×

Demam Pada Bayi, Tanda-tanda Tumbuhnya Gigi ?

Bagikan Artikel :

Bayi Demam Karena Akan Tumbuh Gigi Benarkah

Banyak masyarakan yang mengasumsikan bahwa proses tumbuhnya gigi pertama pada bayi ditandai dengan bayi mengalami demam hingga rewel. Padalah  para ahli mengatakan tumbuh gigi tidak menyebabkan demam tinggi. Sekalipun anaknya demam saat tumbuh gigi, maka temperatur yang terjadi dalam tingkat rendah muncul dan kemungkinan hal tersebut hanya kebetulan saja atau ada kondisi lain yang menyebabkan anak demam.

Gigi pertama yang tumbuh bisa terjadi kapan saja antara usia 3-15 bulan, tapi sebagian besar bayi rata-rata tumbuh gigi pertama saat berusia 4-7 bulan.

Demam Bukan Pertanda Tumbuhnya Gigi

Terkait kepercayaan di masyarakat bahwa demam bisa jadi tanda anak akan pintar, misalnya akan berjalan atau tumbuh gigi. Hal ini tidak benar. Ini penting untuk orang tua mengenali penyebab anak demam. Sehingga, tidak bisa diasumsikan bahwa anak demam berarti si anak akan pintar dan tumbuh gigi.

Demam juga bukanlah penyakit, melainkan alarm untuk menunjukkan terjadi sesuatu pada tubuh yang dipicu oleh infeksi virus atau bakteri, aktivitas anak yang berlebih, kelelahan, terlalu banyak stimulasi, kurang minum, dan pasca imunisasi. Patut diingat bahwa obat penurun panas hanya boleh diberikan ketika suhu tubuh anak mencapai 38,5 celcius dengan resep dokter.

Proses Tumbuhnya Gigi

Proses tumbuh gigi merupakan salah satu bagian dari tumbuh kembang bayi. Bakal gigi akan menembus mukosa gusi pada saat proses pertumbuhan gigi. Kondisi ini menyebabkan pekerjaan tubuh (metabolisme badan) meningkat. salah satunya, ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini, seringkali dianggap orangtua sebagai demam padahal bukan. Dan peningkatan suhu tubuh tersebut belum tentu dialami semua bayi.

Related Posts :

    Penyebab Kenaikan Suhu Tubuh Saat Tumbuh Gigi

    1. Setiap terjadi peradangan pada tubuh akan menimbulkan kenaikan suhu tubuh, begitu juga dengan peradangan yang terjadi pada gusi akibat pertumbuhan gigi. Namun kenaikan suhu tubuh yang terjadi pada bayi masih normal.

    2. Pada anak usia 5 tahun, kenaikan suhu tubuh seringkali muncul setiap kali gigi geraham mau tumbuh. Ini karena gusi geraham berada pada gusi belakang yang tebal, sehingga terjadi inflamasi. Tapi, tidak semua anak mengalami kenaikan suhu tubhu setiap kali tumbuh gigi.

    Kenaikan Suhu Yang Normal Saat Tumbuh Gigi Pertama

    Normalnya bayi memiliki suhu tubuh sekitar mulai dari 36 derajat celcius hingga 37 derajat celcius. Jika sudah mencapai atau bahkan melebihi 38 derajat celcius maka bayi mengalami demam. Beda hal pada tumbuhnya gigi pertama pada bayi, kalaupun ada kenaikan suhu tidak akan melebihi 38 derajat celcius.

    Waspadai Jika Bayi Mengalami Demam Tinggi

    Walaupun ada kenaikan suhu tubuh saat tumbuh gigi yang pertama itu bisa di atasi di rumah. Biasnya akan hilang setelah 3 hari. Bila pada saat bayi tumbuh gigi mengalami demam dengan suhu tinggi, segera hubungi dokter. Demam dapat berkaitan dengan adanya infeksi, bahkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Dan demam yang tinggi ini bukan penyebab dari tumbuhnya gigi. Untuk memastikan suhu tubuh bayi mengalami demam atau tidak, selalu gunakan termometer jangan hanya mengandalkan tangan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 8, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Penggunaan test pack

  • Oleh : Julia Sarah
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Apa penggunaan testpack jika posisi miring dan melebihi batas maximal bisa tidak akurat?

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • tentang kehamilan

  • Oleh : ridhillah gusni
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    buk bidan, saya baru menikah 5 bulan lalu, smpe saat ini masih belum hamil. saya mengalami flek udh sekitar 2 minggu ini, des saya telat mens 10 hari, namun tadi pagi coba tespack hasil nya negative, jadi flek saya itu kenapa ya buk bidan..?

    Tanya Bidan