×

Demam Pada Bayi, Tanda-tanda Tumbuhnya Gigi ?

Bagikan Artikel :

Bayi Demam Karena Akan Tumbuh Gigi Benarkah

Banyak masyarakan yang mengasumsikan bahwa proses tumbuhnya gigi pertama pada bayi ditandai dengan bayi mengalami demam hingga rewel. Padalah  para ahli mengatakan tumbuh gigi tidak menyebabkan demam tinggi. Sekalipun anaknya demam saat tumbuh gigi, maka temperatur yang terjadi dalam tingkat rendah muncul dan kemungkinan hal tersebut hanya kebetulan saja atau ada kondisi lain yang menyebabkan anak demam.

Gigi pertama yang tumbuh bisa terjadi kapan saja antara usia 3-15 bulan, tapi sebagian besar bayi rata-rata tumbuh gigi pertama saat berusia 4-7 bulan.

Demam Bukan Pertanda Tumbuhnya Gigi

Terkait kepercayaan di masyarakat bahwa demam bisa jadi tanda anak akan pintar, misalnya akan berjalan atau tumbuh gigi. Hal ini tidak benar. Ini penting untuk orang tua mengenali penyebab anak demam. Sehingga, tidak bisa diasumsikan bahwa anak demam berarti si anak akan pintar dan tumbuh gigi.

Demam juga bukanlah penyakit, melainkan alarm untuk menunjukkan terjadi sesuatu pada tubuh yang dipicu oleh infeksi virus atau bakteri, aktivitas anak yang berlebih, kelelahan, terlalu banyak stimulasi, kurang minum, dan pasca imunisasi. Patut diingat bahwa obat penurun panas hanya boleh diberikan ketika suhu tubuh anak mencapai 38,5 celcius dengan resep dokter.

Proses Tumbuhnya Gigi

Proses tumbuh gigi merupakan salah satu bagian dari tumbuh kembang bayi. Bakal gigi akan menembus mukosa gusi pada saat proses pertumbuhan gigi. Kondisi ini menyebabkan pekerjaan tubuh (metabolisme badan) meningkat. salah satunya, ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini, seringkali dianggap orangtua sebagai demam padahal bukan. Dan peningkatan suhu tubuh tersebut belum tentu dialami semua bayi.

Penyebab Kenaikan Suhu Tubuh Saat Tumbuh Gigi

1. Setiap terjadi peradangan pada tubuh akan menimbulkan kenaikan suhu tubuh, begitu juga dengan peradangan yang terjadi pada gusi akibat pertumbuhan gigi. Namun kenaikan suhu tubuh yang terjadi pada bayi masih normal.

2. Pada anak usia 5 tahun, kenaikan suhu tubuh seringkali muncul setiap kali gigi geraham mau tumbuh. Ini karena gusi geraham berada pada gusi belakang yang tebal, sehingga terjadi inflamasi. Tapi, tidak semua anak mengalami kenaikan suhu tubhu setiap kali tumbuh gigi.

Kenaikan Suhu Yang Normal Saat Tumbuh Gigi Pertama

Normalnya bayi memiliki suhu tubuh sekitar mulai dari 36 derajat celcius hingga 37 derajat celcius. Jika sudah mencapai atau bahkan melebihi 38 derajat celcius maka bayi mengalami demam. Beda hal pada tumbuhnya gigi pertama pada bayi, kalaupun ada kenaikan suhu tidak akan melebihi 38 derajat celcius.

Waspadai Jika Bayi Mengalami Demam Tinggi

Walaupun ada kenaikan suhu tubuh saat tumbuh gigi yang pertama itu bisa di atasi di rumah. Biasnya akan hilang setelah 3 hari. Bila pada saat bayi tumbuh gigi mengalami demam dengan suhu tinggi, segera hubungi dokter. Demam dapat berkaitan dengan adanya infeksi, bahkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Dan demam yang tinggi ini bukan penyebab dari tumbuhnya gigi. Untuk memastikan suhu tubuh bayi mengalami demam atau tidak, selalu gunakan termometer jangan hanya mengandalkan tangan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 8, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 6 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 5 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Keputihan

  • Oleh : Prihatin Susilowati
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok mau tanya saya tuh keputihan … keputihannya warnanya semu kuning gitu.. biar hilang gimna ya dok ? Terimakasih

  • Oleh : Prihatin Susilowati
  • Kehamilan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Tanya Bidan