Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya bidan,- Anak menjadi sebuah harapan bagi kedua orang tua untuk bisa tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas. Namun, hal ini tentunya sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarnya, terutama orang tua. Orang tua menjadi dasar pembentukan kepribadian si anak, agar anak bisa tumbuh jadi pintar dan cerdas, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Dan berikut dibawah ini tips dasar mengasuk anak supaya pintar dan aktif.

    Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

    Gunakan jari telunjuk
    Menurut penelitian yang dipublikasikan di Infant Behavior & Development, balita bisa lebih cepat belajar dan memahami bahasa ketika orang tua menunjuk objek sambil menyebutkan namanya. Hal ini dapat membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak, selain itu Anda juga dituntut untuk menggunakan gaya bahasa tubuh yang jelas dalam membicara atau bermain bersama buah hati Anda.

    Saat berbicara, gunakan intonasi tinggi
    Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Boston University, berbicara dengan bayi menggunakan tata bahasa yang disederhanakan dan intonasi tinggi yang dilebihkan bisa membantu meningkatkan kemampuannya mengingat kata lebih baik daripada jika diajak bicara dengan cara datar.

    Biarkan anak-anak makan sendiri
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Developmental Science, balita yang membuat makanannya berantakan itu bisa mengembangkan kemampuan berbahasanya lebih cepat daripada yang tidak suka bikin berantakan. Hal ini dikarenakan anak-anak bisa belajar sesuatu dari kegiatan mereka yang suka membuat makanan berantakan.

    Jangan langsung memberikan yang anak minta
    Dengan memanjakan anak setiap waktu malam bisa berdampak kurang baik. Ajarkan anak soal kesabaran dan kemampuan untuk mau menunggu. Dengan demikian, ia akan tumbuh dengan kemampuan kognitif dan akademis yang lebih baik.

    Biarkan anak menonton TV
    Menonton TV menjadi salah satu kegiatan atau sarana anak untuk belajar sesuatu. Dengan catatan acara yang ditonton memiliki nilai edukatif dan ditonton dalam waktu yang cukup. Selain itu, perlu juga untuk mendampingi anak saat menonton sebuah acara untuk membantu memahami sejumlah kata atau nilai yang diajarkan acara tersebut.

    Nah, bunda itulah beberapa tips yang bisa Anda ambil dan coba lakukan pada buah hati untuk menunjang kecerdasan anak. Meski demikian, tetaplah selalu awasi kegiatan anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 9, 2017
    Diskusi Dari:
    henrylizotte

    Bagaimana mengatasi stres saat hamil

    Dijawab Oleh : henrylizotte
    Diskusi Dari:
    Riri

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    Neng Atna Julianti

    selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline