×

Buah-buahan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagikan Artikel :

Buah-buahan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi pasangan yang sedang program hamil, memilih nutrisi yang sehat adalah salah satu kunci keberhasilan. Kebanyakan yang memperhatikah masalah nutrisi saat program hamil hanya wanita saja, padahal pria juga harus memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Setidaknya sekitar 30% kasus sulit hamil disebabkan karena suami tidak subur. Maka dari itu, apabila sekarang sedang menjalani program hamil, Bunda juga penting untuk memerhatikan kesehatan suami.

Ada beberapa buah yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sperma. Bunda sebaiknya juga menyiapkan makanan ini untuk suami. Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Buah-buahan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

    1. Avokad
      Avokad sudah dikenal menjadi buah yang baik untuk menjalani program hamil. Hal ini karena avokad mengandung asam folat, serat, vitamin C, dan juga vitamin K. Mengapa asam folat penting untuk promil pria? Studi yang dilakukan para ahli dari University of California di Berkeley menunjukkan bahwa sekelompok pria yang sehari-harinya mengonsumsi asam folat lebih sedikit (dibandingkan kelompok pria lain), memiliki tingkat kromosom abnormal yang lebih tinggi pada sperma mereka. Maka dari itu, ada baiknya para suami sekarang mulai mengonsumsi avokad sebagai salah satu sumber asam folat yang baik untuk tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam avokad juga membantu promil pria. Sebab, mengonsumsi vitamin C mampu meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. Nah, cara mengonsumsi avokad bisa disesuaikan dengan selera atau bisa juga dijadikan topping roti panggang sebagai menu sarapan yang sehat.
    2. Pisang
      Buah berikutnya untuk promil pria, yaitu pisang. Pisang mengandung banyak vitamin esensial seperti A, B1, dan C. Hal ini membuat manfaat pisang untuk promil pria adalah meningkatkan produksi sperma yang lebih sehat dan meningkatkan produktivitas sperma.
      Selain itu, pisang juga mengandung bromelain, enzim yang meningkatkan kesehatan sperma dan mengatur hormon seks. Pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pisang dikenal menjadi buah yang kaya kandungan potasiumnya. Potasium adalah elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.
    3. Delima
      Jika suami anda belum pernah mencoba delima, sebaiknya segera masukkan buah satu ini ke dalam menu harian. Ternyata, buah delima juga menjadi buah yang baik untuk promil pria. Buah delima dikenal bisa meningkatkan gairah seks. Selain itu, buah delima juga menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.
      Antioksidan menjadi penghalang yang kuat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan berbahaya. Secara signifikan, peradangan juga dapat berdampak terhadap organ reproduksi dan menghambat fungsinya.
      Buah delima juga membantu meningkatkan tingkat sperma dan kualitas produksi sperma. Anda bisa mengonsumsi buah delima dalam bentuk mentah atau dalam bentuk jus dua hari sekali secara rutin agar hasilnya bisa didapatkan secara maksimal.
      Selain itu, buah delima juga menjadi salah satu sumber asam folat yang baik untuk tubuh. Asam folat yang ditemukan dalam buah delima diketahui membantu menurunkan risiko gangguan ereksi pada pria.
    4. Buah Berry
      Berbagai jenis buah-buahan berry, seperti blueberry, strawberry, cranberry, raspberry, hingga blackberry ternyata menjadi buah untuk promil pria yang juga penting, lho! Tidak percaya? Ternyata, buah berry memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan nutrisi antiinflamasi seperti quercetin dan resveratrol
      Tujuannya untuk membantu meningkatkan kualitas dan produksi sperma. Ya, kualitas sperma memang penting sekali untuk keberhasilan promil. Selain menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh, Anda juga harus memiliki kualitas tidur yang cukup setiap harinya. Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan sperma, tetapi terlalu banyak tidur juga dapat membahayakan kesehatan sperma. Waktu tidur yang terlambat serta durasi tidur pendek dan panjang dikaitkan dengan gangguan kesehatan sperma.
    5. Jeruk
      Jeruk adalah buah dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan ternyata menjadi salah satu buah yang baik untuk promil pria. Kandungan vitamin C pada buah jeruk juga membantu kualitas sperma meningkat. Baik pria dan wanita dapat mengonsumsi buah jeruk saat sedang menjalani promil. Jika Bunda dan suami sedang program hamil, disarankan untuk makan minimal dua porsi buah-buahan kaya vitamin C seperti lemon atau jeruk nipis. Buah jeruk kaya nutrisi dan antioksidan yang berperan penting pada vitalitas pria. Antioksidan pada vitamin C terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas sperma yang sehat. Sebagai pemahaman untuk Bunda, kualitas sperma yang sehat memiliki beberapa karakteristik.
      Di antaranya adalah jumlah sperma, morfologi sperma meliputi ukuran dan bentuk, motilitas sperma yang mengacu pada gerakan sel sperma saat berenang untuk mencapai dan membuahi sel telur, dan volume air mani yang memenuhi standar minimum untuk membawa sel sperma melalui saluran reproduksi wanita.
    6. Goji Berry
      Masih asing dengan goji berry? Ternyata, buah ini juga baik untuk promil pria. Goji berry membantu meningkatkan mood dan suhu di sekitar kantung skrotum, yang membuatnya optimal untuk produksi sperma.
      Selain itu, meskipun belum ada bukti medis untuk hal yang sama, goji berry juga mengandung antioksidan yang meningkatkan kesuburan sperma.
      Dads juga bisa makan goji berry mulai dari sekarang, karena buah ini mampu meningkatkan hormon testosteron pada kebanyakan pria. Goji berry juga cukup dipercaya dapat meningkatkan pergerakan atau motilitas sperma.
    7. Tomat
      Tomat memang sering dijadikan bahan pelengkap dalam masakan, tapi tahukah manfaat tomat juga berpengaruh pada kesuburan? Hal ini membuat tomat menjadi buah untuk promil pria yang dapat diperhitungkan, lho! Tomat kaya akan likopen, senyawa antioksidan yang baik untuk imun tubuh sekaligus kesehatan reproduksi. Buah tomat mampu meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, dan morfologi sperma.Likopen adalah senyawa antioksidan yang memberikan warna pada tomat, dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Likopen juga meningkatkan kecepatan berenang sperma dan menurunkan jumlah sperma abnormal. Selain tomat, ada jenis buah-buahan lainnya yang juga mengandung likopen, seperti seperti aprikot, semangka, pepaya, jeruk bali, dan jambu biji.
    8. Mangga
      Mangga juga menjadi buah untuk promil pria yang bisa dikonsumsi secara rutin. Buah yang kaya serat ini juga mengandung antioksidan yang berperan dalam program hamil. Studi yang diterbitkan oleh University of Western Australia mengungkapkan, pria yang mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti wortel, ubi jalar, dan mangga ternyata dapat memiliki sperma yang lebih sehat. Mangga juga mengandung karotenoid, antioksidan, dan nutrisi termasuk: vitamin C, tembaga, vitamin B, tiamin, riboflavin, asam folat, vitamin E, kalium, dan magnesium. Jadi, bisa dikatakan mangga sebagai buah yang baik untuk kesuburan pria.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 21, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 7 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 5 tahun yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 7 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Tanya Bidan