×

Bolehkah Bayi Prematur Dipijat?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Prematur Dipijat?

Pijat pada bayi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Hal ini membuat para Bunda rutin memijat si Kecil setiap 1 minggu sekali. Tapi, bagaimana jika bayi lahir premature apakah boleh di pijat?

Bolehkan Bayi Prematur Dipijat?

Pijat pada bayi prematur sebenarnya dibolehkan. Namun memiliki teknik khusus yang berbeda dengan memijat bayi yang lahir cukup bulan. Walaupun, seperti kita tahu pijat pada dasarnya adalah kontak kulit ke kulit (skin to skin contact), jadi tidak ada hubungannya dengan otot atau tulang. Kunci memijat bayi prematur adalah sentuhan dan ibu mengerti dengan tekniknya.

Skin to skin contact ini adalah tahap awal dari proses pijat pada bayi prematur. Bisa dimulai dengan mendekatkan anak ke dada ibu atau melalui cara kangaroo care, lalu perlahan-lahan mulai teknik memijat. Teknik pijatnya pasti berbeda dengan bayi normal. Kita bisa mulai dengan memegang bayi dulu pelan-pelan, lalu mulai peluk dan sentuh perlahan kulit bayi. Setelah itu bisa lakukan teknik pijat khusus bayi prematur

Related Posts :

    Kondisi ini tentunya berlaku bagi bayi prematur yang sudah tidak mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit ya, Bun. Tapi, Bunda juga mesti berkonsultasi dengan dokter dan tenaga ahli khusus untuk mempelajari gerakan tepat memijat bayi prematur. Selain berdampak positif pada kenaikan berat badan dan pencernaan bayi prematur, pijat bayi juga dapat meningkatkan pemberian ASI lebih banyak karena biasanya (pijat) dilakukan saat bayi menyusu,

    Jangan Lupa Konsultasi Dulu Dengan Dokter Anak Sebelum Dipijat

    Kondisi bayi prematur cenderung lebih rentan mengalami masalah kesehatan, mengingat si kecil sudah keluar dari rahim ibunya sebelum waktunya. Selain itu, pertumbuhan organ tubuh bayi prematur biasanya belum matang.

    Kemudian, ia harus menghadapi kondisi lingkungan yang sangat berbeda dari dalam rahim, sehingga lebih mungkin mengalami hipotermia, infeksi, dan penyakit lainnya.

    Maka dari itu, apabila ingin memberikan pijat kepada bayi prematur, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter spesialis anak yang merawat si kecil. Selama kondisi bayi prematur dikatakan stabil, biasanya tindakan pijat boleh diberikan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 7, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Vagina

  • Oleh : Qurata Aini
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ..
    Buk saya tidak nyaman di bagian vagina saya …selain keputihan ada juga benjolan di vagina….terkadang datang rasa denyutan yg sakit memang cuma sebentar tp itu dalam seminggu 2 kali …. Kalau berhubungan intin kputihannya melebihi keputihan yg biasa …. Terkadang saya merasa takut …krna benar2 udah tidak wajar …bagaimana solusinya buk ….terima kasih

    Mensturasi

  • Oleh : Nadine Maharani
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya berumur 10 tahun saya sudah keputihan udah lama tetapi kenapa belum mensturasi ya dok?

  • Oleh : Nadine Maharani
  • Bayi Gelisah Saat Akan BAK

  • Oleh : Diranan
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama saya hamil, apakah ini berbahaya atau tidak ya bu? Ditunggu jawabannya.

    Tanya Bidan