×

Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari untuk Kualitas Seksual

Bagikan Artikel :


Untuk mengerti gairah seksual maka kita perlu melihatnya dari faktor fisik, psikologis, sosial, dan hubungan. Gairah seksual yang rendah sebagian besar dialami oleh wanita. Menurunnya gairah seksual wanita dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari naik-turunnya hormon, efek samping pil KB, kurang tidur dan kelelahan, ataupun karena sudah menginjak usia menopause.

Padalah kita tahu bahwa hubungan seksual adalah suatu kebutuhan pada kehidupan terutama dalam sebuah pasangan. Hal mudah untuk mempertahankan gairah seksual adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mampu meningkatkan gairah seksual. Nutrisi yang baik sangat penting dalam produksi hormon yang sehat untuk menjaga libido dan meningkatkan kualitas seksual.

Menurut penelitian, makanan kaya protein dapat membantu memberi dorongan seksual, sekaligus meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan dalam berhubungan seksual. penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dari makanan yang dikonsumsi dengan kesehatan seksual.

Makanan Pendorong Gairah Seksual

1) Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber utama dari omega-3. Selain mengurangi peradangan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung, omega-3 juga dapat membantu menaikkan kadar dopamin di dalam otak yang bisa meningkatkan gairah seks.

2) Cokelat

Cokelat mengandung aphrodisiac dan magnesium yang bisa membuat Anda jadi lebih rileks. Terlebih cokelat hitam yang mengandung senyawa phenylethylamine. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal American Diabetic Association, senyawa tersebut memiliki fungsi untuk melepaskan endorfin untuk meningkatkan hasrat seksual. Bahkan, menurut hasil scan otak dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris diketahui bahwa mengonsumsi cokelat memberikan manfaat yang lebih besar untuk otak dari pada sekedar berciuman.

3) Bayam

Menurut sejumlah peneliti dari Jepang, bayam merupakan salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual karena diperkaya oleh magnesium. Magnesium berfungsi terutama untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke organ reproduksi menjadi lebih lancar dan membuat Anda lebih mudah bergairah. Selain bayam, sayuran hijau lainnya seperti brokoli, kubis, kale, kol, dan pok choy juga mengandung folat, nutrisi penting untuk meningkatkan gairah seksua baik pada wanita maupun pria.

4) Tiram

Termasuk makanan pembangkit gairah seksual yang sudah terkenal sejak zaman Romawi kuno. Tiram mengandung zinc yang sangat tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan gairah seksual dengan membantu produksi jumlah sperma dan produksi hormon testosteron. Selain itu, tiram bisa mengoptimalkan fungsi sistem saraf, sebab asam lemak omegatiganya cukup tinggi. Tiram juga mengandung dopamine, yakni hormon yang dikenal bisa meningkatkan gairah seksual dan dihasilkan saat Anda orgasme.

5) Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ternnyata mampu meningkatkan gairah seksual terutama kacang almond dan kacang mete. Kandungan seng dan Omegatiga yang memperlancar aliran darah, sehingga bisa meningkatkan libido. Makanan-makanan ini juga memiliki kadar dopamin tinggi, yang membantu memicu gairah dengan cara yang sama seperti cokelat.

6) Alpukat

Buah ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, karena memiliki lemak sehat tak jenuh tunggal dan vitamin B6, yang semuanya membantu menjaga energi dan dorongan seksual Anda tetap tinngi. Alpukat juga merupakan sumber omega 3 yang bagus.

7) Jahe

Manfaat jahe telah diakui di seluruh dunia selama berabad-abad sebagai obat. Jahe bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan flu, selain itu jahe mampu meningkat libido. Jahe menghangatkan darah dan berfungsi sebagai stimulan sistem peredaran darah, sehingga meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Manfaat Vitamin Untuk Seksualitas

Vitamin-vitamin yang terdapat di dalam makanan tentunya sangat berkhasiat untuk tubuh karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat melancarkan sirkulasi dalam darah

1. Vitamin A

Bukan hanya untuk mata, vitamin A juga berperan penting untuk meningkatkan gairah seks, karena meningkatkan produksi hormon seksual Anda. Agar gairah lebih menggelora, sebaiknya vitamin ini dikonsumsi oleh Anda dan pasangan.

2. Vitamin B3

Vitamin ini punya tugas penting saat bercinta, yaitu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin Anda. Aliran darah yang meningkat di area tersebut akan membantu Anda mencapai orgasme.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin peningkat libido karena membantu mengendalikan produksi prolaktin yang tinggi dalam tubuh. Kadar prolaktin yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab perempuan sulit hamil, karena menghambat kesuburan perempuan dan mencegah terjadinya ovulasi.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 juga termasuk dalam vitamin yang meningkatkan gairah seks. Vitamin ini bekerja maksimal untuk para pria. Kandungan bahan aktif ini akan membantu memperbesar pembuluh darah di kelamin sehingga berpotensi membantu ereksi penis.

5. Vitamin C

Vitamin C berperan untuk mensintesis hormon yang bisa meningkatkan gairah seks, kesuburan, dan membantu Anda agar lebih mudah terangsang.

Related Posts :

    6. Vitamin E

    Vitamin ini dikenal bagus untuk kulit, dan dianggap sebagai vitamin seks. Ini disebabkan karena vitamin E mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke alat kelamin Anda sehingga membantu meningkatkan produksi hormon seks

    Makanan yang Mampu Mengurangi Gairah Seksual

    a) Roti Putih

    Produk karbohidrat olahan ini bisa mengurangi jam durasi hubungan seksual karena karbohidrat olahan bisa menurunkan kandungan seng dua pertiga. Sedangkan seng penting untuk meningkatkan seksualitas pada pria.

    b) Ganja

    Seseorang yang mengonsumsi ganja akan membunuh dorongan seks selama 24 jam karena efeknya membuat seseorang kehilangan gairah.

    c) Alkohol

    Alkohol berperan sebagai depressor di tubuh. Sehingga, menekan metabolisme, produksi hormon, dan stimulasi saraf.

    d) Gula

    Mengonsumsi banyak gula akanmenyebabkan perut buncit. Dalam jangka panjang, hal itu bisa mengurangi dorongan seksual. Karena gula darah tinggi menginduksi pelepasan insulin di tubuh, yang mengurangi produksi testosteron, hormon yang meningkatkan dorongan seksual Anda. Lemak perut yang membandel diketahui menghasilkan estrogen, yang bisa menurunkan gairah seks.

    e) Licorice

    Tanaman akar manis Licorice cita rasanya yang khas dari asam glycyrrhizic, mengurangi produksi testosteron di dalam tubuh.

    f) Mint

    Mint memang bagus untuk napas segar, tapi mentol dalam mint diketahui mengurangi kadar testosteron.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 23, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 10 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Menstruasi Sakit dan Sulit Hamil

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • Tanya Bidan