×

Manfaat Mencukur Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

Manfaat Mencukur Bayi Baru Lahir

Dalam agama islam, mencukur bayi baru lahir itu hukumnya sunnah. Tapi ternyata mencukur bayi baru lahir ini memiliki banyak manfaat dalam dunia medis. Tapi banyak orang tua yang tidak mengetahui akan hal ini. Oleh Karena itu kali ini Bidan Citra bakalan share mengenai manfaat mencukur bayi baru lahir.

Manfaat Cukur Rambut Bayi Baru Lahir

  1. Kepala dan rambut lebih mudah dibersihkan
    Bayi baru lahir membawa lemak serta kotoran dari rahim ibu di seluruh tubuhnya, salah satunya di bagian rambut. Nah, dengan mencukur rambutnya, sisa-sisa lemak dapat ikut terbuang. Selain itu, akan memudahkan untuk membersihkan kepala dan rambutnya bila kotor.
  2. Membuat bayi merasa nyaman
    Rambut yang lebat ditambah suhu udara yang panas membuat bayi kegerahan. Otomatis ia jadi rewel. Dengan mencukur rambutnya, diharapkan bayi merasa nyaman.
  3. Mendeteksi masalah di kepala
    Saat anak rewel, boleh jadi ada masalah pada bagian tubuhnya, salah satunya di kepala. Mungkin terjadi iritasi, misalnya. Dengan mencukur rambut si Kecil, memudahkan kita mendeteksi masalah yang terjadi terutama di bagian kepala. Ini juga akan memudahkan upaya penanganannya.

Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Mencukur Rambut bayi

Saat memotong rambut, pastikan keamanan dan kenyamanan anak. Hindari membuat anak taku dan pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan seperti gunting, pisau cukur, dan sisir.

Alat Yang Digunakan Untuk Mencukur Rambut Bayi

Alat yang diperlukan untuk mencukur adalah gunting rambut, pisau cukur, 2 handuk kecil yang lembut, dan air hangat secukupnya. Gunting rambut bayi yang masih panjang, kemudian cukur rambut bayi menggunakan pisau cukur. Menurut laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), tradisi waktu mencukur rambut bayi pada masyarakat Indonesia berbeda-beda. Ada yang dilakukan pada hari ketujuh setelah lahir, dan ada juga yang melakukan tradisi tersebut pada hari keempat puluh.

Bagaimana Jika Rambut Bayi Baru Lahir Tidak Dicukur?

Rambut pertama bayi atau disebut velus akan rontok sendirinya pada bulan-bulan pertama. Tanpa dicukur pun, rambut halus tersebut akan rontok pada waktunya. Setelah itu barulah tumbuh rambut permanen.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 10, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ciri2 wanita yg masih perawan

  • Oleh : Aji Marseno
  • 9 bulan yang lalu

    Tanda2nya

  • Oleh : Aji Marseno
  • Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Mual Saat Minum Susu Pada Masa Hamil

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Kehamilan anak ke 2 setelah usia 40 tahun

  • Oleh : Fatima Nur Laina
  • 1 minggu, 5 hari yang lalu

    Perkenalkan saya fatima, saya skrg usia 40 tahun, dan saat ini merencanakan kehamilan ke 2 dengan pernikanan yang ke 2. Saat ini setelah pernikan ke 7 tahun saya belum hamil lagi. Mohon bantu saran ya

  • Oleh : Fatima Nur Laina
  • Tanya Bidan