Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tak hanya menyerang dewasa, sakit gigipun sering kali di alami oleh anak-anak. Sakit gigi sendiri merupakan serangan rasa nyeri dan berdenyut pada gusi dan juga gigi, Rasa nyeri dan berdenyut tersebut membuat penderitanya merasakan rasa sakit yang luar biasa, sehingga dapat menghambat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

    Seringnya mengonsumsi makanan yang berperisa manis dengan kandungan gula yang tinggi di anggap menjadi faktor utama pemicu sakit gigi pada anak-anak. Sisa-sisa makanan manis yang tersisa pada sela-sela gigi lama kelamaan akan menumpuk dan membuat bakteri yang terdapat dalam sisa-sisa makanan tersebut menjadi berkembang biak pada gigi. Hal tersebut di karenakan bakteri dalam gigi akan mengubah zat gula menjadi zat asam yang dapat merusak email sebagai pelindung gigi. Yang pada akhirnya bakteri penghancur akan menjalar melalui saluaran hingga ke syaraf yang kemudian akan menimbulkan peradangan dan memicu sakit yang menusuk dan berdenyut pada gigi. Oleh karena itu, sebagai pencegahnnya para orang tua harus selalu teliti dan memperhatikan makanan ataupun jajanan yang di konsumsi oleh sang buah hati.

    Selain dari pada makanan, faktor pemicu sakit gigi pada anakpun dapat di sebabkan akibat penyakit lainnya. Penyaebaba sakit gigi yang satu ini umumnya kurang di ketahui oleh orang tua. Penyakit yang dapat memicu sakit gigi di antaranya adalah sinusitis, angina, polip serta radang gusi. Sakit gigi yang di sebabkan oleh penyakit ini umumnya bersifat relatif. Pasalnya, sebagian anak hanya mengeluhkan rasa ngilu, akan tetapi sebagian besar lainnya merasakan sakit gigi yang begitu menyiksa yang di sertai dengan sakit kepala bahkan demam tinggi. Bila anak mengalami kondisi tersebut, orang tua sangat di sarankan untuk membawa sang buah hati ke dokter.

    Namun adakalanya serangan tersebut terjadi pada kondisi yang tak terduga seperti pada malam hari umpamanya. Maka para orang tua harus bersikap bijak dalam menanganinya. Diantaranya adalah dengan memberikan pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi pada anak,  seperti yang akan tim bidan online uraikan pada kesempatan kali ini.

    Pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi pada anak

    Dan berikut kami paparkan beberapa tips alami, yang dapat anda jadikan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi pada anak, diantaranya adalah:

    1. Memberikan pijatan es batu
    Pertolongan pertama yang  dapat para orang tua lakukan untuk mengatasi sakit gigi pada anak adalah dengan memberikan pijatan es batu. Pemberian es batu dapat meredamkan sakit gigi yang di alami oleh anak. Pasalnya, jika es batu di letakan pada bagian tubuh, maka akan memberikan efek mati rasa sehingga rasa sakit gigi pada anakpun dapat di redam.

    2. Menggunakan Bawang merah dan bawang putih
    Selain dapat di jadikan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang merah dan bawang putihpun dapat di jadikan pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi pada si kecil. Karena  kedua bahan ini sangat mudah di jumpai di dapur, kedua bahan inipun terbilang bahan alami yang efektif dan murah untuk mengatasi sakit gigi. Caranya cukup dengan mengeprek bawang merah dan bawang putih, lalu meletakannya pada gigi yang mengalami rasa sakit. Kandungan yang terdapat di dalam bawang merah dan bawng putih sangat efektif untuk meredamkan sakit gigi yang di alami oleh anak anda.

    3. Menggunakan garam
    Selain menggunakan bawang putih, pertolongan pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi pada anak ada dengan menggunakan garam. Kandungan yodium yang begitu tinggi di dalam garam, menjadi alasan utama mengapa garam dapat mengatasai sakit gigi. Caranyapun sangat mudah cukup dengan mengkumur-kumurkan air garam beberapa kali hingga sakit gigi yang anda alami mereda.

    Nah, itulah beberapa pertolongan pertama yang dapat para orang tua lakukan unuk meredakan sakit gigi pada anak dalam kondisi yang tak terduga. Sebagai pencegahan, rarawatlah gigi si kecil dengan selalu mengajarkannya menggososk gigi secara teratur, dan batasi asupan makanan manis yang sangat mereka sukai. Semoga informasi yang kami sajikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk bunda sekalian.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 26, 2016
    Diskusi Dari:
    Riza

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    Dijawab Oleh : Riza
    Diskusi Dari:
    Gomez

    Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

    Dijawab Oleh : Gomez
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    chairia

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Dijawab Oleh : chairia
    Diskusi Dari:
    Ratna Fitria Febriani

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

    Perlu Jawaban