×

Benarkah Bayi Yang Gemuk Adalah Bayi Yang Sehat?

Bagikan Artikel :

Benarkah Bayi Yang Gemuk Adalah Bayi Yang Sehat?

Sebagian besar orangtua menginginkan bayi yang gemuk. Selain menggema skan, bayi yang gemuk dianggap bayi yang sehat. Padahal tidak demikian. Selama kurva berat badan aman dan kenaikan berat badan normal maka bayi tumbuh sehat.

Tapi terkadang selain dari orang tua yang menginginkan bayinya gemuk, ada juga kerabat, sodara tau tetangga yang berkomentar kurang baik jika bayinya tidak gemuk hingga bunda merasa gagal menjadi ibu. Akibatnya bunda akan mendatangi dokter anak untuk diberikan vitamin agar anaknya gemuk.

Namun apakah bayi yang gemuk menandakan bahwa bayi tersebut sehat? Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang disebut obesitas (berat badannya jauh melebihi BMI) atau bayi yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis (lahir dengan berat rendah, kemudian si bayi mengalami kenaikan berat badan secara drastis) memiliki kecenderungan kelebihan berat badan berlebih saat dewasa. Jadi, apakah bayi gemuk itu sehat atau justru tanda-tanda obesitas?

Related Posts :

    Penyebab Bayi Gemuk

    Di sisi lain, jika selama hamil sang ibu mengalami gestasional diabetes maupun kelebihan berat badan, bayi yang dikandungnya memiliki kadar glukosa dan lemak yang tinggi selama di dalam rahim. Bayi tersebut lahir dengan berat badan di atas rata-rata (gemuk) dan berisiko mengalami obesitas saat remaja.

    Selain faktor kehamilan, makanan bunda memang turut memengaruhi berat badan bayi, namun sebenarnya tidak ada makanan khusus yang dapat dikonsumsi ibu untuk membuat bayi menjadi gemuk. Yang penting diperhatikan adalah kandungan nutrisi dalam makanan harus cukup untuk ibu dan bayi. Lagipula, bayi gemuk juga tidak selalu berarti bahwa kondisinya sehat.

    Berat Badan Bayi Setelah Disapih yang Perlu Diwaspadai

    Tingkat kenaikan berat badan bayi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Khususnya pada tahun pertama kehidupan bayi. Meskipun bayi dengan berat badan lebih dari rata-rata memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami obesitas, kebanyakan bayi yang gemuk tidak akan mengalami obesitas saat dewasa.

    Baik bayi ASI yang menyusu langsung maupun minum dari botol (ASIP), berat badannya perlu diperhatikan dengan baik setelah mereka disapih.

    Konsultasikan dengan dokter mengenai berat badan si kecil untuk mengetahui apakah gemuk yang dialaminya sehat atau sebaliknya. Mengingat beberapa bayi cenderung memiliki berat badan yang berbeda disebabkan oleh berbagai macam faktor.

    Jangan membatasi ASI saat menyusui si kecil, mengingat sumber nutrisi bayi ASI hanya berasal dari ASI yang didapatkannya dari Moms. Pastikan Moms selalu memberikan makanan sehat dan mengajak si kecil melakukan berbagai aktivitas (bermain), saat ia sudah mendapatkan makanan pendamping ASI.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 24, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Konsultasi

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan, jika haid saya tanggal nya tdk teratur, dan ketika cek sperma suami sy ternyata oligoasthenoteratozoospermia (oat), apakah sy dan suami masih bisa memiliki momongan dg cara promil alami??

    Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

    bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir

  • Oleh : Alfiyah
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 5 tahun yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Tanya Bidan