×

Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan | Sebagai orang tua, bunda tentu ingin jika si kecil selalu sehat dan bugar dalam setiap kondisi. Memberikan asupan Kalsium yang baik dalam susu, dan Protein yang tepat dalam daging atau telur menjadi pilihan. Tapi tunggu dulu bun, buah dan sayurnya mana ? Kedua jenis makanan alami nan sehat ini penting juga untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil lho !
Sepertinya, masalah anak kurang asupan buah dan sayur memang bukan salah bunda sepenuhnya yah, karena kebanyakan anak memang tak menyukai beberapa jenis buah, dan tak menyukai hampir seluruh jenis sayuran.  Walaupun begitu, nutrisi yang ada di dalam buah dan sayuran ini sangat dibutuhkan tubuh anak, seperti Serat, Mineral, Zat Besi, Vitamin, dan kandungan lainnya yang tak bisa didapatkan hanya dari konsumsi daging atau telur saja.

Untuk bunda yang mengalami kesulitan mengajak anak mengonsumsi buah dan sayur, berikut ini kami berikan beberapa tips agar anak mau makan buah dan sayur, sampai mereka benar-benar bisa mendapatkan asupan buah dan sayur di setiap harinya.

Tips Membuat Anak Menyukai Buah dan Sayur


Related Posts :

    Memperkenalkan aneka buah dan sayur dengan bertahap

    Alangkah baiknya, jika bunda sesegera mungkin memperkenalkan anak pada beranekaragam buah dan sayur beserta apa saja manfaat yang bisa ia dapatkan jika rutin mengonsumsi buah dan sayur jenis tertentu. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya bunda tak langsung memperkenalkan semua jenis buah maupun sayur. Pelan-pelan saja bun agar anak bisa dengan mudah mengingat jenis buah dan sayur apa saja yang ada di hadapannya saat itu.

    Selalu sediakan buah dan sayuran

    Selalu menyediakan atau menyetok buah dan sayuran di setiap harinya di rumah, membuat si kecil bisa melihat mereka di setiap hari pula. Cepat atau lambat, mereka akan mempertanyakan kedua jenis makanan tersebut, kemudian mencobanya, dan di waktu yang akan datang ia akan mulai menyukai. Ketersediaan buah dan sayuran di rumah juga bisa menjadi pengganti camilan anak yang biasanya kurang sehat.

    Menyajikannya dalam bentuk yang menarik

    Untuk memberikan daya tarik si kecil pada buah dan sayuran, bunda harus berusaha keras menyajikannya dalam bentuk yang unik. Seperti yang kita ketahui, anak-anak menyukai hal-hal yang unik dan lucu. Contohnya saja bunda bisa membuat paduan buah dan sayur dalam bentuk super hero atau tokoh kartun yang anak sukai. Dengan cara seperti ini, anak akan lebih tertarik memakannya. Namun, catatan penting lainnya adalah jangan terus-menerus menampilkan karakter yah bun, variasikan juga dengan bentuk buah dan sayur secara utuh agar anak bisa lebih mengenal rasa dan teksturnya.

    Langsung melibatkan anak memilih buah atau sayuran

    Tak sedikit anak yang akan merasa senang jika diajak memasak bersama sang bunda. Selain dalam proses pengolahan, bunda juga perlu mengajak anak saat memilih buah dan sayuran secara langsung, baik ketika membeli di supermarket, atau saat memetiknya langsung di kebun. Hal seperti ini dinilai mampu meningkatkan rasa penasaran anak untuk menanyakan beberapa hal. Cara seperti ini akan membuat anak berpikir dan ingin mencoba makan buah dan sayur tersebut.

    Ganti camilan kemasan dengan buah dan sayur

    Bunda yang selama ini membiarkan anak membeli beragam jenis camilan yang kurang baik untuk kesehatan, sebaiknya mulai dari sakarang batasi dan ganti camilan mereka dengan buah atau sayur. Mungkin akan mengalami kesulitan di awal, oleh karena itu berikan ia dalam porsi kecil terlebih dahulu. Setelah dirasa ia mulai terbiasa, bunda bisa menambahkan porsinya. Bukan hanya untuk membantu anak menyukai buah dan sayuran, namun juga untuk membuat anak lebih sehat dan terarah, karena makanan kemasan tersebut identik dengan beberapa zat kimia yang bisa mengganggu fungsi tubuh anak dalam masa pertumbuhan.

    Tekun dan sabar

    Bunda harus tekun dan sabar dalam upaya mengajak anak menyukai buah maupun sayuran. Karena perjalanan bunda tak sepenuhnya mulus, ada kalanya anak harus diberitahu berulang kali, baru ia mau makan buah dan sayur. Intinya bunda harus selalu sabar dan terus tekun yah bun, karena suatu saat nanti anak akan siap menyantap hidangan yang mereka kurang sukai. Anak akan belajar menyukainya jika mereka tahu bagaimana manfaat konsumsi buah dan sayuran tersebut.

    Nah, itulah beberapa cara agar anak bisa menyukai buah dan sayuran dengan gizi dan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 7, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Jaga Produksi

  • Oleh : Miftahul Fikri
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya duda yang ingin tanya bagaimana cara jaga kesuburan sperma di masa duda?

    Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • Kehamilan

  • Oleh : Nadya Humaira
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau curhat mengenai ttg kehamilan

    Waktu itu saya berhubungan dgn cowo, tetapi tidak langsung. Hanya saja ketika cowo mengeluarkan sperma kena tangan dah mengelapnya dengan tisu. Kemudian tangannya mengenai vagina saya. Apakah dapat menyebabkan kehamilan?

    telat haid

  • Oleh : ursulakimmel80
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Tanya Bidan