×

Tips Cara Mengatasi Morning Sickness, Rasa Mual Dipagi Hari

Bagikan Artikel :

Related Posts :

    Tanya Bidan – Bagi sebagian wanita hamil ada yang mengalami mual dan muntah, khususnya di awal awal bulan kehamilannya. Pada umumnya ibu hamil akan merasa mual saat pagi hari dan bahkan bisa terjadi sepanjang hari. Diawal kehamilan memanglah ibu hamil akan mengalami penciuman yang lebih peka sehingga sering kali ibu hamil yang mencium sesutau yang menusuk hidungnya dan bahkan bisa menimbulkan mual dan muntah.

    Kondisi seperti ini yang dialami oleh wanita diawal kehamilan sering menjadi tanda tanda kehamilan. Untuk mual dan muntah yang dialami selama kehamilan selain karena didorong adanya kepekaan penciuman bisa terjadi juga karena hormon kehamilan.

    Mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil terjadi juga karena adanya hormon yang meningkat selama kehamilan. Hormon estrogen yang juga berpengaruh banyak dikeluarkan oleh ibu hamil dipagi hari.  

    Meskipun rasa mual dan muntah yang kerap kali dialami oleh ibu hamil, merupakan suatu hal yang wajar namun apabila terjadi mual dan muntah yang parah maka dapat mengindikasi gangguan kesehatan ibu dan janin, hal ini membutuhkan penanganan segera. Dan berikut ini adalah tanda mual dan muntah yang berbahaya :

    1. Ketika sering berkemih dan dengan jumlah urine yang sedikit
    2. Mengalami lemah, lesu dan juga tidak dapat beraktifitas
    3. Mengalami mual dna juga muntah seetlah makan sehingga asupan nutrisi tidak didapatkan ibu hamil.

    Tips Cara Mengatasi Rasa Mual Dan Muntah Dipagi Hari
    Mual dan muntah yang nyatanya sering dan juga menggangu kesehatan ibu hamil tentunya harus ditangani karena seorang ibu hamil harus bisa mempertahankan nutrisi untuk dirinya dan juga janin. Dan bagaimana cara kita mengatasinya ? Berikut adalah tipsnya

    • Makanlah sedikit sedikit namun lebih sering
      Seorang ibu hamil akan jauh lebih baik apabila sedikit demi sedikit ketika makan, namun dalam frekuensi yang sering. Cara ini akan membantu anda mempermudah guna menjaga asupan nutrisi bagi janin. Dengan makan dalam porsi yang kecil akan lebih masuk dalam tubuh yang lebih banyak. Hal ini juga akan membantu nutrisi lebih terserap dengan baik oleh tubuh, ibu hamil juga akan jauh lebih baik apabila mengkonsumsi buah dan sayuran.
    • Mengambil Jeda Saat Sarapan
      Seorang ibu hamil yang sedang berusaha mengurasi rasa mual dan muntah, sebaiknya beranjak dari tempat tidur diberi jeda. Dengan cara ini akan membantu mengurangi rasa mual dipagi harinya. Bahkan pada saat bangun dari tempat tidur rasa mual yang anda alami dapat diatasi dengan anda mengambil cemilan atau biskuit.
    • Hindari Makanan yang Bisa Menimbulkan Gas
      Makanan yang ternyata mengandung gas, seperti halnya nangka, durian, kol, makanan fermentasi dan juga sawi hijau tentunya mengandung gas sehingga ibu hamil yang memiliki masalah dengan asam lambung ini tentunya harus menghindari makanan tersebut selama masa kehamilan.

    Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba guna mengatasi rasa mual dan muntah dipagi hari selama kehamilan. Semoga informasinya menginspirasi dan membantu.

    Baca Juga : Morning Sickness Selama 9 Bulan Hamil Bisa Picu Kematian

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 2, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Saya mau nanya

  • Oleh : Deshinta Dodyanti
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Asalamualaikkum

    Cara Mencegah Virus Zika

  • Oleh : Hasya
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

  • Oleh : Hasya
  • Tentang kb iud

  • Oleh : Asyifa Lestari
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum
    Bu saya mau tanya sya udh 16 bulan pke kb IUD tp haid selalalu lama dan bnyak hampir sebulan, dan kaya pendarahan gtu semakin bergerak semakin banyak yg keluar, kenapa ya, apa saya harus ganti kb?
    Trs apa kb suntik bisa membuat kegemukan? Saya binggung kalo ganti mau pke kb apa?

    Menstruasi Sakit dan Sulit Hamil

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • 5 tahun yang lalu

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • kelamin

  • Oleh : viranti maharsiva
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    ibu bidan saya mau nanya, di sekitar vagina saya ada bintik 1 kecil warnanya menyerupai kulit vagina. cuma 1 tp kecil bgt ga ada rasa gatel atau sakit. saya yang parnoan bingung apa itu kutil kelamin atau bukan, berbahaya atau tidak. mohon bantuannya ibu bidan

  • Oleh : viranti maharsiva
  • Tanya Bidan