×

Benarkah Bayi Yang Gemuk Adalah Bayi Yang Sehat?

Bagikan Artikel :

Benarkah Bayi Yang Gemuk Adalah Bayi Yang Sehat?

Sebagian besar orangtua menginginkan bayi yang gemuk. Selain menggema skan, bayi yang gemuk dianggap bayi yang sehat. Padahal tidak demikian. Selama kurva berat badan aman dan kenaikan berat badan normal maka bayi tumbuh sehat.

Tapi terkadang selain dari orang tua yang menginginkan bayinya gemuk, ada juga kerabat, sodara tau tetangga yang berkomentar kurang baik jika bayinya tidak gemuk hingga bunda merasa gagal menjadi ibu. Akibatnya bunda akan mendatangi dokter anak untuk diberikan vitamin agar anaknya gemuk.

Namun apakah bayi yang gemuk menandakan bahwa bayi tersebut sehat? Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang disebut obesitas (berat badannya jauh melebihi BMI) atau bayi yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis (lahir dengan berat rendah, kemudian si bayi mengalami kenaikan berat badan secara drastis) memiliki kecenderungan kelebihan berat badan berlebih saat dewasa. Jadi, apakah bayi gemuk itu sehat atau justru tanda-tanda obesitas?

Penyebab Bayi Gemuk

Di sisi lain, jika selama hamil sang ibu mengalami gestasional diabetes maupun kelebihan berat badan, bayi yang dikandungnya memiliki kadar glukosa dan lemak yang tinggi selama di dalam rahim. Bayi tersebut lahir dengan berat badan di atas rata-rata (gemuk) dan berisiko mengalami obesitas saat remaja.

Related Posts :

    Selain faktor kehamilan, makanan bunda memang turut memengaruhi berat badan bayi, namun sebenarnya tidak ada makanan khusus yang dapat dikonsumsi ibu untuk membuat bayi menjadi gemuk. Yang penting diperhatikan adalah kandungan nutrisi dalam makanan harus cukup untuk ibu dan bayi. Lagipula, bayi gemuk juga tidak selalu berarti bahwa kondisinya sehat.

    Berat Badan Bayi Setelah Disapih yang Perlu Diwaspadai

    Tingkat kenaikan berat badan bayi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Khususnya pada tahun pertama kehidupan bayi. Meskipun bayi dengan berat badan lebih dari rata-rata memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami obesitas, kebanyakan bayi yang gemuk tidak akan mengalami obesitas saat dewasa.

    Baik bayi ASI yang menyusu langsung maupun minum dari botol (ASIP), berat badannya perlu diperhatikan dengan baik setelah mereka disapih.

    Konsultasikan dengan dokter mengenai berat badan si kecil untuk mengetahui apakah gemuk yang dialaminya sehat atau sebaliknya. Mengingat beberapa bayi cenderung memiliki berat badan yang berbeda disebabkan oleh berbagai macam faktor.

    Jangan membatasi ASI saat menyusui si kecil, mengingat sumber nutrisi bayi ASI hanya berasal dari ASI yang didapatkannya dari Moms. Pastikan Moms selalu memberikan makanan sehat dan mengajak si kecil melakukan berbagai aktivitas (bermain), saat ia sudah mendapatkan makanan pendamping ASI.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 24, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 9 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Tentang hubungan seksual

  • Oleh : Teguh Roy
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya hubungan seksual 5 kali dengan pacar saya tanpa menggunakan kondom tpi sperma nya keluar di luar itu dapat hamil apa tidak

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Tanya Bidan