×

Tips Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Obesitas

Bagikan Artikel :

Ketika obesitas atau kegemukan menyerang, penerapan diet sehat yang diimbangi dengan kegiatan olahraga secara teratur bisa menjadi solusi paling efektif. Namun, bagaimana jika obesitas tersebut terjadi pada sang buah hati yang notabenenya masih membutuhkan asupan makanan dengan gizi lengkap. Untuk itu, langkah atau tips cara berikut ini bisa menjadi solusi yang pas dalam mengatasi obesitas pada anak.

Tips Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Obesitas


1. Memerhatikan makanan yang diberikan pada anak

Perbanyak konsumsi buah dan susu yang baik untuk pertumbuhan anak dengan porsi yang seimbang. Hindari konsumsi makanan cepat saji, makanan kemasan, dan minuman manis, yang tinggi kandungan kolesterol, gula, dan garam.

2. Memperbaiki teknik mengolah makanan

Anak memang dikenal lebih
menyukai makanan yang digoreng. Namun jika terlalu banyak konsumsi
makanan tersebut, justru akan membuat banyak lemak yang menumpuk dalam
tubuhnya. Sebaiknya, bunda coba untuk memberikan olahan makanan yang
dikukus, panggang, atau rebus yang lebih menyehatkan.

3. Berikan sarapan

Sarapan menjadi awal yang baik untuk anak, ia bisa mengawali hari dengan penuh semangat. Selain itu, memberikan sarapan kepada anak juga bisa mencegah ia makan secara berlebihan di siang hari. Dan akan lebih baik jika bunda memberikan juga ia bekal makanan yang sehat agar si kecil tak jajan sembarangan.

4. Membuat anak disiplin makan

Untuk membantu anak yang obesitas, sebaiknya bunda membuat aturan untuk disiplin makan. Waktu makan dan dimana anak harus makan menjadi hal yang perlu ditetapkan. Ajak anak untuk selalu makan di meja makan, sehingga ia bisa menghindari makan di depan televisi atau komputer. Pasalnya, makan sambil menonton tayangan di televisi tak akan memuat anak sadar seberapa banyak ia makan.

5. Batasi kegiatan di depan TV, gadget, atau komputer

Kebiasaan anak yang hanya duduk di depan tv atau memainkan smartphonenya, membuat anak menjadi pribadi yang kurang aktif bergerak dan memicu kenaikan berat badan sampai obesitas muncul. Cobalah untuk mengajak anak bermain di luar rumah seperti bersepeda atau bermain bola.

6. Rutinitas olahraga bersama

Pastikan untuk membuat jadwal dalam menjalankan rutinitas olahraga bersama, walaupun hanya jogging di setiap pagi atau bermain bola di sore hari. Anda juga harus beritahukan padanya bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat untuk tubuhnya. Sehingga ia akan sadar betul untuk menjalankan rutinitas sehat tersebut.

Related Posts :

    Larangan Dalam Menurunkan Berat Badan Anak

    Selain tips untuk mengatasi anak yang obesitas, anda juga perlu memerhatikan beberapa hal yang perlu dihindari saat melakukan program untuk menurunkan berat badan anak, di antaranya :

    Memutuskan target berat badan

    Sebaiknya, anda jangan memutuskan target berat badan anak harus turun menjadi berapa kilo. Fokuslah pada kebiasaan makan dan aktivitas fisik yang menyehatkan, dengan menambahkan beberapa pujian jika anak mampu melakukannya.

    Diet yang salah

    Sudah menjadi kesadaran setiap orang tua, bahwa anak masih membutuhkan berbagai jenis makanan dalam membantu tumbuhkembangnya. Jika obesitas dialaminya, diet ketat dengan membatasa kalori dan lemak secara signifikan justru akan memberikan hasil yang baik. Walaupuan anda harus berusaha membantunya dalam menurunkan berat badan, sebaiknya lakukan secara bertahap.

    Obat penekan nafsu makan

    Jangan sesekali memberikan anak obat penekan nafsu makan, bahkan ketika anda ingin membantunya menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan belum ada obat dengan fungsi tersebut yang benar-benar aman untuk anak.

    Mengejek

    Mengejek anak dengan kata “gendut” tak akan membuatnya ingin menurunkan berat badan, justru akan kesal dan marah. Sehingga ia pun tak mau menurunkan berat badannya sesuai dengan yang anda minta.

    Jika anda ingin membantu menurunkan berat badan anak dengan baik, bidan online merekomendasikan anda untuk mengikuti Tips Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Obesitas di atas dan hindari beberapa larangannya juga. Walaupun anak yang gemuk atau kelebihan berat badan terlihat lucu, namun ada beberapa risiko penyakit yang menyertainya jika kondisi tersebut tidak segera ditangani.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 18, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluar daraha bnyak setelah berhubungan

  • Oleh : Darin Darina
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya gak lagi haid taoi pas sesudah berhubungan begitu d lepas banyak keluar darah . Malah serti kagi haid ada gumpalan nya sesudah itu juga keluar lagi seperti haid biasa nya. Itu kenapa yaa

  • Oleh : Darin Darina
  • Kehamilan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 6 tahun yang lalu

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    Keputihan abnormal

  • Oleh : Ms. SS
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya mengalami keputihan, tidak gatal dan berbau, tapi tekstur nya sangat kental dan lengket. Saya Bingung apakah keputihan ini normal atau yang abnormal?

  • Oleh : Ms. SS
  • Bayi tidak mau menyusui

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Malem bu.sya mau tanya,soal anak sya yang gk mau mnyusu.sya kemaren hri mggu habis kecelakaan spda motor trus periksa ke rs dkasih obat.stelah it anak sya mnum asi sya ya mau tp bru dikenyut trus dilepas nangis,dikenyut lg lepas lg nangis lg.sampe brulang kali.yang sya tnyakan knpa ya smenjak sya jtuh dan konsumsi obat anak sya spt gk mau mnyusui?

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • Tanya Bidan