×

Cara Membersihkan Kerak Pada Kulit Kepala Bayi

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Mungkin pada sebagian orang akan merasa kaget saat melihat kulit kepala bayi terlihat seperti ada ketombe. Tetapi hal ini tidak perlu khawatir karena kerak kepala pada bayi baru lahir memang sangat umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya, tetapi kondisi tersebut sangat perlu ditangani dengan tepat.

Kerak kepala atau yang disebut dengan Crandle Cap adalah istilah umum dari dermatitis seboroik menurut istilah kedokteran. Menurut orang awam hal tersebut dikenalnya dengan istilah ketombe yang biasa terjadi pada anak-anak atau dewasa. Kerak ini biasanya akan terkelupas dengan sendirinya seperti serpihan ketombe. Kerak tersebut muncul karena dipengaruhi hormon sang ibu, sehingga mengakibatkan produksi minyak yang berlebih pada jaringan kulit bayi. Tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut bersifat sementara hingga usia bayi 8-12 bulan. Adanya kerak pada kulit kepala bayi tersebut cukup membuat gatal, dan mengganggu pada pertumbuhan rambut bayi. Oleh karena itu Bunda harus rutin merawat rambut serta kulit kepala bayi dengan tepat dan baik.

Cara Membersihkan Kerak Kepala Bayi

Untuk membantu dalam mengurangi penumpukan kerak pada kulit kepala bayi, berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi kondisi tersebut, antara lain :

Related Posts :

    1. Gosok secara perlahan pada kulit kepala dengan menggunakan jari atau kain untuk meluruhkan serpihan kerak. Tetapi jangan sampai menggaruk kulit kepalanya. Setelah itu gunakan shampo bayi dengan formulasi yang ringan. Perlu diketahui, sebelum menggunakan shampo tersebut baca terlebih dahulu pada cara pemakaiannya sebelum menggunakannya.

    2. Saat menggunakan shampo, bersihkan serpihan kerak tersebut menggunakan sisir kecil dengan sikat yang lembut, kemudian bilas dengan air.

    3. Untuk menghilangkan kerak yang keras, Bunda bisa gunakan minyak zaitun, baby oil, atau minyak almond guna untuk membantu melepaskan kerak yang menempel. Setelah melakukan pemijatan dengan minyak, biarkan selama 15 menit, lalu sisir dengan lembut untuk mengeluarkan kerak-keraknya.

    4. Pastikan untuk tidak meninggalkan minyak dengan terlalu lama pada kepala karena dapat menyumbat pori-pori serta akan membuat kerak menjadi sulit untuk dihilangkan.

    5. Tidak dianjurkn untuk menghilangkan kerak dengan mengelupasnya menggunakan kuku karena dapat menyebabkan luka di kulit bahkan bisa terinfeksi.

    Jika kerak pada kulit kepala bayi tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan selama beberapa minggu, dan keraknya menyebar pada area lain atau berubah menjadi warna merah, sebaiknya untuk segera konsultasikan pada dokter guna untuk mencegah penyebaran. Pastikan untuk selalu mencegahnya datang kembali. Perlu diketahui, jangan terlalu banyak memberikan shampo pada bayi, karena hal tersebut dapat merangsang kelenjar minyak. Saat memandikan bayi, bilas shampo hingga bersih sehingga pori-pori kepala tidak tertutup.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 15, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    bahaya dari placenta previa

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 2 bulan, 4 minggu yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Herpes zooster

  • Oleh : Injelita Maharani
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Rennym
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan