yang hamil bayi kembar pada umumnya bisa merasakan gerakan bayinya lebih dini pada masa awal kehamilan.

    8. AFP anda meningkat
    Anda akan mendapatkan informasi dari dokter atau bidan bahwa kadar AFP (Alpha Fetoprotein) anda meningkat. Kadar AFP merupakan protein yang dilepaskan oleh bayi pada saat dia tumbuh dan ditemukan didalam darah ibu, ini dapat meningkatkan pada saat ada lebih dari satu bayi. Normalnya tes darah bagi ibu hamil secara sederhana akan diberikan pada 16 hingga 18 minggu sejak menstruasi ibu hamil yang terakhir. Pemeriksaan Alpha Fetoprotein dapat mendeteksi lebih dari separuh kehamilan anak kembar.

    9. Dokter bisa mendengarkan dua detak jantung
    Dua detak jantung bayi yang terpisah bisa dibuktikan hingga usia kehamilan berusia 12 minggu. Pada usia kehamilan sekitar usia 28 minggu, sangat memungkinkan untuk dapat membedakan dua kepala janin dan juga beberapa bagian kecil pada saat melakukan pemeriksaan USG.

    10. Hasil pemeriksaan USG positif
    Apabila anda percaya bahwa saat ini anda memang sedang hamil kembar, USG bisa dilakukan sejak awal masa kehamilan. Dengan pemeriksaan dokter atau bidan yang ahli dalam USG, dua embrio dan juga dua detak jantung dari janin yang kuat bahkan bisa dilihat sejak 6 minggu dari hari pertama menstruasi terakhir anda. Banyak juga bayi kembar yang sudah biasa didiagnosa sejak usianya 5 minggu, pada saat anda baru terlambat dari menstruasi satu minggu.

    Itulah 10 ciri atau tanda hamil kembar. Jika anda merasa yakin sedang hamil kembar, segeralah periksakan pada dokter atau tanya bidan agar mendapat saran yang tepat.

    Yuk baca juga: Manfaat Berkomunikasi Dengan Janin Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 22, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Telattt menstruasi

  • Oleh : Tri Utari
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Bu dokter
    Sebelum nya saya mohon maaf
    Saya terakhir haid tanggal 4 Desember 2021
    Tapi kenapa setelah ganti bulan sampai sekarang
    Tanggal 25 Januari 2022 saya belum juga haid
    Nah terus saya berinisiatif ingin menespeck tapiii
    Hasil dari tespack tersebut negatif itu kenapa ya dok
    Padahal saya ingin hamil sekali

  • Oleh : Tri Utari
  • Berat badan anak

  • Oleh : Dica Rustiana
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu bidan anak saya sekarang usia 5 buln tapi BB dia rendah cuma 5,6 asi saya cuma keluar dikit apa yg harus saya lakukan ??
    Saya kasih sufor tapi dia gk bisa pake botol dotnya kalo kasih bubur instan sudah boleh belum ya Bu ??
    Kalo sudah boleh bubur instan apa untuk penambah berat badan ank ??
    Mohon bantuannya Bu bidan terimakasih..

  • Oleh : Dica Rustiana
  • Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • telur bebek+madu

  • Oleh : fadlan lamarundu
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    pertanyaan pertama:
    apakah dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan?

    pertanyaan kedua:
    kalo memang dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan atau bnyk khasianya, sebaiknya untuk mengkonsumsi kuning telur bebek+madu itu baiknya pagi hari atau malam hari?

    semoga jawaban ibu bisa bermanfaat

    Tanya Bidan