×

Apakah Celana Dalam Ketat Berbahaya Bagi Kesuburan Pria?

Bagikan Artikel :

Apakah Celana Dalam Ketat Berbahaya Bagi Kesuburan?Bidan Online.com,- Kebiasaan memakai celana dalam ketat bagi pria memang menjadi hal yang tidak asing lagi. Dan masih banyak yang belum mengetahui jika menggunakan celana dalam ketat dapat berpengaruh pada kesuburan pria. Bahkan hal tersebut di perkuat dengan adanya beberapa penelitian yang menyebutkan jika penggunaan celana dalam ketat bagi pria kemungkinan berpengaruh pada kesuburan pria.

Menurut Zaki Almalloh seorang urolog konsultan dari Queen Elizabeth Hospital dan BMI The Priory Hospital, Inggris menyebutkan jika pria cenderung lebih memilih celana dalam ketat untuk mengurangi gerakan namun hal tersebut malah berdampak pada kesehatan testis. Beliau menambahkan jika seorang pria yang telah mengalami operasi testis seperti vasektomi sangat disarankan untuk menggunakan celana dalam yang nyaman tidak terlalu ketat. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah memasr ataupun hematoma.

Related Posts :

    Apalagi untuk anda pasangan yang sedang melakukan program hamil maka kesuburan menjadi salah faktor penting. Kualitas dan kuantitas sperma yang baik akan membuka peluang lebih besar terjadinya kehamilan. Tentunya untuk mendapatkan sperma yang berkualitas maka disarankan agar agar suhu testis tetap dingin atau suhunya tidak boleh melebihi suhu tubuh. Nah diketahui penggunaan celana dalam ketat dapat membuat suhu testis panas dan tinggi. Diperkirakan sperma berkualitas membutuhkan suhu 35 celcius atau tiga derajat lebih rendah dari suhu tubuh. Sangat disarankan untuk para pria memilih celana boxer yang lebih longgar.

    Penggunaan celana dalam ketat tentunya dapat membuat sirkulasi darah terhambat. Tentunya sirkulasi darah yang lancar di area testis akan sangat berpengaruh pada kesehatan testis. Apalagi untuk para pria yang memang telah memiliki masalah kesburan sangat tidak disarankan untuk menggunakan celana dalam ketat.

    Sebuah penelitian yang di lakukan oleh dosen andrologi Allan Pacey, di University of Sheffield, memaparkan jika pria yang sering memakai celana dalam ketat cenderung memiliki pergerakan sperma atau motilitas yang rendah. Gerakan sperma yang lambat tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan.

    Berikut ini ada beberapa tips menjaga suhu testis tetap dingin

    • Sangat disarankan untuk menggunakan celana dalam boxer atau celana dalam longgar
    • Hindari menggunakan celana dalam ketat
    • Jangan terlalu lama menggunakan celana panjang ketat apalagi jika aktifitasnya mengharuskan anda duduk terlalu lama. Segera lepas jika telah sampai di rumah untuk menurunkan suhu testis yang tinggi
    • Jangan terlalu sering berendam di air hangat atau sauna

    Tidak hanya menggunakan celana dalam longgar saja kualitas sperma akan membaik. Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan yang menyehatkan sperma seperti makanan yang mengandung antioksidan zinc, asam folat, omega 3,  juga selenium. Dan jangan lupa selalu terapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan hindari merokok dan alkohol. Karena akohol dan rokok akan sangat berdampak buruk bagi kesuburan bahkan bisa membuat jumlah sperma berkurang dan rusak.

    Baca juga artikel lainnya:

    Manfaat Tauge Untuk Kesuburan
    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Meningkatkan Kesuburan
    Gejala Infertilitas Pada Wanita
    Beberapa Hal Yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria dan Wanita

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 17, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • virus toksoplasma pada kehamilan

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    MASALAH HAID

  • Oleh : devi nirvana
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    bu bidan sy haid teratur siklus 28 hari..
    tpi haidya cuma sedikit/bercak selama 3 hari..
    apahkah itu bagus buat promil..
    atau adakah yg perlu di minum..
    terimakasi bu bidan

    Benjolan di area miss v

  • Oleh : Erind Dwi
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Hallo, dok.
    Perkenalkan nama saya Erin, saya berusia 20 tahun, pelajar.
    Saya mau tanya dok, kenapa ya di area miss v saya ada benjolan sebelah kiri arah bawah yang kira-kira sebesar 1 butir kacang tanah, tapi saya tidak merasakan keluhan apapun dok, jika saya mengalami bisul di area miss v saya maka itu terasa sakit, tapi ini saya tidak merasakan apapun dok. Jika diraba agak terasa keras seperti bisul. Dan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok.
    Mohon bantuannya dok agar rasa cemas saya bisa sedikit terobati.
    Terimakasih, dokter.

    Tanya Bidan