Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan – Mengetahui Masa Subur Setelah Melahirkan adalah suatu hal yang penting, karena dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan maka anda bisa memprediksi keadaan sistem reproduksi anda sudah kembali normal. Selanjutnya dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan, maka anda bisa mengatur kembali program kehamilan anda berikutnya agar tidak hamil terlalu dini ketika anda masih memiliki bayi yang baru lahir. Dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan, setidaknya anda dan pasangan anda bisa mengatur jarak kehamilan anda berikutnya, sehingga anda dan pasangan bisa mensiasati keadaan tersebut.

    Setelah melahirkan, ibu membutuhkan waktu 42 hari atau 6 minggu untuk mengembalikan sistem reproduksi ke bentuk awal seperti saat sebelum hamil. Begitu pula dengan siklus menstruasinya, seorang ibu membutuhkan waktu paling cepat 42 hari untuk mengembalikan hormon didalam tubuhnya sama seperti saat sebelum hamil. Diluar itu, banyak juga wanita yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan menstruasi pertama mereka setelah melahirkan. Umumnya 2-24 bulan tegantung makanan dan pola hidup ibu.

    Kenapa Menstruasi Penting Setelah Melahirkan?

    Karena dengan adanya menstruasi maka kita telah mengetahui bahwa hormon didalam tubuh wanita sudah kembali seperti semula, dan dengan adanya menstruasi maka kita juga mengetahui masa subur setelah melahirkan. Sehingga hal ini bisa digunakan sebagai metode untuk menambah keturunan sekaligus menunda kehamilan. Jika masa subur tidak diketahui maka sangat sulit untuk mengatur jika anda ingin segera hamil lagi atau pun menunda kehamilan. Karena bagaimana pun masa subur adalah hal yang terpenting didalam kehidupan suami istri.

    Lalu Kapan Masa Subur Setelah Melahirkan?

    Segera setelah melahirkan maka seorang ibu akan menyusui bayinya, ketika seorang bayi menyusui maka hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal yang menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Karena ovulasi terganggu maka siklus menstruasi pun terganggu. Namun ibu tidak usah khawatir, karena keadaan ini normal dialami oleh setiap ibu setelah melahirkan dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan. Sehingga untuk menghitung masa subur setelah melahirkan memerlukan minimal waktu 3 bulan untuk menghitung rata-rata menstruasi, sehingga dapat pula ditentukan masa subur.

    Contoh: Jika Menstruasi Tidak Teratur

    Lakukan perhitungan rata-rata menstruasi setiap bulan dilakukan dalam kurun 3 bulan berturut-turut. Akan lebih baik jika dilakukan selama 6 bulan. Misal perhitungan dilakukan selama 3 bulan berturut-turut.

    Februari siklus menstruasi terjadi dalam 28 hari, Maret 35 hari, April 28 hari. Maka rata-rata menstruasi anda adalah (28+32+28)/3 = 28 hari. Jadi, kemungkinan anda mendapatkan menstruasi bulan Mei dengan siklus 28 hari. Masa subur seperti biasa berada dihari ke 14 plus minus 2 dihitung dari haid pertama menstruasi terakhir.

    Contoh menstruasi terakhir tanggal 10 April maka 28 hari kedepan anda akan mendapatkan menstruasi kembali berarti sekitar 8 Mei. Jika menstruasi teratur 28 hari maka perhitungan lebih mudah dilakukan yaitu hari ke 14 dihitung dari menstruasi pertama.

    Misalnya menstruasi tanggal 1 Januari maka masa subur 14 Januari plus minus 2 yaitu sekitar 12 Januari-16 Januari.

    Kebanyakan dokter mengatakan bahwa aman untuk melakukan hubungan suami istri enam minggu setelah melahirkan bayi anda. Jika anda ingin hamil segera setelah melahirkan, itu bisa saja terjadi setelah anda mengetahui masa subur setelah melahirkan, namun resikonya adalah bayi anda yang baru saja lahir akan mendapat perhatian yang sedikit berkurang karena anda sibuk merencanakan untuk kehamilan anda tersebut. Ada baiknya setelah anda mengetahui Masa Subur Setelah Melahirkan, anda bisa menunda sedikit waktu untuk merencanakan kehamilan berikutnya, setidaknya biarkan bayi anda berumur lebih dari satu tahun agar anda bisa lebih fokus untuk memberi perhatian kepada bayi anda tersebut.

    Demikian pengetahuan tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan, semoga bisa membantu anda untuk mempertimbangkan apakah anda ingin mendapat kehamilan segera setelah melahirkan atau pun menunda untuk kehamilan anda setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 13, 2016
    Diskusi Dari:
    Claudia anggelina

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

    Dijawab Oleh : Claudia anggelina
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    wildalaughlin5

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Dijawab Oleh : wildalaughlin5