×

Ketahui Manfaat Penting Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan

Bagikan Artikel :

Ketahui Manfaat Penting Vitamin D Untuk Kesuburan dan KehamilanBidan Online,- Setiap pasangan yang ingin cepat-cepat memiliki momongan tentunya akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satu cara agar cepat hamil yaitu dengan menjalankan gaya hidup sehat juga menghindari beberapa faktor penyebab kemandulan ataupun ketidaksuburan. Asupan makanan pun sangat berperan penting dalam mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Baca juga tips mencegah kemandulan dengan gaya hidup sehat.  Apalagi untuk anda pasangan yang sedang menjalani program hamil asupan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral sangat di sarankan. Kebutuhan vitamin harian yang tercukupi tidak hanya membuat kesehatan tubuh terjaga namun juga dapat meningkatkan kesuburan. Salah satu vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan yaitu vitamin D. Vitamin D menjadi kandungan yang membantu dalam penyerapan juga pengaturan mineral di dalam tubuh berupa kalsium dan fosfat yang di dapat dari makanan. Tidak hanya itu Vitamin D sangat berperngaruh terhadap kekebalan tubuh, kekuatan otot, produksi hormon, peradangan juga pertumbuhan sel.

Selain manfaat vitamin E untuk meningkatkan kesuburan, satu lagi vitamin yang berperan aktif dalam kesuburan pria dan wanita yaitu vitamin D. Tentunya anda belum terlalu familiar jika mendengar manfaat vitamin D sangat baik untuk meningkatkan keseburan. Vitamin D lebih populer sebagai vitamin yang memiliki manfaat untuk pembentukan tulang dan gigi. Ternyata vitamin D memiliki manfaat lainnya sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Bahkan menurut Bahkan hal itu dibuktikan dengan sebuah penelitian di Medical University of Graz, Australia. Hasil penelitiannya menunjukan jika kandungan vitamin D yang berasal dari sinar matahari memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah sperma pria juga menyeimbangkan hormon seksualitas pria dan wanita. Sumber vitamin D terbaik dan alami yaitu sinar matahari di pagi hari antara pukul 7 sampai 10 pagi.

Bahkan wanita yang jarang terkena sinar matahari menyebabkan proses ovulasi yang lebih rendah. Tidak hanya dari sinar matahari, vitamin D dapat anda dapatkan dari beberapa makanan berikut seperti telur, minyak ikan, juga hati. Vitamin D sekitar 20% bisa anda dapatkan pada makanan tersebut, sedangkan sisanya bisa anda dapatkan dari sinar matahari. Untuk wanita hamil yang kekurangan vitamin D dapat menyebabkan bayi lahir dengan resiko penyakit rakhitis, lahir prematur, diabetes gestasional juga komplikasi pre-eklampsia.

Disarankan untuk anda untuk berjemur setidaknya 20 menit setiap harinya. Mengkonsumsi suplemen vitamin D juga bisa anda lakukan sebagai cara cepat untuk memenuhi kebutuhan auspan vitamin D harian. bentuk suplemen vitamin D sendiri berbeda-beda ada yang berbentuk tablet juga ada yang berbentuk tetes. Untuk wanita hamil dan menyusui kebutuhan vitamin D di perkirakan10 mikrogram. Dengan memenuhi asupan vitamin D pada saat program hamil akan sangat membantu meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesehatan vital

  • Oleh : Putra Inhil
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Permisi buk bidan, saya pernah baca artikel yang menjelaskan tentang bahaya masturbasi pada pria, saya sering melakukan masturbasi, tetapi jika saya berhenti masturbasi, apakah semua akan kembali normal?

    Perbedaan Miom dan Kista Pada Wanita

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Haid tidak lancar setelah melahirkan

  • Oleh : wastini
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

    Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 1 hari, 23 jam yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan