×

Kenali Gejala-gejala Tali Pusat Menumbung Penyebab Kematian Janin

Bagikan Artikel :

Kenali Gejala-gejala Tali Pusat Menumbung Penyebab Kematian Janin

Prolaps tali pusat/tali pusat menumbung merupakan salah satu masalah persalinan pada tali pusat yang terletak di jalan lahir atau di bawah bagian presentasi janin, dan tali pusat terlihat pada vagina setelah ketuban pecah. Tali pusat menumbung tidak membahayakan ibu dan tidak menyulitkan dalam persalinan, namun mengancam bagi janin. Harapan untuk bayi tergantung pada derajat penanganan.

Tali pusat menumbung diperlukan tindakan yang cepat dan segera. Penilaian yang cepat sangat penting untuk menentukan tindakan terbaik yang akan diambil.

Penyebab Tali Pusat Menumbung

1. Presentasi abnormal

Sebagian besar dari tali pusat menumbung terjadi pada presentasi kepala, namun bisa juga karena letak lintang dan letak sungsang/presentasi bokong.

2. Prematuritas (usia kehamilan saat bersalin kurang dari 37 minggu)

Seringnya kedudukan abnormal pada persalinan premature, yang salah satunya disebabkan karena bayi yang kecil tidak tahan terhadap trauma.

3. Kehamilan ganda (kembar)

Tali pusat menumbung biasanya terjadi saat pecahnya ketuban anak kedua.

4. Hydramnion (kelebihan air ketuban)

Ketika ketuban pecah, sejumlah besar cairan mengalir ke luar dan tali pusat ikut hanyut ke bawah.

5. Disproporsi kepala panggul

Disproporsi antara panggul dan bayi menyebabkan kepala tidak dapat turun dan pecahnya ketuban dapat diikuti tali pusat menumbung.

6. Bagian terendah yang tinggi

Tertundanya penurunan kepala untuk sementara dapat terjadi meskipun panggul normal, terutama pada multipara (melahirkan lebih dari 4 kali)

7. Tali pusat yang panjang

Semakin panjang tali pusat maka semakin mudah menumbung

8. Plasenta letak rendah

Jika plasenta dekat serviks maka ia akan menghalangi penurunan bagian terendah. Sehingga mudah sekali tali pusat untuk hanyut ke bawah

Gejala-Gejala Tali Pusat Menumbung

1. Tali pusat terlihat di luar vulva (vagina)

2. Teraba tali pusat pada pemeriksaan vaginal (periksa dalam)

3. Ketuban pecah

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keselamatan Janin pada Tali Pusat Menumbung

1. Semakin cepat terdeteksi tali pusat menumbung, semakin besar harapan hidupnya. Tali pusat yang berdenyut keras mengartikan kondisi janin yang baik dan sebaliknya tali pusat yang berdenyut lemah menandakan kurang baik.

Related Posts :

    2. Semakin cepat bayi dilahirkan setelah tali pusat turun ke bawah, semakin tinggi tingkat keselamatanya. Penurunan lebih dari 30 menit memperbesar kematian janin sebesar 4 kali lipat.

    3. Janin yang lebih tua umur kehamilannya lebih besar pula kemampuannya bertahan terhadap proses-proses traumatic.

    4. Pembukaan serviks merupakan faktor yang terpenting. Jika pembukaan sudah lengkap pada waktu diagnosis tali pusat menumbung, maka bayi dapat segera diselamatkan. Semakin kecil pembukaan kesempatan hidup janin semakin kecil. Perkecualian jika dapat dilakukan section caesarea dengan segera.

    Tali Pusat Menumbung Dibiarkan dan Persalinan diteruskan Jika :

    1. Bila janin sudah meninggal

    2. Bila janin diketahui abnormal

    3. Bila janin masih sangat premature sehingga tidak ada harapan untuk dapat hidup

    Komplikasi pada Ibu

    1. Laserasi (robekan) jalan lahir

    2. Ruptura uteri (robekan rahim)

    3. Atonia uteri akibat anestesia (perdarahan hebat)

    4. Anemia

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 20, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Melakukan hubungan suami istri di luar masa subur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan