Benarkah Masalah Kesehatan Ini Memalukan Bagi Wanita?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Mempunyai gangguan atau masalah kesehatan, pastinya akan membuat anda akan merasa cemas dan khawatir akan keselamatan jiwa. Untuk itu, segala cara pengobatan akan dilakukan agar kondisi kesehatan kembali menjadi normal. Selain itu, anda juga akan terus mencari tahu bagaimana cara penanganan yang tepat masalah tersebut.

    Ada beberapa jenis gangguan kesehatan wanita yang tidak atau kurang memberikan rasa sakit, tetapi akan sangat mengganggu dan memalukan. Terlebih jika masalah tersebut sudah diketahui oleh orang lain. Beberapa masalah kesehatan yang memalukan bagi wanita ini bisa anda simak selengkapnya di bawah ini.

    Berbagai jenis masalah kesehatan yang memalukan bagi wanita


    Stretch Mark
    Stretch mark merupakan sebuah tanda pada kulit yang merupakan dampak dari penurunan atau peningkatan berat badan. Gangguan kesehatan ini bisa sangat memalukan, terlebih pada wanita yang berkulit gelap. Bahkan gangguan kesehatan ini tidak mudah untuk disiasati, karena beberapa penggunaan lotion atau alat kosmetik belum ada yang bisa menyembuhkan kondisi ini secara total. Tapi ada tindakan yang paling tepat sebagai upaya pencegahan yakni dengan menggunakan body lotion yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk kulit, dan juga perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin C dan E yang bisa menjaga kesehatan dan keremajaan kulit.

    Kulit Kering dan Mengelupas
    Kulit yang kering dan mengelupas akan tidak enak dipandang. Hal ini menunjukkan bahwa anda sedang mengalami kondisi yang dikenal sebagai defisiensi empedu. Setiap harinya, hati anda menghasilkan sekitar satu liter empedu, emulsifir yang membantu menyerap dan memecah lemak juga membantu detoksifikasi dan mengangkut limbah dari tubuh anda. Nah, jika cairan empedu menjadi padat atau menebal bisa menyebabkan kulit kaki kering mengelupas. Yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen pengganti garam empedu. Carilah suplemen yang mengandung empedu sapi, vitamin A, B, dan C, kolin, lesitin, dan betaine, dan juga makanan seperti lemon dan air, bit, teh akar dandelion.

    Jerawat Dewasa
    Karena semakin banyak wanita dewasa yang memiliki jerawat di wajahnya. Jerawat sendiri sebenarnya disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat minyak dan sel kulit mati. Meskipun ahli kulit belum yakin penyebab utama kenapa wanita lebih cenderung berjerawat, mereka menduga hal itu dipicu dari hormon selama hamil dan menopause.

    Selulit

    Selulit bisa dikatakan musuh terbesar wanita karena bisa mengganggu penampilan seorang wanita yang memengaruhi caranya berpakaian dan rasa percaya diri. Solusinya bisa dengan melakukan olahraga yang teratur. Karena sama seperti stretch mark, selulit juga sulit hilang jika hanya menggunakan alat kosmetik.

    Vagina bau tidak sedap
    Ini bisa terjadi karena bakteri vaginosis yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri dalam vagina. Bau yang tidak sedap pada vagina ini disebabkan oleh penggunaan antibiotik, kebersihan yang diabaikan, mencuci vagina yang berlebihan. Atau juga penyakit menular seksual seperti trikomoniasis dan gonore juga kadangkala bisa menimbulkan bau.

    Keringat Yang Berlebih

    Keringat yang berlebih ini disebut hyperhidrosis. Bahkan penyakit seperti ini bisa diderita oleh orang yang berada di suhu dingin atau ketika sedang beristirahat. Para peneliti percaya bahwa hyperhidrosis ini disebabkan karena kelenjar keringat yang terlalu aktif bekerja. Penderita penyakit ini juga bisa mengalami gangguan kesehatan lainnya seperti cemas, penyakit jantung, menopause, atau kanker.

    Uban
    Belum menginjak usia 30-an tapi rambut sudah tumbuh uban? hal tersebut pastinya akan sangat memalukan. Tumbuhnya uban sebelum waktunya bisa dipicu karena beberapa hal yang biasanya berhubungan dengan faktor genetik. Jadi tidak usah khawatir dengan bagian tubuh anda yang lain. Tapi jika pertumbuhan uban terlalu cepat dan terjadi secara tiba-tiba, anda bisa segera mengunjungi dokter dan mengkonsultasikannya pada dokter.

    Buang air kecil ketika bercinta
    Pria biasanya tidak akan buang air kecil selama berhubungan seks karena mereka memiliki kandung kemih yang menutup katup. Tapi katup tersebut tidak ada pada wanita. “Ada kemungkinan wanita pipis ketika bercinta” Ucap Dr. Elisa Ross. “Kandung kemih ada di panggul wanita, dan itu bisa saja melorot. Jadi wanita bisa saja kencong selama berhubungan seksual”.

    Berkeringat
    Karena terlalu banyak keringat bagi wanita bisa menjadi suatu hal yang serius. Pasalnya hal tersebut bisa mengganggu penampilan. Dan gejala ini merupakan tanda dari hiperhidrosis atau kelebihan cairan pada tubuh.

    Bau mulut
    Bau mulut atau halitosis biasanya dipicu oleh bakteri yang ada dalam mulut akibat makanan, mulut kering, rokok, atau penyakit tertentu lainnya. Menurut beberapa kasus, cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menjaga kesehatan mulut itu sendiri.

    Oral Thrush
    Oral Thrush merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur candida albicans pada mulut. Hal ini bisa menyebabkan lesi putih diluar dan langit-langit mulut, lidah, pipi, dan juga tenggorokan bisa terasa gatal atau terbakar. Jika terjadi hal demikian, segera temui dokter untuk memastikan pengobatan yang tepat.

    Wasir
    Wasir juga akan membuat penderita menjadi tidak nyaman, karena memberikan gejala gatal dan nyeri pada bagian anus, sakit ketika perut mengalami turbulensi, dan juga adanya bercak darah pada feses.

    Kentut Melalui Miss V
    Keluarnya udara melalui miss v mungkin akan sangat memalukan. Tapi masalah kesehatan ini cukup umum dialami wanita ketika bercinta atau sedang yoga.

    Penyakit Menular Seksual
    Jika dibandingkan dengan pria, wanita akan lebih beresiko terkena penyakit menular seksual. Hal ini dikarenakan lapisan kelamin wanita lebih tipis daripada pria, dan mengakibatkan bakteri dan virus lebih mudah masuk dan menyerang wanita. Karena masalah kesehatan yang memalukan bagi wanita tersebut, orang dengan penyakit menular seksual jarang berkonsultasi tentang kondisinya pada dokter. Padahal jika terus dibiarkan bisa membahayakan nyawa pasien.

    Itulah beberapa Masalah Kesehatan Wanita yang Memalukan yang kami dapat dari beberapa sumber dan kami rangkum di Curhat Bidan online ini, dan memang kejadian tersebut bisa memalukan. Tapi jika anda mengalaminya, jangan pernah ragu dan malu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 17, 2016
    Diskusi Dari:
    Nenk Marsya

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    heidi8931881

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Dijawab Oleh : heidi8931881
    Diskusi Dari:
    siti khodijah

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : siti khodijah
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    ade

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Dijawab Oleh : ade