×

Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Bagikan Artikel :

Mengetahui masa subur wanita setelah melahirkan baik secara normal maupun caesar itu sangat penting dan menjadi salah satu pertanyaan dari banyak pasangan. Perlu Anda ketahui umumnya rahim wanita setelah melahirkan masih mengalami trauma dan sensitif walaupun terlihat sangat baik. Juga wanita yang sedang dalam masa menyusui mungkin mengalami vagina atrophy atau menipisnya jaringan vagina karena kekurangan hormon estrogen.

Menurut beberapa dokter wanita baru bisa merasakan kembali hubungan intim dengan pasangan setelah 6 bulan pasca persalinan, tapi ada juga yang berpendapat dalam kurun waktu 4 minggu wanita bisa melakukan hubungan seksual. Karena dalam jangka waktu 4 minggu cairan yang dihasilkan oleh bibir vagina sudah berhenti dan dapat melakukan hubungan seksual lagi.

Pentingnya Menstruasi Setelah Melahirkan


Masa subur adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan suami istri karena menjadi satu waktu yang tepat untuk pasangan yang ingin menambah keturunan atau menunda kehamilan. Jika masa subur tidak diketahui maka sulit untuk mengatur apabila Anda ingin hamil atau menundanya. Dengan begitu jika wanita sudah mengalami masa menstruasi lagi akan mudah untuk mengetahui masa suburnya.

Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan biasanya ibu akan segera menyusui sang buah hati, hisapan yang dihasilkan oleh bayi akan membuat perubahan hormonal yang menyebabkan terhambatnya pelepasan sel telur. Sehingga apabila sel telur terganggu maka menstruasi juga terganggu, tapi jangan khawatir karena ini merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap ibu dalam kurun waktu 2-24 bulan setelah proses persalinan.

Untuk menghitung masa subur setelah melahirkan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan menghitung rata – rata menstruasi dari itu didapatkan hasil masa subur wanita.

Bagaimana kalau menstruasi tidak teratur

Cara menentukan masa subur setelah melahirkan adalah melakukan perhitungan rata – rata menstruasi setiap bulan selama 3 bulan berturut – turut.

Contoh, pada bulan februari menstruasi terjadi dalam waktu 28 hari, lalu bulan maret 35 hari dan april 28 hari. Maka untuk menghitungnya dengan cara 28+35+28 : 3 = 28hari. Kemungkinan Anda mendapatkan menstruasi pada bulan mei dengan siklus 28 hari. Masa subur seperti biasa pada hari ke 14 plus, minus 2 dihitung di hari pertama menstruasi terakhir.

Banyak dokter yang mengatakan aman melakukan hubungan intim setelah 6 bulan dari pasca melahirkan tapi itu akan mengurangi perhatian Anda terhadap bayi yang baru lahir karena Anda akan fokus untuk merencanakan kehamilan yang selanjutnya. Sebaiknya setelah mengetahui masa subur setelah melahirkan, menunda sedikit waktu untuk kehamilan yang selanjutnya baru setelah bayi Anda berumur satu tahun, agar fokus Anda bisa lebih fokus memperhatikan bayi Anda.

Itulah informasi mengenai masa subur wanita setelah melahirkan, semoga bisa membantu untuk mempertimbangkan mendapat kehamilan atau menunda setelah Anda melahirkan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 11, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Masalah haid

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu bidan saya sudah menikah 1 tahun.
    Tp saya tdk haid sdh sekitar 11 bulan tp saya blm jg hamil. Sdh usg kata nya tdk ada miom atau kista. Masalah nya apa ya?

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • Bercak darah

  • Oleh : Rara Erlyska
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu. Maaf mau tanya. Saya hari ini keluar bercak darah segar warna kepink”an berair di sertai kram ringan di perut bagian bawah. Sementara saya haid kemarin di tanggal 15-20 november. Apakah itu normal bu? Saat ini saya sedang dalam masa subur. Dan haid yang akan mendatang masih 1 mingguan lebih tepatnya di tanggal 31 desember nanti

  • Oleh : Rara Erlyska
  • Keluhan

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya abis hs untuk yg pertama kli sm suami sy, stlh 2 jam kok sy mlh keluar darah ya.. sy ini knp?

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • Tentang keguguran

  • Oleh : Dewi Utary
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum
    Ka,saya habis keguguran sebulan yg lalu keluar daging kaya ati terus keluar darahnya sedikit udh gitu ga keluar lagi darah, sesudah itu saya sering merasa badan lemes suka mual gituu kemungkinan hamilnyaa udh 2 mingguan gmn bu apa rahim saya ga bersih?

  • Oleh : Dewi Utary
  • Tanya Bidan