×

Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Bagikan Artikel :

Mengetahui masa subur wanita setelah melahirkan baik secara normal maupun caesar itu sangat penting dan menjadi salah satu pertanyaan dari banyak pasangan. Perlu Anda ketahui umumnya rahim wanita setelah melahirkan masih mengalami trauma dan sensitif walaupun terlihat sangat baik. Juga wanita yang sedang dalam masa menyusui mungkin mengalami vagina atrophy atau menipisnya jaringan vagina karena kekurangan hormon estrogen.

Menurut beberapa dokter wanita baru bisa merasakan kembali hubungan intim dengan pasangan setelah 6 bulan pasca persalinan, tapi ada juga yang berpendapat dalam kurun waktu 4 minggu wanita bisa melakukan hubungan seksual. Karena dalam jangka waktu 4 minggu cairan yang dihasilkan oleh bibir vagina sudah berhenti dan dapat melakukan hubungan seksual lagi.

Pentingnya Menstruasi Setelah Melahirkan


Masa subur adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan suami istri karena menjadi satu waktu yang tepat untuk pasangan yang ingin menambah keturunan atau menunda kehamilan. Jika masa subur tidak diketahui maka sulit untuk mengatur apabila Anda ingin hamil atau menundanya. Dengan begitu jika wanita sudah mengalami masa menstruasi lagi akan mudah untuk mengetahui masa suburnya.

Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan biasanya ibu akan segera menyusui sang buah hati, hisapan yang dihasilkan oleh bayi akan membuat perubahan hormonal yang menyebabkan terhambatnya pelepasan sel telur. Sehingga apabila sel telur terganggu maka menstruasi juga terganggu, tapi jangan khawatir karena ini merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap ibu dalam kurun waktu 2-24 bulan setelah proses persalinan.

Untuk menghitung masa subur setelah melahirkan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan menghitung rata – rata menstruasi dari itu didapatkan hasil masa subur wanita.

Bagaimana kalau menstruasi tidak teratur

Cara menentukan masa subur setelah melahirkan adalah melakukan perhitungan rata – rata menstruasi setiap bulan selama 3 bulan berturut – turut.

Contoh, pada bulan februari menstruasi terjadi dalam waktu 28 hari, lalu bulan maret 35 hari dan april 28 hari. Maka untuk menghitungnya dengan cara 28+35+28 : 3 = 28hari. Kemungkinan Anda mendapatkan menstruasi pada bulan mei dengan siklus 28 hari. Masa subur seperti biasa pada hari ke 14 plus, minus 2 dihitung di hari pertama menstruasi terakhir.

Related Posts :

    Banyak dokter yang mengatakan aman melakukan hubungan intim setelah 6 bulan dari pasca melahirkan tapi itu akan mengurangi perhatian Anda terhadap bayi yang baru lahir karena Anda akan fokus untuk merencanakan kehamilan yang selanjutnya. Sebaiknya setelah mengetahui masa subur setelah melahirkan, menunda sedikit waktu untuk kehamilan yang selanjutnya baru setelah bayi Anda berumur satu tahun, agar fokus Anda bisa lebih fokus memperhatikan bayi Anda.

    Itulah informasi mengenai masa subur wanita setelah melahirkan, semoga bisa membantu untuk mempertimbangkan mendapat kehamilan atau menunda setelah Anda melahirkan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 11, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesehatan

  • Oleh : Mingsar Mingsar
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya mao tanya tentang Tip buat menambah tinggi badan dok umur saya udh 21

    Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Dinda vika
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

    Konsultasi KB

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum wr WB,, selamat malam Bu bidan, saya Desty pngn konsultasi tentang haid, selama setahun 9 bulan saya ga pernah haid dan saya memakai KB implan, tp akhir bulan Juli kmren saya udh haid dan haidnya banyak sampe saya berobat mnta obt pnyetop darah tp dpt dua hari udh brhenti haidnya stelah itu haid kembali sampe sminggu, trus mnerus sperti itu Bu jd brhenti haid itu cma sehari dua hari stelah itu haid kembali, apakah itu bahaya apa ngga Bu ,mohon jwbnnya

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • Bisa hamil atau tidak

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya usia saya 22 tahun saya belum menikah saya mau tanya apakah bisa kehamilan bisa terjadi jika tidak pernah berhubungan badan (intim) makasih 🙏

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • Sakit di daerah perut kiri bawah

  • Oleh : Febri Putri
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu bidan , beberapa waktu lalu aku merasakan sakit perut dibawah sblh kiri Sampek kekaki dan beberapa hari ini sakitnya kumat lagi dan keputihan berwarna kuning , tolong di jawab yaa dok ??

    Tanya Bidan