Tips Ampuh Untuk Mengatasi Mimisan Pada Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Mimisan atau epistaksis merupakan pendarahan dari hidung yang di sebabkan oleh trauma pada hidung atau penyakit tertentu. Tak hanya terjadi pada orang dewasa, kondisi ini juga kerap di alami oleh anak-anak. Bahkan sebagian orang tua sering kali terkejut saat mereka melihat darah yang mengucur dari hidung si kecil tanpa sebab.

    Namun, anda tak perlu khawatir jika anak mengalami mimisan dalam keadaan sehat dan aktif. Selain itu, mimisan pada anak juga tidak di golongkan kondisi yang berbahaya, apabila mimisan di alami oleh anak tidak dalam kondisi demam. Meski begitu, bunda sebaiknya perlu mengetahui berbagai penyebab mimisan pada anak.

    Pada umumnya, penyebab mimisan sangat bervariasi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Polusi. Jika udara kotor terhirup oleh anak-anak otomatis hal tersebut dapat membuat iritasi pada selaput lendirnya. Terlebih selaput lendir pada anak-anak sangat tipis dan mudah robek.
    • Trauma. Trauma pada hidung anak dapat terjadi pada saat hidung anak mengalami benturan, mengorek hidung terlalu keras atau terpukul benda lainnya.
    • Udara dingin. Pada sebagian anak yang tidak dapat beradaptasi dengan udara dingin, dapat menyebabkan anak mengalami mimisan. Salah satunya adalah AC yang terlalu dingin dalam suatu ruangan.
    • Obat-obatan. Beberapa jenis obat juga sering kali menyebabkan mimisan pada anak. Seperti salah satunya jenis obat steroid yang berfungsi untuk melegakan hidung mampet pada anak ataupun jenis obat lainnya yang tidak cocok dengan kondisi anak anda.
    • Infeksi. Pada beberapa kasus, mimisan pada anak juga sering kali terjadi akibat infeksi, seperti vestibulitas atau peradangan pada selubung akar rambut yang terjadi di bagian depan rongga hidung anak. Ataupun infeksi lainnya seperti sinusitis.

    Jika anak sedang mengalami mimisan, di harapkan anda tidak panik. Namun, ada baiknya anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya. Bagaimana cara mengatasi mimisan pada anak? Untuk mengetahuinya, anda dapat menyimak beberapa cara dan tips mengatasi mimisan pada anak, yang akan tim bidan online paparkan pada kesempatan kali ini.

    Jangan membaringkan atau menundukkan kepala anak
    Salah satu pertolongan pertama yang dapat di lakukan pada saat anak mengalami mimisan adalah dengan tidak menundukkan kepala anak. Karena hal tersebut hanya dapat memperparah kondisi mimisan anak. Selain itu, hindari pula untuk mengangkat kepala anak ke atas (menengadah).

    Posisikan anak dengan posisi badan tegak
    Posisikan anak dalam keadaan duduk dengan sedikit kepala yang maju. Kemudian anda dapat menggunakan jempol dan telunjuk untuk menutup lubang hidung dengan cara memijatnya selama 2 hingga 5 menit, dan atur nafas anak melalui mulut.

    Gunakan daun sirih
    Tips menghentikan mimisan pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Anda dapat mengambil daun sirih, yang sebelumnya telah di cuci bersih kemudian gulungkan seukuran lubang hidung anak. Anda dapat menyumpalkannya pada lubang hidung anak selama 15-20 menit.

    Menggunakan es batu
    Jika aliran darah tak kunjung berhenti, anda dapat meredakannya dengan menggunakan es yang di bungkus dengan lap atau kain. Kemudian tempelkan di antara kening dan hidung anak. Es sendiri berkhasiat dapat membantu memperkecil pembuluh darah, sehingga pendarahan yang terjadi pada hidung dapat berhenti.

    Nah, itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi mimisan pada anak. Apabila mimisan anak tidak kunjung reda, segera larikan anak anda ke pusat pengobatan terdekat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 20, 2016
    Diskusi Dari:
    Aolia SucCie Priyatna

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Riza

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    Dijawab Oleh : Riza
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    albertag59

    Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

    Dijawab Oleh : albertag59